Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ely Widayati

MTsN 6 Bantul Torehkan Publikasi Ilmiah di Hari Pustakawan Nasional

Guru Menulis | Sunday, 10 Jul 2022, 04:19 WIB

Hari Pustakawan Nasional yang jatuh pada 7 Juli 2022 diwarnai dengan torehan karya ilmiah dari pustakawan MTsN 6 Bantul. Perpustakaan Nasional (Perpunas) Republik Indonesia (RI) menjadikan tanggal tujuh Juli sebagai Hari Pustakawan Nasional sejak tahun 1990. Tujuh Juli juga merupakan hari lahir Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) sebagai wadah bagi pengembangan para pegiat literasi di tanah air.

mengutip dari laman Utara Times pikiran-rakyat.com diperingatinya Hari Pustakawan setiap tanggal 7 Juli 2022 menjadi momentum untuk mengingatkan pentingnya profesi pustakawan dalam pengelolaan perpustakaan.

Flier by Isti

Sebagaimana diketahui Pustakawan memiliki peran penting dalam proses transfer ilmu pengetahuan kepada pemustaka melalui perpustakaan. Pustakawan tidak hanya melakukan kegiatan layanan pustaka akan tetapi juga bagaimana pengetahuan yang ada dalam bahan pustaka disampaikan kepada masyarakat. Bahkan menurut kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando pustakawan mempunyai 70 persen tugas tranfer of knowledge dan 30 persen tugas layanan. Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang pengelola perpustakaan khususnya di madrasah.

Bertepatan dengan hari pustakawan nasional perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul untuk kali pertama menorehkan karya tulis ilmiah kepustakaan dengan judul Ragam dan Inovasi Perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul dalam Mendukung Kegiatan Akreditasi Perpustakaan di Masa Covid.

Karya antologi tersebut ditulis Kepala perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul bersama dengan puluhan pustakawan dari seluruh Indonesia mulai dari tingkat perguruan tinggi sampai dengan tingkat menengah pertama.

Kepala madrasah Mafrudah mengelaborasi bahwa peran pustakawan menjadi sangat penting dalam meningkatkan kemampuan literasi. "Level pertama literasi berupa baca tulis telah diraih oleh pustakawan Matsanaba menjadi sebuah monumental berharga", tambah Mafrudah.

Masa pandemi covid-19 yang terjadi sejak tiga tahun lalu mengisahkan ribuan kisah tragis. Di masa sulit itu perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul mencoba menggeliat bangkit melakoni gawe negara berjudul akreditasi Perpustakaan madrasah.

Tidak sia-sia usaha segenap warga Matsanaba dalam menjalani akreditasi perpustakaan karena mendapatkan predikat A gemuk dari perpustakaan nasional tahun lalu.

Dalam karya tulis ilmiah yang ditulis oleh Kepala Perpustakaan de'Talenta Lib, mengisahkan berbagai inovasi perpustakaan seperti pembuatan research corner yang menyimpan koleksi hasil riset para pemustaka. Pemanfaatan halaman belakang perpustakaan sebagai area life skill yang berfungsi untuk workshop di area terbuka misalnya pelatihan batik shibori, praktik prakarya bagi para pemustaka dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu beragam inovasi kepustakaan lainya juga meramaikan karya ilmiah dalam buku ber-ISBN itu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image