Peristiwa Nabi Ibrahim As Menjadi Spirit dalam Berqurban

Image
Hamdani
Agama | Saturday, 09 Jul 2022, 08:00 WIB
Tgk Marbawi Yusuf, SH. (Dokumentasi Pribadi)

Aceh Besar - Khutbah Jumat 8 Juli 2022 di Masjid Baburridha Lam Ile Indrapuri diisi oleh Tgk Marbawi Yusuf alumni STIS NU Aceh. Dalam khutbahnya Tgk Marbawi mengupas motivasi Qurban di Bulan Dzulhijjah yang merupakan satu dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Ibadah Qurban, sebut Marbawi, sudah dilakukan anak Nabi Adam As yakni Habil dan Qabil. Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman: "Ceritakanlah kepada mereka kisah dua putra Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mem­persembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). (QS. Al Maidah: 27).

Ibadah Qurban, lanjut Marbawi, kemudian diikuti Nabi Ibrahim As ketika diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putra tercintanya Nabi Ismail As. "Lalu, digantinya oleh Allah SWT dengan seekor domba yang didatangkan dari surga," ungkap Marbawi yang juga Ketua Rabithah Thaliban Aceh.

Menurut Khatib, Syari’at qurban ini kemudian dilestarikan di dalam syari’at Nabi Ibrahim As., sebagaimana dapat kita lihat di dalam Surah as-Shaffat ayat 102.

Ayat di atas mengajarkan kepada kita bahwa berqurban merupakan ujian dari Allah atas kesabaran kita. Apakah kita bersabar ketika Allah menuntut kita untuk mengorbankan sebagian harta yang kita cintai, sebagaimana Ibrahim dapat bersabar saat Allah menuntut ia mengorbankan harta kecintaannya, yaitu putranya sendiri.

Beruntunglah kita yang hanya diperintahkan untuk berqurban dengan hewan, dan bukan dengan menyembelih darah daging sendiri. Malulah kita terhadap Nabiyullah Ibrahim yang rela menyembelih puteranya, jika kita mampu namun enggan untuk menyembelih sekadar seekor hewan qurban yang tiada berharga sedikitpun dibanding nyawa Ismail. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image