Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kamaruddin

Mengenal Francis Bacon, 11 Ungkapan Bijak Tentang Kehidupan

Eduaksi | Monday, 08 Nov 2021, 18:44 WIB
Lukisan Francis Bacon | istimewa

"Kejadian yang berulang dari sebuah peristiwa tidak dapat jaminan bahwa kejadian itu akan terjadi lagi." kata Francis Bacon.

Francis Bacon adalah politisi sekaligus filsuf Inggris yang terkenal sebagai pencetus ungkapan "Ilmu Pengetahuan adalah Kekuatan" (knowledge is power). Bacon juga mengkampanyekan metode ilmiah baru yang disebut Novum memperbaiki metode deduktif dan induktif klasik yang sudah ada.

Francis Bacon (1561-1626) adalah filsuf Inggris yang menjadi pendahulu kehebatan sekolah filsuf di Inggris dengan filsuf-filsufnya, seperti John Locke (filsuf ke-38), Berkeley (filsuf ke-44), Hume (filsuf ke-39), J.S. Mill (filsuf ke-54), dan Bertrand Russell (filsuf ke-77).

Beberapa karya Bacon yang terkenal adalah The Advancement of Learning, New Atlantis dan Novum Organum. Dia juga dikenal sebagai penulis esai dan sukses meniti karir politik, terutama setelah suksesi Elizabeth ke James I, yang terus melambung hingga ia mendapat jabatan Lord Chancellor.

Francis Bacon kecil adalah anak seorang pejabat, kaya, dan memiliki sifat boros sehingga sering terlilit utang. Saat dewasa, karir politiknya pun berakhir saat ia terbukti melakukan korupsi.

11 Ungkapan Terkenal dari Francis Bacon

1. Knowledge is power. Pengetahuan adalah kekuatan."

2. Nothing is terrible except fear itself. "Tidak ada yang lebih menakutkan selain rasa taku itu sendiri."

3. Which is the general root of superstition; namely, that men observe when things hit, and not when they miss; and commit memory the one, and forget and pass over the other. Kebiasaan orang terhadap takhayul adalah jika anggapan takhayulnya cocok, orang akan terus menerus mengingatnya. Namun, jika anggapan takhayulnya meleset, orang akan melupakan peristiwa melesetnya anggapan takhayulnya.

4. If a man will begin with certainties, he shall end in doubts; but if he will be content to begin with doubts, he shall end in certainties. Orang yang memulai sesuatu dengan terlalu yakin akan mendapatkan keraguan. Tetapi, orang yang merasa nyaman memulai sesuatu dengan keraguan akan mendapatkan kepastian.

5. They are ill discoverers that think there is no land, when they can see nothing but sea "Penjelajah yang buruk adalah penjelajah yang ketika tidak melihat apa pun selain lautan berkata bahwa di seberang sana tidak ada daratan."

6. Silence is the virtue of a fool. "Diam adalah kebajikan bagi orang bodoh."

7. "The good things which belong to prosperity are to be wished, but the good things that belong to adversity are to be admired (diambil dari pidato Seneca, filsuf ke-15)." Kebaikan bagi kesejahteraan akan diharapkan. Tetapi, kebaikan bagi kemalangan akan dipuji puji.

8. Virtue is like precious odors-most fragrant when they are incensed or crushed. Kebajikan itu seperti aroma yang wangi dan semakin wangi jika dilarang dan diperas, atau ditekan.

9. Wives are young men's mistresses, companion for middle age, and old men's nurses. "Istri adalah penjaga lelaki ketika muda, teman di usia paruh baya, dan perawat di usia tua."

10. Reading maketh a full man, conference a ready man, and writing an exact man. Membaca membuat seseorang lengkap sebagai manusia, berdiskusi membuat orang selalu siap sebagai manusia, dan menulis membuat seseorang menjadi manusia yan sebenarnya

11. A wise man will make more opportunities, than he finds. Orang bijak akan menciptal lebih banyak kesempatan daripada yang ia temukan.

Referensi : Buku The Greatest Philosophers (Halaman 126).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image