Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Citra Maheswara

Cara Cek Tagihan Bpjs Kesehatan BPJS Online Via HP

Teknologi | Monday, 08 Nov 2021, 16:25 WIB

Anda harus mengetahui keberadaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang diselenggarakan oleh suatu program jaminan kesehatan. Seperti diketahui, BPJS Kesehatan mulai beroperasi pada 1 Januari 2014.

Namun, tidak semua orang berhak mendapatkan manfaat seperti BPJS ini. Karena ada beberapa kelompok yang berhak mendapatkan bantuan BPJS jenis ini. Pertama, penerima premi asuransi kesehatan, bukan penerima premi asuransi kesehatan, kita bahkan bisa mengecek rekening kesehatan online bpjs Anda. Lalu apa saja keuntungan mendapatkan BPJS ini?

Keuntungan penerima BPJS:

Dikutip dari Sanepo.com ada beberapa manfaat menggunakan layanan kesehatan BPJS. Manfaat yang berhak diperoleh penerima fasilitas BPJS ini berupa insentif, pencegahan, rehabilitasi, termasuk pelayanan obat, alat kesehatan, bahkan bahan habis pakai sesuai kebutuhan.

1. Pelayanan kesehatan tingkat pertama

Pelayanan ini biasanya bersifat individual, non spesialistik, yang meliputi pelayanan rawat jalan yang diberikan oleh Puskesma, terlepas dari praktek dokter atau orang lain, sesuai dengan kebijakan. Karena biasanya seseorang yang menggunakan fasilitas tersebut akan mendapatkan banyak perawatan. Ada beberapa ketentuan yang akan diberikan kepada pasien penerima.

2. Pelayanan kesehatan rujukan yang diperluas

Tidak seperti sebelumnya, kali ini ada fasilitas tingkat lanjut yang akan menerima manajemen layanan, penelitian, pengobatan saran media dasar, saran spesialis, prosedur medis spesialis lebih banyak lagi untuk dapat menggunakan layanan ini.

3. Layanan darurat

4. Layanan ambulans

Layanan ambulan ini biasanya dapat digunakan oleh penerima BPJS yang membawa pasien ke fasilitas kesehatan dalam kondisi tertentu agar kondisi tetap stabil keselamatan pasien.

Anda juga dapat mengetahui kapan harus membayar rekening bpjs Anda dengan memeriksa rekening kesehatan bpjs Anda secara online. Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa akun bpjs Anda secara online.

Cara cek kesehatan Bpjs secara online

Tidak dapat disangkal bahwa masyarakat selalu menciptakan kebiasaan baru bagi masyarakat, salah satunya adalah mengecek rekening bpjs kesehatan online. Karena sudah banyak orang yang sudah memiliki asuransi negara ini.

1. Anda dapat melihat tagihan BPJS dari situs resminya.

Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan beberapa langkah, yang pertama adalah masuk melalui browser web bpjs, chrome atau launcher lainnya. Kemudian pilih “cek biaya”, jika sudah, isi informasi yang diperlukan.

Biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir kode pengaman atau captcha. Jika Anda telah menyelesaikan tahap itu, Anda hanya perlu mengklik tombol centang. Kemudian tunggu hingga proses download selesai. Ini akan menampilkan layar penuh dengan tagihan yang harus dibayar.

2. Menggunakan aplikasi mobile JKN

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mencoba cek rekening bpjs kesehatan secara online menggunakan aplikasi JKN mobile. Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dari playstore pengguna Android.

1. Buka aplikasi seluler JKN yang terpasang

2. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan nomor BPJS kesehatan yang sudah Anda miliki

3. Dan Anda hanya perlu mengklik menu

4. Penghargaan:pada aplikasi.

5. Kemudian Anda dapat melihat informasi pembayaran.

3. Cek Melalui Tagihan SMS Gateway

Ada cara lain selain menggunakan dua hal di atas. Anda juga dapat menggunakan sms gateway. Cara ini biasanya bisa dilakukan saat Anda tidak terhubung dengan internet.

Anda dapat mengirim SMS ke nomor yang ditunjuk dengan memasukkan informasi pribadi Anda berupa NIK, nomor kartu BPJS Kesehatan. Kemudian Anda akan dapat melihat semua informasi pembayaran Anda dalam sekejap.

Baca juga: 4 Cara Agar Viral di TikTok dalam Hitungan Jam

4. Dengan mesin ATM

Siapa sangka ATM bisa digunakan untuk cek rekening bpjs? Bahkan dengan cara ini akan lebih memudahkan Anda yang masih menggunakan smartphone dengan sangat keras.

Cukup masukkan kartu ATM lakukan transaksi seperti biasa, bedanya harus pilih pembayaran > lainnya > pilih > BPJS > BPJS kesehatan. lalu masukkan nomor virtual account bpjs.

Rekening pembayaran biasanya muncul di ATM nominal hutang. Bagaimana mudahkan untuk cara cek kesehatan rekening bpjs secara online.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image