Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas FT-UMJ

Kuliah Lapangan Teknik Kimia FT UMJ Ke Nano Center Indonesia

Edukasi | Thursday, 07 Jul 2022, 13:36 WIB
Foto Bersama dengan peneliti dan Narasumber Nano Center Indonesia, Pada Rabu, 6 Juli 2022. Dok Humas FT UMJ

Jakarta – Demi meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Nano Teknologi,Program studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta melakukan kuliah lapangan ke Nano Center Indonesia. Kuliah lapangan dilakukan pada Rabu, 06 Juli 2022 dengan peserta 17 mahasiswa Teknik kimia.

Pelapasan dan doa keberangkatan di pimpin oleh Dekan FT UMJ yaitu bapak Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng. beliau berpesan semoga dengan adanya kunjungan ini kita dapat memperoleh manfaat dan banyak hal yang dapat di pelajari. Selain itu Irfan juga mendoakan semoga perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan maupun sampai kembali ke rumah masing masing.

Doa Bersama dan pelepasan keberangkatan oleh Dekan FT UMJ. Pada Rabu, 6 Juli 2022. Dok. Humas FT UMJ

Kegiatan ini di damping oleh Wakil Dekan 1 bidang Akademik yaitu Ibu Nurul Hidayati Fihtria,, S.T., M.Sc., P.hD dan Ibu Fatmasari Lubis, S.T., M.T. selaku dosen pengampu. Dalam sambutannya ibu nurul mengucapkan terima kasih atas undangan dan sambutan yang hangat dari Nano Center Indonesia. Beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada mata kuliah peminatan Teknik kimia yaitu Nano Teknologi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih sudah menerima dan mengundang kami. Harapannya setelah selesai kegiatan ini mahasiswa mendapatkan wawasan yang lebih luas dan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dari sumbernya langsung. selain mempelajari teknologi nano mahasiswa juga dapat melihat bagaimana tahapan proses produk di nano center ini dari tahapan proses sampai produk jadi.” Ucap Nurul dalam sambutannya.

Pemberian kenang kenangan dari program studi teknik kimia FT UMJ ke Nano Center Indonesia. Pada Rabu, 6 Juli 2022. Dok. Humas FT UMJ

Kegiatan ini diawali dengan penyambutan langsung oleh Bapak Arramel selaku Center of Excellence Applied Physics & Chemistry Nano Center Indonesia. Kemudian penyerahan cendramata dari program studi Teknik Kimia FT UMJ. Acara dilanjutkan dengan materi kuliah lapangan oleh Bapak Arramel. Materi yang disampaikan berupa apa itu nano teknologi, manfaat teknologi nano, sejarah dan seputar Nano Center Indonesia. Kemudian mahasiswa di dampingi oleh peneliti dari Nano center untuk kunjungan laboratorium. Laboratorium yang di kunjungi adalah lab basah (sintesis), lab karakteristik, lab teknik engineering dan lab produksi. Mahasiswa di jelaskan fungsi dan penggunaan alat alat di setiap laboratorium.

Penyampaian Materi oleh Bapak Arramel selaku Center of Excellence Applied Physics & Chemistry Nano Center Indonesia. Pada Rabu, 6 Juli 2022. Dok. Humas FT UMJ

Fakultas Teknik sendiri sudah bekerja sama dengan nano center Indonesia sejak Agustus 2017. harapan kedepannya dengan adanya Kerjasama ini bisa mendapat implementasi dan meningkatkan metode pembelajaran mata kuliah nano teknologi. Selain itu bisa mengundang narasumber dari nano center sebagia pemateri di acara seminar himpunan maupun jurusan Teknik kimia FT UMJ. Mata kuliah nano teknologi sudah berdiri di Teknik Kimia FT UMJ sejak tahun 2013.

Baca Juga: Kuliah Lapangan Teknik Kimia FT UMJ Ke Nano Center Indonesia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image