Posisi Geopolitik Indonesia Dalam Dinamika Rivalitas China dan Amerika Serikat

Image
Baiq Marwati
Politik | Saturday, 06 Nov 2021, 08:38 WIB

Secara geopolitik, kawasan Asia Pasifik merupakan wilayah persaingan strategis yang memiliki peran penting dalam percaturan dunia. hal ini justru menaikkan kontestasi geopolitik dari rivalitas Amerika Serikat dengan China pada kawasan Asia Pasifik untuk memberikan momentum dalam meningkatkan pertumbuhan negara-negara di kawasan tersebut. Misalnya, negara-negara di kawasan Asia Tenggara merupakan jantung dari Asia Pasifik yang memiliki keunggulan dari aspek geografis, ekonomi, hingga politik. Termasuk salah satunya adalah Indonesia. Indonesia mempunyai posisi yang sangat krusial pada perdagangan dunia karena letak geografis Indonesia dapat dikatakan memiliki posisi yang strategis yang dimana letak geografis Indonesia berada pada rute utama perdagangan dunia. Hal ini kemudian mendorong kepentingan dan menjadi arena rivalitas antara Amerika Serikat dengan China.

1. Hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat

Seperti yang dikutip dari Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa karangan Zulaikha, Vaughn menyatakan bahwa dalam upaya memperebutkan pengaruh Indonesia, Amerika Serikat memfokuskan kebijakan meningkatkan kerjasama hubungan geopolitik, militer dan keamanan dengan cara berperan aktif dalam membantu Indonesia memerangi terorisme, diplomasi dan pembangunan dengan cara mempromosikan demokrasi, supremasi hukum dan hak asasi manusia kemudian yang terakhir adalah dengan meningkatkan kerjasama ekonomi dengan cara memajukan kepentingan perdagangan dan investasi Amerika Serikat di Indonesia.

2. Hubungan Indonesia dengan China

Selanjutnya, dalam upaya menyaingi AS untuk menanamkan pengaruhnya terhadap Indonesia, China justru memanfaatkan kepentingan Indonesia dalam meningkatkan kepentingan nasionalnya karena dalam beberapa tahun terakhir, percaturan politik di kawasan Asia Pasifik diwarnai dengan kebangkitan China yang kemudian memiliki potensi menjadi hegemoni di kawasan Asia Pasifik. Hal ini merupakan peluang China untuk memiliki pengaruh besar pada kepentingan nasional Indonesia melalui hubungan ekonomi dan pembangunan, militer dan keamanan,serta diplomasi. Selain itu, hal ini memberikan peluang besar untuk China dalam Meraih Tujuan Strategisnya Sebagai Poros Utama Di Asia.

3. Posisi Indonesia dalam Rivalitas China VS Amerika Serikat

Berdasarkan dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Indonesia adalah negara tujuan dengan posisi strategis bagi kedua negara super power untuk menanamkan pengaruhnya dengan memanfaatkan kebutuhan di dalam negara tujuan. Indonesia sendiri memiliki ketergantungan yang cukup kuat terhadap China dilihat dari aspek ekonomi. Kemudian Indonesia juga dominan ke arah Amerika Serikat jika dilihat dari aspek kepentingan pertahanan, karena Amerika Serikat sebagai negara kekuatan militer terbesar di dunia. Namun dalam memposisikan Indonesia terkait kepentingan nasionalnya, alangkah baiknya Indonesia tetap mengambil jalan tengah dan tidak memihak di antara salah satunya karena seperti yang diuraikan diatas, Indonesia memiliki hubungan dependensi yang cukup kuat terhadap kedua negara tersebut. Apabila pemerintah Indonesia dapat memanfaatkan situasi tersebut dengan bijak, tak hanya Indonesia, Amerika Serikat dan China pun akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar entah itu dari segi ekonomi, politik, diplomasi, dan militer serta keamanan.

DAFTAR REFERENSI

Amalia, Z. 2020. Strategi Indonesia Memanfaatkan Rivalitas Amerika Serikat dan Tiongkok di Kawasan Pasifik. Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa. Vol 4. No 1. Hal 172-177

Fernandes, M. (2021, januari 22). Posisi Strategis Geopolitik Indonesia di Dunia Internasional. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/mario02040/600a909dd541df10965cc35d/posisi-strategis-geopolitik-indonesia-di-dunia-internasional

Siregar, H. (2014, November 11). Posisi Indonesia Dinilai Strategis di Dunia Internasional. Berita satu. https://www.beritasatu.com/nasional/224305/posisi-indonesia-dinilai-strategis-di-dunia-internasional

Sutrisno. 2020. Indonesia dan Rivalitas Amerika Serikat dengan China di Kawasan Asia Pasific. Jurnal Ekonomi. Vol 22. No 3. Hal 204.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswi Universitas Islam Indonesia, Prodi Hubungan Internasional

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel mengikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

5 Genre Musik yang Terus Berkembang di Dunia

Image

Pameran dan Bursa Lukisan, Memaknai Kemerdekaan di Bulan Suro

Image

Humas Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Terima Penguatan Tusi Kehumasan dari Sekjen Kemenkumham RI

Image

TNI Siap Ditugaskan untuk Negara

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image