Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Baiq Marwati

Posisi Geopolitik Indonesia Dalam Dinamika Rivalitas China dan Amerika Serikat

Politik | Saturday, 06 Nov 2021, 08:38 WIB

Secara geopolitik, kawasan Asia Pasifik merupakan wilayah persaingan strategis yang memiliki peran penting dalam percaturan dunia. hal ini justru menaikkan kontestasi geopolitik dari rivalitas Amerika Serikat dengan China pada kawasan Asia Pasifik untuk memberikan momentum dalam meningkatkan pertumbuhan negara-negara di kawasan tersebut. Misalnya, negara-negara di kawasan Asia Tenggara merupakan jantung dari Asia Pasifik yang memiliki keunggulan dari aspek geografis, ekonomi, hingga politik. Termasuk salah satunya adalah Indonesia. Indonesia mempunyai posisi yang sangat krusial pada perdagangan dunia karena letak geografis Indonesia dapat dikatakan memiliki posisi yang strategis yang dimana letak geografis Indonesia berada pada rute utama perdagangan dunia. Hal ini kemudian mendorong kepentingan dan menjadi arena rivalitas antara Amerika Serikat dengan China.

1. Hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat

Seperti yang dikutip dari Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa karangan Zulaikha, Vaughn menyatakan bahwa dalam upaya memperebutkan pengaruh Indonesia, Amerika Serikat memfokuskan kebijakan meningkatkan kerjasama hubungan geopolitik, militer dan keamanan dengan cara berperan aktif dalam membantu Indonesia memerangi terorisme, diplomasi dan pembangunan dengan cara mempromosikan demokrasi, supremasi hukum dan hak asasi manusia kemudian yang terakhir adalah dengan meningkatkan kerjasama ekonomi dengan cara memajukan kepentingan perdagangan dan investasi Amerika Serikat di Indonesia.

2. Hubungan Indonesia dengan China

Selanjutnya, dalam upaya menyaingi AS untuk menanamkan pengaruhnya terhadap Indonesia, China justru memanfaatkan kepentingan Indonesia dalam meningkatkan kepentingan nasionalnya karena dalam beberapa tahun terakhir, percaturan politik di kawasan Asia Pasifik diwarnai dengan kebangkitan China yang kemudian memiliki potensi menjadi hegemoni di kawasan Asia Pasifik. Hal ini merupakan peluang China untuk memiliki pengaruh besar pada kepentingan nasional Indonesia melalui hubungan ekonomi dan pembangunan, militer dan keamanan,serta diplomasi. Selain itu, hal ini memberikan peluang besar untuk China dalam Meraih Tujuan Strategisnya Sebagai Poros Utama Di Asia.

3. Posisi Indonesia dalam Rivalitas China VS Amerika Serikat

Berdasarkan dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Indonesia adalah negara tujuan dengan posisi strategis bagi kedua negara super power untuk menanamkan pengaruhnya dengan memanfaatkan kebutuhan di dalam negara tujuan. Indonesia sendiri memiliki ketergantungan yang cukup kuat terhadap China dilihat dari aspek ekonomi. Kemudian Indonesia juga dominan ke arah Amerika Serikat jika dilihat dari aspek kepentingan pertahanan, karena Amerika Serikat sebagai negara kekuatan militer terbesar di dunia. Namun dalam memposisikan Indonesia terkait kepentingan nasionalnya, alangkah baiknya Indonesia tetap mengambil jalan tengah dan tidak memihak di antara salah satunya karena seperti yang diuraikan diatas, Indonesia memiliki hubungan dependensi yang cukup kuat terhadap kedua negara tersebut. Apabila pemerintah Indonesia dapat memanfaatkan situasi tersebut dengan bijak, tak hanya Indonesia, Amerika Serikat dan China pun akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar entah itu dari segi ekonomi, politik, diplomasi, dan militer serta keamanan.

DAFTAR REFERENSI

Amalia, Z. 2020. Strategi Indonesia Memanfaatkan Rivalitas Amerika Serikat dan Tiongkok di Kawasan Pasifik. Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa. Vol 4. No 1. Hal 172-177

Fernandes, M. (2021, januari 22). Posisi Strategis Geopolitik Indonesia di Dunia Internasional. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/mario02040/600a909dd541df10965cc35d/posisi-strategis-geopolitik-indonesia-di-dunia-internasional

Siregar, H. (2014, November 11). Posisi Indonesia Dinilai Strategis di Dunia Internasional. Berita satu. https://www.beritasatu.com/nasional/224305/posisi-indonesia-dinilai-strategis-di-dunia-internasional

Sutrisno. 2020. Indonesia dan Rivalitas Amerika Serikat dengan China di Kawasan Asia Pasific. Jurnal Ekonomi. Vol 22. No 3. Hal 204.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image