Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sekar Setyo Rini

Propaganda Sebagai Bentuk Komunikasi Politik

Politik | Monday, 04 Jul 2022, 15:48 WIB

Definisi Propaganda

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, propaganda diartikan sebagai suatu penjelasan berupa pendapat, paham, dan sebagainya yang bertujuan untuk dapat meyakinkan orang-orang agar mengikuti suatu sikap atau tindakan tertentu terlepas dari benar atau salah.

Secara istilah, propaganda diartikan sebagai usaha yang dilakukan dalam membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, sehingga dapat memberikan respon sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh propagandis. Propaganda dilakukan untuk dapat mempengaruhi reaksi dan opini yang dilakukan dengan cara komunikasi, terlepas dari apakah informasi yang diberikan benar atau salah. Propaganda berusaha untuk dapat meyakinkan seseorang tanpa perlu memberikan alasan yang relevan. Namun, dalam prakteknya saat ini propaganda sering diartikan sebagai tindakan yang negatif karena dapat memicu politik tidak sehat, tindak kriminal publik, bahkan hingga agresi militer.

Definisi Propaganda Menurut Para Ahli

Everyman's encyclopedia

Propaganda merupakan seni untuk meyakinkan dan menyebarkan suatu kepercayaan, khususnya kepercayaan terhadap politik dan agama.

Garth S. Jowett dan Victoria O'Donnell

Propaganda merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sistematis dan sengaja dengan tujuan untuk memanipulasi pikiran, membentuk persepsi, dan mengarahkan seseorang untuk mendapatkan reaksi sesuai yang diinginkan penyebar propaganda.

Leonard W. Dobb

Propaganda merupakan usaha yang dilakukan oleh individu yang memiliki kepentingan untuk dapat mengontrol sikap seseorang atau kelompok dengan cara memberikan sugesti sehingga dapat dijadikan sebagai sebuah kontrol terhadap kegiatan yang akan dilakukan oleh seseorang atau kelompok tersebut.

Harold Lasswell

Propaganda merupakan suatu pengaturan dari perilaku kolektif dengan cara melakukan manipulasi pada simbol yang signifikan. Propaganda sebagai salah satu upaya untuk dapat mempengaruhi aktivitas seseorang dengan cara memanipulasi pikiran atau opini publik.

Komponen Propaganda

- Pihak penyebar informasi yang disebut komunikator. Disini komunikator bertugas untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi dengan isi dan tujuan tertentu terlepas dari apakah informasi yang disampaikan benar atau salah.

- Komunikan. Komunikan merupakan pihak yang menerima pesan atau sasaran yang diharapkan menerima pesan dari komunikator.

- Pesan-pesan tertentu yang telah dirumuskan untuk dapat mempengaruhi opini publik.

- Prosedur dan metode perencanaan yang bersifat sistematis.

Jenis-jenis Propaganda

- Propaganda hitam

Propaganda hitam sering disebut dengan propaganda terselubung. Propaganda hitam dilakukan dengan cara menyebarluaskan informasi palsu dengan tujuan untuk menjatuhkan musuh. Contohnya, ketika sedang masa kampanye organisasi A menyebarkan selebaran yang berisi informasi palsu untuk menjatuhkan organisasi B,

- Propaganda abu-abu

Propaganda abu-abu merupakan propaganda yang berasal dari sumber yang teridentifikasi namun komunikator terlihat netral atau berada di pihak lawan. Contohnya, saat terjadi perang dunia ada sebuah negara non-blok atau netral yang diam-diam memberikan bantuan kepada salah satu negara yang sedang berseteru.

- Propaganda putih

Propaganda putih sering disebut dengan propaganda terbuka. Propaganda putih merupakan propaganda yang berisi informasi cenderung akurat dengan tujuan membangun kredibilitas dengan komunikan. Contohnya pesan yang disampaikan pemerintah melalui media massa tentang suatu kebijakan yang baru disahkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image