Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pewarta Berita Indonesia

Marak PMK, Wali Kota Malang Minta Masjid Tetap Sembelih Hewan Kurban

Info Terkini | Sunday, 03 Jul 2022, 20:26 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji

Meski tengah marak wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak, Wali Kota Malang Sutiaji mengimbau agar seluruh pengurus masjid di Kota Malang tidak membatasi kegiatan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha mendatang.

Hal itu ia sampaikan setelah diketahui ada salah satu masjid di Kota Malang yang menyatakan tidak akan menyelenggarakan penyembelihan kurban imbas dari merebaknya PMK tersebut.

Sutiaji mengaku, Pemkot Malang telah melakukan musyawarah dan koordinasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang, dan pihak terkait lainnya terkait kebijakan itu.

Merujuk fatwa MUI yang menyatakan hewan ternak masih bisa disembelih meski rawan terjangkit PMK dengan dalih penyakit tersebut tidak menular ke manusia.

"Jadi nanti kita ada edaran dari DMI. Kalau Fatwa MUI sudah jelas tentang hewan-hewan yang boleh disembelih dan seterusnya bahwa PMK ini tidak punya korelasi masalah penyakit pada manusia," kata Sutiaji saat ditemui di Balai Kota Malang, Senin (20/6/2022).

Meski begitu, kata Sutiaji, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tetap akan melakukan mitigasi terhadap hewan ternak yang masuk ke Kota Malang utamanya yang berasal dari daerah dengan kasus PMK tinggi.

Wali Kota Malang juga menuturkan, akan memberlakukan aturan di mana hewan ternak dari luar kota wajib disertai Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dinas terkait."Hasil rakor adalah tetap ada mitigasi hewan yang masuk dari luar ke daerah, harus ada surat bahwa hewan ini sehat," kata dia.

Pemkot Malang melalui Dispangtan (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) juga akan mengecek ke berbagai masjid di Kota Malang merespons kekhawatiran para takmir masjid apabila ditemukan hewan kurban yang mati sebelum disembelih ketika dititipkan.

"Nantinya salah satu imbauan itu masjid diharapkan tidak membatasi penerimaan hewan kurban. Kami akan jelaskan pada masyarakat bahwa daging sapi seandainya terkena PMK tidak bermasalah pada kesehatan manusia," imbuhnya.

Di sisi lain, lanjut Sutiaji, penyembelihan hewan kurban diharapkan dilakukan di lokasi masjid masing-masing untuk meminimalisasi meluasnya penyebaran wabah PMK.

"Lebih enak kalau di masing-masing masjid supaya tidak tertular, karena kalau dititipkan di massal jadi satu (di RPH) menjadi lebih rawan tertular," pungkasnya.

Sumber: Pewarta

Artikel asli: Tak Khawatir PMK, Wali Kota Malang Imbau Masjid Tetap Sembelih Hewan Kurban

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image