Peran Sistem Pengendalian pada Perusahaan Tour Travel

Image
Yulia Safitri
Edukasi | Saturday, 02 Jul 2022, 22:54 WIB

PERAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN TOUR&TRAVEL

Sistem pengendalian manajemen diperlukan untuk mengendalikan bagaimana strategi dalam perusahaan berlangsung sesuai dengan rencana dan tujuannya. Kesiapan dan kemauan perusahaan untuk mengikuti perkembangan dunia usaha yang akan selalu menghadapi situasi dimana strategi yang direncanakan tidak terdefenisikan dengan baik. Peranan utama sistem pengendalian manajemen adalah untuk memastikan pelaksanaan strategi yang telah dipilih berjalan dengan baik. Dimana,formulasi strategi memfokuskan pada masa jangka panjang. Penerapan system pengendalian manajemen dalam sebuah perusahaan sangatlah penting karena sistem ini mempengaruhi perilaku manusia. Sistem pengendalian dalam perusahaan memiliki dua tujuan yaitu tujuan pribadi dan tujuan organisasi. Maka sistem pengendalian dirancang untuk mencapai keselarasan antara pencapaian tujuan pribadi dan mencapai tujuan organisasi.Untuk itu perusahaan mengembangkan strategi meliputi kebijakan-kebijakan, petunjuk umum untuk bertindak, dan program kegiatan untuk mencapai tujuan.

Bagi perusahaan untuk mengembangkan sistem pengendalian manajemen yang efektif, harus mempunyai kebijakan yang jelas dan program yang realistis tergantung pada tujuan yang dikomunikasikan secara jelas dan tidak meragukan. Pada umumnya, perusahaan memiliki tujuan untuk mencapai tingkat profitabilitas sebagai ukuran pengembalian investasi. Pengendalian manajemen harus menjaga keseimbangan di antara sumber pendanaan yaitu, utang dan ekuitas. Dimana ekuitas merupakan jumlah pendanaan yang diperoleh bukan melalui utang, yaitu dengan cara meminjam. Maka investasi adalah total modal utang dan modal ekuitas. Peranan utama sistem pengendalian manajemen adalah untuk memastikan pelaksanaan strategi yang telah dipilih berjalan dengan baik. Dimana, formulasi strategi memfokuskan pada masa jangka panjang. Penerapan sistem pengendalian manajemen dalam sebuah perusahaan sangatlah penting karena system ini mempengaruhi perilaku manusia. Sistem pengendalian dalam perusahaan memiliki dua tujuan yaitu tujuan pribadi dan tujuan organisasi. Maka sistem pengendalian dirancang untuk mencapai keselarasan antara pencapaian tujuan pribadi dan mencapai tujuan organisasi. Untuk itu perusahaan mengembangkan strategi meliputi kebijakan-kebijakan, petunjuk umum untuk bertindak, dan program kegiatan untuk mencapai tujuan.

Pengendalian yang baik dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan untuk keadaan badan usaha sehingga tindakan-tindakan yang diambil dapat disesuaikan dengan kemampuan badan usaha. Selain itu, dengan adanya pengendalian terhadap tindakan, badan usaha akan lebih mudah untuk mengarahkan karyawan yang memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda sehingga dapat menggunakan kemampuannya pada bidang yang tepat dan menghindarkan karyawan dari tekanan dan ketidaknyamanan saat bekerja (Kuncoro, 2011). Salah satu bentuk informal control dari management control system ini adalah berupa action control, result control, personal control dan cultural control. Pada badan usaha yang bergerak dibidang jasa perjalanan wisata, keterlibatan semua karyawan dalam tim untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya guna mencapai tujuan, hal tersebut sangat berperan penting dalam menciptakan hubungan antara karyawan dengan badan usaha. Sehingga sangat dibutuhkan action control, result control, personal control, cultural control yang ketat untuk mengatur tindakan yang dilakukan karyawan agar tidak berdampak langsung terhadap kepuasan pelanggan.

PT. OneAsia Tours Indonesia dalam menjalankan kegiatan operasionalnya menggunakan outlook untuk mengirim dan menerima pesan email, selain email juga bisa menggunakan Whatsapp, media promosi disosial media website dan juga marketplace. Reservasi bertugas Menerima dan melayani permintaan pelanggan dengan effisien dan tepat waktu dan memastikan semua pesanan pelanggan telah benar. Melakukan pemeriksaan secara rutin dan memastikan pesanan dan informasi pelanggan sudah benar. Jadi pengendalian manajemen di Perusahaan OneAsia Tours Indonesia dapat diakatakan cukup baik, karena telah menjalankan kinerja yang baik, sehingga dapat mempertanggungjawabkan tugasnya.

Nama : Yulia Safitri

Nim : 191011200692

Kelas : 06SAKM005 (R. A331)

Prodi Sarjana Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Pamulang

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

mahasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Download Versi Baru GB WhatsApp Yang Aman dan Legal Official Apk 2022

Image

Karutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel mengikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

5 Genre Musik yang Terus Berkembang di Dunia

Image

Pameran dan Bursa Lukisan, Memaknai Kemerdekaan di Bulan Suro

Image

Humas Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Terima Penguatan Tusi Kehumasan dari Sekjen Kemenkumham RI

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image