Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tasya oktaviani

Sistem Pengendalian Manajemen pada Perusahaan Instalasi Marmer dan Granit

Edukasi | Saturday, 02 Jul 2022, 12:25 WIB

Sistem Pengendalian Manajemen pada Perusahaan Instalasi Marmer dan Granit

Menurut Anthony dan Reece (1984:824) mendefinisikan sistem pengendalian manajemen sebagai sebuah sistem yang memiliki fungsi dalam pengendalian setiap aktivitas yang terjadi di dalam sebuah perusahaan dalam upaya menentukan strategi yang sesuai untuk diterapkan dan mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Tujuan perancangan sistem pengendalian manajemen, yaitu :

1. Keandalan dan kelengkapan informasi yang diperoleh.

2. Mematuhi kebijakan, rencana, prosedur, aturan dan ketentuan yang berlaku.

3. Melindungi aset perusahaan.

4. Mewujudkan kegiatan yang hemat biaya.

Sistem ini lebih bersifat menyeluruh dan terpadu, artinya lebih fokus dalam berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Jadi, sistem pengendalian manajemen ini bisa diterapkan pada berbagai skala perusahaan, karena pada dasarnya setiap perusahaan tentu memiliki komponen yang sama yaitu:

W = Work (Pekerjaan)E = Employe (Tenaga Kerja)R = Relationship (Hubungan)E = Environment (Lingkungan)

Proses Pengendalian Manajemen

1. Pemrograman, pada tahap ini perusahaan menentukan program yang akan dijalankan dan memperkirakan sumber daya yang akan dialokasikan pada setiap program yang telah ditentukan.

2. Penganggaran, pada tahap ini program direncanakan secara rinci, Dalam jangka waktu tertentu yang dinyatakan dalam satuan mata uang, biasanya satu tahun.

3. Operasi dan Akuntansi, pada tahap ini dilaksanakan pencatatan mengenai berbagai sumber daya yang digunakan dan penerimaan yang dihasilkan.

4. Pelaporan dan Analisis, pada tahap ini merupakan yang paling penting karena menutup suatu siklus dari pengendalian manajemen agar data untuk proses pertanggungjawaban akuntansi dapat dikumpulkan.

Contoh implementasi sistem pengendalian manajemen di Perusahaan Instalasi Marmer dan Granit

Perusahaan Instalasi Marmer dan Granit dalam menjalankan kegiatan operasionalnya menggunakan aplikasi zahir standard untuk mencatat seluruh kegiatan pembelian dan penjualan, mengelola persediaan barang secara lengkap, mengelola anggaran proyek dan stock opname, kemudian perusahaan tersebut juga terdapat sistem pengendalian absensi.

Dalam hal pelaporan perusahaan instalasi marmer dan granit ini melakukan laporan opname inventory untuk mengetahui barang fisik sudah sama atau belum dengan pencatatan tersebut dan untuk laporan opname penganggaran dilakukan untuk mengetahui biaya-biaya secara rinci dalam suatu proyek.

Jadi sistem pengendalian manajemen di Perusahaan Instalasi Marmer dan Granit dapat dikatakan cukup baik, karena telah menjalankan kinerja yang efektif dan efisien sehingga dapat mempertanggung jawabkan tugasnya.

Tugas Matakuliah Sistem Pengendalian Manajemen

Nama : Tasya Oktaviani

Nim : 191011200336

Kelas : 06SAKM005 (R. A331)

Prodi Sarjana Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Pamulang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image