Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aliffya Maylafaydza Universitas Muhammadiyah

Pembangunan Infrastruktur Efektif atau Tidak?

Politik | Friday, 01 Jul 2022, 10:37 WIB
Sumber : pinterest.com

Apa itu Pembangunan Infrastruktur?

Pembangunan adalah penataan/pembuatan suatu tempat/wilayah sehingga dapat berfungsi dan berguna bagi kehidupan. Infrastuktur adalah prasarana yang digunakan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari – hari, seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, rel kereta api, dan konstruksi bangunan.

Setelah mengetahui apa itu pembangunan infrastruktur, Apakah pembangunan infrastruktur dapat di katakan efektif?

Pembangunan adalah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat. Seperti yang diketahui dengan adanya pembangunan banyak sekali perubahan secara signifikan pada banyak bidang. Pembangunan memberikan pengaruh pada berbagai aspek terutama dalam bidang transportasi dan ekonomi.

Transportasi adalah salah satu aspek yang sangat berdampak dengan adanya pembangunan. Dengan adanya pembangunan banyak sekali konstruksi bangunan dan wilayah dapat dibuat, seperti pembuatan jalan tol, rel kereta api, stasiun kereta api, terminal bus, bandara, pelabuhan, dan jembatan.

Ekonomi juga menjadi salah satu aspek yang terkena dampak dengan adanya pembangunan. Dengan adanya pembangunan akan berdiri banyak bangunan, seperti mall dan perusahaan. Hal ini memberikan dampak, yaitu terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Sehingga akan memperbaiki ekonomi masyarakat.

Pembangunan infrastruktur akan berjalan dengan lancar apabila masyarakat dapat merasakan dampak positif. Disamping itu pemerintah juga memberikan peran besar terhadap pembangunan yang dilakukan. Pemerintah dapat dikatakan berhasil apabila pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan lancar dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Dengan adanya infrastruktur yang baik suatu negara akan menjadi sejahtera. Berdirinya jalan tol akan membuat transportasi menjadi lancar sehingga dapat memudahkan para produsen dan konsumen bertemu dan masyarakat juga dapat menjalankan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari dengan relevan dan lancar.

Selain jalan tol, berdirinya bangunan konstruksi seperti hotel, mol, PT, dan Perusahaan. Akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya saing dan memudahkan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan pangan, papan, dan sandang.

Pembangunan adalah hal krusial yang sangat menentukan kesejahteraan suatu negara. Sehingga dapat diketahui bahwa Pembangunan Infrastruktur dapat dikatakan efektif. Karena banyak sekali dampak positif yang didapatkan dengan adanya pembangunan infrastruktur. Terutama dampak yang melibatkan masyarakat demi terciptanya kesejahteraan terutama dalam bidang transportasi dan ekonomi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image