Pembangunan Infrastruktur Efektif atau Tidak?

Image
Aliffya Maylafaydza
Politik | Friday, 01 Jul 2022, 10:37 WIB
Sumber : pinterest.com

Apa itu Pembangunan Infrastruktur?

Pembangunan adalah penataan/pembuatan suatu tempat/wilayah sehingga dapat berfungsi dan berguna bagi kehidupan. Infrastuktur adalah prasarana yang digunakan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari – hari, seperti jalan tol, pelabuhan, bandara, rel kereta api, dan konstruksi bangunan.

Setelah mengetahui apa itu pembangunan infrastruktur, Apakah pembangunan infrastruktur dapat di katakan efektif?

Pembangunan adalah satu hal yang sangat penting bagi masyarakat. Seperti yang diketahui dengan adanya pembangunan banyak sekali perubahan secara signifikan pada banyak bidang. Pembangunan memberikan pengaruh pada berbagai aspek terutama dalam bidang transportasi dan ekonomi.

Transportasi adalah salah satu aspek yang sangat berdampak dengan adanya pembangunan. Dengan adanya pembangunan banyak sekali konstruksi bangunan dan wilayah dapat dibuat, seperti pembuatan jalan tol, rel kereta api, stasiun kereta api, terminal bus, bandara, pelabuhan, dan jembatan.

Ekonomi juga menjadi salah satu aspek yang terkena dampak dengan adanya pembangunan. Dengan adanya pembangunan akan berdiri banyak bangunan, seperti mall dan perusahaan. Hal ini memberikan dampak, yaitu terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Sehingga akan memperbaiki ekonomi masyarakat.

Pembangunan infrastruktur akan berjalan dengan lancar apabila masyarakat dapat merasakan dampak positif. Disamping itu pemerintah juga memberikan peran besar terhadap pembangunan yang dilakukan. Pemerintah dapat dikatakan berhasil apabila pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan lancar dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Dengan adanya infrastruktur yang baik suatu negara akan menjadi sejahtera. Berdirinya jalan tol akan membuat transportasi menjadi lancar sehingga dapat memudahkan para produsen dan konsumen bertemu dan masyarakat juga dapat menjalankan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari dengan relevan dan lancar.

Selain jalan tol, berdirinya bangunan konstruksi seperti hotel, mol, PT, dan Perusahaan. Akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya saing dan memudahkan masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan pangan, papan, dan sandang.

Pembangunan adalah hal krusial yang sangat menentukan kesejahteraan suatu negara. Sehingga dapat diketahui bahwa Pembangunan Infrastruktur dapat dikatakan efektif. Karena banyak sekali dampak positif yang didapatkan dengan adanya pembangunan infrastruktur. Terutama dampak yang melibatkan masyarakat demi terciptanya kesejahteraan terutama dalam bidang transportasi dan ekonomi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Optimis Raih AIPT Unggul, Unismuh Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Akreditasi

Image

Peduli Banjir Pati, Wadja Group Salurkan Bantuan Logistik

Image

Bantu Korban Gempa Cianjur, Mapala Umri Salurkan Bantuan Donasi dan Kirim Relawan

Image

Darurat Penggunaan Gadget pada Anak, Ibu Profesional Depok Ajak Orang Tua Melek Teknologi

Image

Kegiatan Ibadah Rohani Kristen Di Lapas Brebes

Image

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image