Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Guru Sekumpul, Ulama Terkenal Asal Martapura

Sejarah | Wednesday, 29 Jun 2022, 23:19 WIB

Abah Guru Sekumpul, memiliki nama lengkap Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani Al-Banjari, berasal dari Martapura, atau lengkapnya di tunggul irang, Matapura, Kabupaten Banjar, beliau lahir pada 11 Febuari 1942.

Beliau lahir dari perkawinan 2 anak seorang ulama atau kiai, Ayah beliau bernama Abdul Ghani bin Abdul Manaf bin Muhammad Seman, sedangkan ibunya bernama Hj. Masliah binti H. Mulia bin Muhyiddin.

Kiai Abdul Ghani atau yang akrab disapa Guru Ijai adalah keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjari.

Gus Dur dan Guru Sekumpul Sumber Gambar : Website NU Online

Beliau membuat majelis sholawat, di Musholla Ar-Raudhah, yang juga didalam musholla tersebut terdapat makam beliau. dalam musholla tersebut terdapat banyak insan yang berkumpul, mengikuti majelis pembacaan maulid dan sholawat yang dipimpin oleh beliau Syeh Al-alim Abah Guru Sekumpul.

Hingga kini jika tiba tanggal 5 Rajab, mushalla Ar-Raudhah menjadi sentra kegiatan haul Abah Guru Sekumpul yang dihadiri ratusan bahkan jutaan masyarakat Kalimantan khususnya, dan para masyarakat di tanah Jawa dan luar Indonesia pada umumnya.

Guru Sekumpul adalah tokoh ulama Indonesia atau dunia yang dakwahnya dihadiri jutaan masyarakat luas, dan menjadi salah satu majelis sholawat terbesar didunia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image