Tingkatkan kualitas kesehatan anak, Dinkes Pidie Jaya Latih Nakes untuk MTBS

Image
Kamaruddin
Edukasi | Wednesday, 29 Jun 2022, 15:01 WIB
Pelatihan Penyegaran dan Update Calon Pendamping/Pelatih Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Tingkat Kabupaten dan Puskesmas Kabupaten Pidie Jaya

Meureudu, 28 Juni 2022 – Sekda Pidie Jaya, Ir. Jailani serukan pentingnya meningkatkan derajat kesehatan melalui pembangunan kesehatan pada saat membuka secara resmi Pelatihan Penyegaran dan Update Calon Pendamping/Pelatih Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Tingkat Kabupaten dan Puskesmas Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada (28/6). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Pidie Jaya, dan difasilitasi Dinas Kesehatan Aceh dengan dukungan UNICEF Indonesia dan Flower Aceh sebagai mitra pelaksana di Hotel Ananda Pidie Jaya.

“Penting meningkatkan derajat kesehatan untuk memperkuat kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, salah satunya kesehatan balita anak usia nol sampai dengan lima tahun melalui pendekatan Manajeman Terpadu Balita Sakit (MTBS). Pelayanan MTBS mencakup upaya perbaikan manajemen penatalaksanaan terhadap penyakit seperti pneumonia, diare, campak, infeksi HIV malnutrisi serta upaya peningkatan pelayanan kesehatan, pencegahan penyakit seperti imunisasi, pemberian Vitamin K, Vitamin A, dan konseling pemberian ASI atau makanan. Apalagi saat ini kita sedang melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) agar anak-anak di Pidie jaya bisa terhindar dari penyakit Campak, Rubella, Difteri Polio dan lain sebagainya”, tegasnya.

Lebih lanjut Sekda Ir Jailani mengharapkan agar pelaksanaan pelatihan MTBS oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya dengan dukungan UNICEF dan LSM Flower Aceh sebagai mitra pelaksana dapat meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan dan bermanfaat untuk anak-anak di Aceh.

“Kami berharap pelatihan tentang manajemen pelaksanaan MTBS di Puskesmas bisa menambah pengetahuan dan keahlian tenaga kesehatan dan dapat diterapkan pada pelaksanaan pelayanan kesehatan anak balita di 12 puskesmas yang ada di kabupaten Pidie Jaya. Semoga anak-anak balita kita semua sehat dan dapat menjadi penerus estafet kepemimpinan di masa mendatang”.

Harapa yang sama disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pidie Jaya, Eddy Azwar, SKM, M.Kes. "Kami bersyukur Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Pidie Jaya mendapatkan dukungan yang luar biasa oleh Pemerintah baik Bupati maupun Sekda, sehingga teman – teman Puskesmas dapat lebih bersemangat untuk bekerja. Dan kami juga berterima kasih kepada UNICEF dan Flower Aceh yang akan membersamai kita dalam melakukan dukungan peningkatan kapasitas, semoga dalam 3 hari kedepan mendapatkant ilmu baru sehingga meningkatkan kinerja puskesmas dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat PIdie Jaya”

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan Aceh sekaligus narasumber pelatihan, Lisna Andria, SKM, MKM, mengatakan, “Angka kematian balita masih terjadi di Aceh, dimana merupakan salah satu indikator RPJMN 2020-2024. Angka kematian balita dapat dicegah jika MTBS ini dilakukan dengan optimal di puskesmas. Besar harapan melalui pelatihan ini dapat merefresh pengetahuan dan kemampuan tenaga medis di Pidie Jaya sehingga dapat optimal melakukan tata laksana balita sakit dengan pendekatan MTBS agar berdampak pada pencegahan kematian bayi dan balita di Pidie Jaya”.

Mewakili UNICEF Aceh, dr Tira Aswitama menegaskan komitmen UNICEF sebagai Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang memiliki mandat untuk berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan anak di Aceh.

“UNICEF tidak asing lagi di Aceh, dukungan UNICEF untuk Aceh telah berlangsung sejak lama. Untuk siklus tahun 2021-2025, sektor yang didukung yaitu pada bidang kesehatan, nutrisi, air sanitasi, perlindungan anak, dan kebijakan sosial. Sementara untuk Pidie Jaya, fokus komitmen untuk nutrisi, Kesehatan ibu anak dan imunisasi untuk kurun waktu 2022 – 2023. Pidie Jaya sebagai salah satu lokus stunting tahun 2022 yang di tetapkan oleh Nasional, sehingga dukungan UNICEF sejalan dengan prioritas pemerintah, karena MTBS selain bertujuan menurunkan kematian bayi balita, juga merupakan salah satu intervensi dalam penanggulanan stunting. Apresiasi terhadap komitmen Pemerintah Pidie Jaya, termasuk kehadiran Sekda Pidie Jaya, Ir. Jailani dan jajarannya dalam kegiatan pelatihan ini. Kami berharap kerja bersama Pemerintah Aceh, UNICEF, dan Flower Aceh sebagai mitra pelaksana, dalam pelatihan kali ini dapat bermanfaat bagi para tenaga Kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, dan bagi masyarakat sebagai penerima manfaat akhir”, tegasnya.

Direktur Eksekutif Flower Aceh, Riswati menjelaskan seputar pelatihan MTBS dan tujuannya.

“Pelaksanaan pelatihan penyegaran dan update pendamping/Pelatih MTBS sebagai alah satu upaya terstruktur untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Ibu, bayi baru lahir dan anak terpadu di Aceh, termasuk saat bencana atau krisis kesehatan. Pelatihan yang akan berlagsung selama 3 hari pada 28 sd 30 Juni ini melibatkan 26 orang tenaga kesehatan sebagai peserta, 24 dari puskesmas dan 2 dari Dinas Kesehatan yang merupakan dokter, bidan dan perawat dari puskesmas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyegaran dan update MTBS bagi calon pendamping/pelatih kalakarya MTBS tingkat kabupaten dan Puskesmas. Pelatihan juga bertujuan untuk menyepakati perencanaan dan penjadwalan pelatihan kalakarya tingkat Puskesmas”, paparnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mengingat bersama dengan menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game Online PC Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!!

Image

Kemenkumham Jateng Siap Diaudit BPK RI

Image

Masa Berlaku Paspor Kini 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Juknisnya

Image

Rutan Boyolali Buka Layanan Konsultasi Bagi WBP

Image

Tingkatkan Keimanan, Lapas Klaten Adakan Kegiatan TPQ dan Pengajian untuk Warga Binaan

Image

Kadivpas Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev ke Lapas Sekayu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image