Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lailatur Rahmi

Bahaya mengonsumsi mi instan berlebih

Kuliner | Monday, 01 Nov 2021, 09:44 WIB
Sumber hello sehat com.


Mi instan menjadi sajian favorit banyak orang karena rasa dan harganya yang relatif murah.Meski demikian, mi instan juga dikenal sebagai makanan yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.Melansir data Healthline, mi instan memiliki kandungan sodium dan MSG yang tinggi.
Menurut ahli gizi dari University of Vermont, Rachel Johnson, asupan sodium yang terlalu tinggi bisa meningkatkan tekanan darah.Pasalnya, sodium bisa menahan cairan di dalam tubuh yang menciptakan beban tambahan pada jantung.Terlalu banyak sodium juga akan meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, osteoporosis, kanker perut, dan penyakit ginjal," tambah Vermont.
Serupa degan sodium, terlalu banyak asupan MSG juga memiliki efek samping, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap zat tersebut.MSG bisa memicu sakit kepala, memperburuk asma, menyebabkan nyeri dada atau jantung berdebar-debar.
Mi instan juga diklaim sebagai makanan yang tak sehat karena kandungan nutrisinya yang rendah.Sebagian besar mi instan cenderung rendah kalori, serat, dan protein. Sedangkan jumlah lemak, karbohidrat, dan natrium di dalamnya sangat tinggi.Dalam sebungkus mi instan biasanya mengandung nutrisi berikut:
188 gram kalori27 gram karbohidrat7 gram lemak total3 gram lemak jenuh4 gram protein0,9 gram serat861 miligram natriumTiamin43 persen tiamin dari rekomendasi harian12 persen folat dari rekomendasi harian11 persen mangan dari rekomendasi harian10 persen besi dari rekomendasi harian9 persen niacin dari rekomendasi harian7 persen dari riboflavin.
Mengonsumsi mi instan berlebihan juga menyebabkan penurunan asupan protein, kalsium, vitamin C, fosfor, zat besi, niasin, dan vitamin A.Selain itu, mengonsumsi mi instan bisa menyebabkan penurunan kadar vitamin D. Kondisi ini bisa memicu obesitas dan berbagai penyakit kronis.
Di kutip dari laman Winnetnews.com Baru-baru ini, kisah tentang seorang pemuda Taiwan meninggal dunia karena kebiasaan makan mie instan.
Selain menjadi makanan alternatif yang praktis, mie instan memang banyak digemari orang karena aromanya yang menggugah selera. Eits, selain itu juga murah meriah, bener nggak?
mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu yang sewajarnya tak akan jadi masalah. Tapi, kalau kamu mengonsumsinya terlalu sering dan tanpa menambahkan bahan apapun ke dalamnya sangat membahayakan kesehatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image