Bahaya mengonsumsi mi instan berlebih

Image
Lailatur Rahmi
Kuliner | Monday, 01 Nov 2021, 09:44 WIB
Sumber hello sehat com.


Mi instan menjadi sajian favorit banyak orang karena rasa dan harganya yang relatif murah.Meski demikian, mi instan juga dikenal sebagai makanan yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.Melansir data Healthline, mi instan memiliki kandungan sodium dan MSG yang tinggi.
Menurut ahli gizi dari University of Vermont, Rachel Johnson, asupan sodium yang terlalu tinggi bisa meningkatkan tekanan darah.Pasalnya, sodium bisa menahan cairan di dalam tubuh yang menciptakan beban tambahan pada jantung.Terlalu banyak sodium juga akan meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, osteoporosis, kanker perut, dan penyakit ginjal," tambah Vermont.
Serupa degan sodium, terlalu banyak asupan MSG juga memiliki efek samping, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap zat tersebut.MSG bisa memicu sakit kepala, memperburuk asma, menyebabkan nyeri dada atau jantung berdebar-debar.
Mi instan juga diklaim sebagai makanan yang tak sehat karena kandungan nutrisinya yang rendah.Sebagian besar mi instan cenderung rendah kalori, serat, dan protein. Sedangkan jumlah lemak, karbohidrat, dan natrium di dalamnya sangat tinggi.Dalam sebungkus mi instan biasanya mengandung nutrisi berikut:
188 gram kalori27 gram karbohidrat7 gram lemak total3 gram lemak jenuh4 gram protein0,9 gram serat861 miligram natriumTiamin43 persen tiamin dari rekomendasi harian12 persen folat dari rekomendasi harian11 persen mangan dari rekomendasi harian10 persen besi dari rekomendasi harian9 persen niacin dari rekomendasi harian7 persen dari riboflavin.
Mengonsumsi mi instan berlebihan juga menyebabkan penurunan asupan protein, kalsium, vitamin C, fosfor, zat besi, niasin, dan vitamin A.Selain itu, mengonsumsi mi instan bisa menyebabkan penurunan kadar vitamin D. Kondisi ini bisa memicu obesitas dan berbagai penyakit kronis.
Di kutip dari laman Winnetnews.com Baru-baru ini, kisah tentang seorang pemuda Taiwan meninggal dunia karena kebiasaan makan mie instan.
Selain menjadi makanan alternatif yang praktis, mie instan memang banyak digemari orang karena aromanya yang menggugah selera. Eits, selain itu juga murah meriah, bener nggak?
mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu yang sewajarnya tak akan jadi masalah. Tapi, kalau kamu mengonsumsinya terlalu sering dan tanpa menambahkan bahan apapun ke dalamnya sangat membahayakan kesehatan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image