Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

CATAT! Ini Dia 3 Tahapan Dalam Manajemen Hubungan Pelanggan Yang Wajib Kamu Tahu

Bisnis | Tuesday, 28 Jun 2022, 16:38 WIB

CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan strategi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga hubungan baik antar pelanggan dan perusahaan.

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan manajemen hubungan pelanggan, tapi mereka lupa bahwa dalam manajemen hubungan pelanggan juga memiliki tahapan. Sehingga mereka kehilangan titik fokus pada tujuan yang ingin mereka capai.

Manajemen Hubungan Pelanggan (Sumber: Barantum.com)

Apa saja tahapan dalam manajemen hubungan pelanggan ini?

Berikut ini 3 tahapan penting dalam manajemen hubungan pelanggan yang wajib kamu ketahui sebagai pebisnis, yaitu:

1. Memperoleh Pelanggan Baru (Acquired)

Tahapan pertama dari CRM adalah mendapatkan pelanggan baru. Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Untuk itu, Anda harus memberikan layanan terbaik serta memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka agar mereka dapat segera membeli produk Anda.

2. Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced)

Tahapan selanjutnya adalah dengan menambah nilai dari pelanggan. Nilai dari pelanggan atau biasa disebut Customer Livetime Value ini adalah nilai keseluruhan pendapatan yang dapat Anda dapatkan dari pelanggan. Untuk caranya Anda bisa melakukan strategi up-selling atau cross-selling.

Up-selling adalah kegiatan mendorong konsumen untuk membeli produk yang lebih besar, lebih unggul, atau lebih banyak daripada produk awal yang pelanggan pilih. Sedangkan, cross-selling adalah kegiatan mendorong pelanggan untuk membeli produk berbeda yang masih berhubungan dengan produk awal yang pelanggan pilih.

3. Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Tahapan terakhir dari CRM adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan cara tetap terus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, tetap menjalin hubungan baik, mendengarkan saran dan masukkan dari pelanggan. Yang hal tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan juga fitur-fitur produk Anda agar pelanggan tetap mau bertahan dan terus menggunakan produk Anda.

Setelah mengetahui tahapan dalam menjalankan manajemen hubungan pelanggan yang baik, kamu bisa fokus untuk mencapai target pada goals yang lebih relevan di perusahaanmu terlebih dahulu. Misal, untuk mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya.

Setelah goals dari tahapan dalam manajemen hubungan pelanggan tercapai, kamu bisa melanjutkan untuk menaikkan nilai pelanggan bisnismu, dan seterusnya ke tahap untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Dengan begitu, goals perusahaan akan lebih jelas dan produktivitas perusahaan berjalan secara optimal. Jadi, apa perusahaan tempatmu bekerja sudah menerapkan strategi CRM ini?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image