CATAT! Ini Dia 3 Tahapan Dalam Manajemen Hubungan Pelanggan Yang Wajib Kamu Tahu

Image
Nur Ahmad Syaepudin
Bisnis | Tuesday, 28 Jun 2022, 16:38 WIB

CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan strategi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga hubungan baik antar pelanggan dan perusahaan.

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan manajemen hubungan pelanggan, tapi mereka lupa bahwa dalam manajemen hubungan pelanggan juga memiliki tahapan. Sehingga mereka kehilangan titik fokus pada tujuan yang ingin mereka capai.

Manajemen Hubungan Pelanggan (Sumber: Barantum.com)

Apa saja tahapan dalam manajemen hubungan pelanggan ini?

Berikut ini 3 tahapan penting dalam manajemen hubungan pelanggan yang wajib kamu ketahui sebagai pebisnis, yaitu:

1. Memperoleh Pelanggan Baru (Acquired)

Tahapan pertama dari CRM adalah mendapatkan pelanggan baru. Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Untuk itu, Anda harus memberikan layanan terbaik serta memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka agar mereka dapat segera membeli produk Anda.

2. Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced)

Tahapan selanjutnya adalah dengan menambah nilai dari pelanggan. Nilai dari pelanggan atau biasa disebut Customer Livetime Value ini adalah nilai keseluruhan pendapatan yang dapat Anda dapatkan dari pelanggan. Untuk caranya Anda bisa melakukan strategi up-selling atau cross-selling.

Up-selling adalah kegiatan mendorong konsumen untuk membeli produk yang lebih besar, lebih unggul, atau lebih banyak daripada produk awal yang pelanggan pilih. Sedangkan, cross-selling adalah kegiatan mendorong pelanggan untuk membeli produk berbeda yang masih berhubungan dengan produk awal yang pelanggan pilih.

3. Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Tahapan terakhir dari CRM adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan cara tetap terus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, tetap menjalin hubungan baik, mendengarkan saran dan masukkan dari pelanggan. Yang hal tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan juga fitur-fitur produk Anda agar pelanggan tetap mau bertahan dan terus menggunakan produk Anda.

Setelah mengetahui tahapan dalam menjalankan manajemen hubungan pelanggan yang baik, kamu bisa fokus untuk mencapai target pada goals yang lebih relevan di perusahaanmu terlebih dahulu. Misal, untuk mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya.

Setelah goals dari tahapan dalam manajemen hubungan pelanggan tercapai, kamu bisa melanjutkan untuk menaikkan nilai pelanggan bisnismu, dan seterusnya ke tahap untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Dengan begitu, goals perusahaan akan lebih jelas dan produktivitas perusahaan berjalan secara optimal. Jadi, apa perusahaan tempatmu bekerja sudah menerapkan strategi CRM ini?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Layanan Eazy Passport Kantor Imigrasi Cilacap bersama KSPPS Mitra Sejahtera Mandiri Kebumen

Image

Tak Lupa Jasa Pendahulu, Kemenkumham Jateng Beranjangsana ke para Purna Bakti

Image

Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Koordinasi tentang Pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

Image

Sosialisasi M Paspor Kantor Imigrasi Cilacap Di Tiga Kecamatan Di Kabupaten Banyumas

Image

Tekad KLHK Bangun Hutan Tropis Lewat Indonesia's FOLU Net Sink 2030

Image

Buka Pertandingan Futsal Bulutangkis HDKD ke-77, Kakanwil Pesan Utamakan Sportivitas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image