Negara dengan Sistem Pembangunan Perekonomian Terbaik

Image
Anisa Syifa Maulida
Edukasi | Tuesday, 28 Jun 2022, 13:31 WIB

Pembangunan perekonomian merupakan suatu hal yang penting bagi suatu negara. Perekonomian merupakan bidang yang paling penting dalam menyongkong kehidupan warga masyarakat bernegara. Tanpa perekonomian kehidupan masyarakat dalam suatu negara akan sulit.

Pembangunan ekonomi ialah suatu proses dimana terjadinya penaikan dalam pendapatn suatu negara baik pendapatan perkapita maupun pendapatan keseluruhan (total). Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, M.P.A dalam buku ADMINISTRASI PEMBANGUNAN KONSEP DIMENSI, DAN STRATEGINYA, pembangunan ekonomi yang diselenggarakan oleh suatu negara bangsa dewasa ini harus dilihat sebagai upaya terencana, terprogam, sistematik, dan berekelanjutan dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan mutu hidup seluruh warga masyarkat. Pada gilirannya pembangunan ekonomi yang berhasil akan berakibat positif pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,.

Pembangunan perekonomian yang baik dalam suatu negara dapat kita identfikasi sendiri dari kondisi negaranya tersebut. Apakah negara itu negara maju atau negara berkembang. Negara yang maju pasti memiliki sistem pembangunan perekonomian yang baik karena bisa membawa negara tersebut menjadi negara yang maju, sedangkan sebaliknya, negara yang berkembang mungkin memiliki sistem pembangunan perekonomian yang kurang mumpuni sehingga belum bisa menjadi negara maju yang memiliki sistem pembangunan perekonomian yang baik.

Negara dengan sistem pembangunan perekonomian terbaik merupakan negara yang dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh negara tersebut.

Contoh-contoh negara yang memiliki sistem pembangunan perekonomian terbaik.

1. Amerika Serikat

AS memiliki sumber daya yang sangat mumpuni. Dalam hal ini AS memiliki sistem infrastruktur yang sangat maju dan baik. Pengelolaan sumber daya juga dikelola sebagaimaan mestinya. Pendapatan per-kapita negara ini mencapai US$ 67,4 ribu pada 2020.

2. China

China merupakan negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Hal ini tidak menjadi masalah bagi China untuk mengelola sumber daya nya dan juga perekonomian di negara ini. China merupakan negara yang penduduknya dapat membuat berbagai jenis barang tiruan dan unik, hal ini menjadikan perekonomian negara ini semakin maju dan pemanfaat sumber daya yang dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

3. Jepang

Jepang merupakan negara yang sangat maju dalam bidang perkembangan industri dan teknologi. Pemanfaat sumber daya alam dan manusia dii negara ini dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin sehingga teknologi dan per industrian di negara ini terus maju dan berkembang yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian negara ini.

Masih banyak negara yang memiliki sistem pembangunan perekonoian yang baik, hal ini dapat kita ketahui dengan mudah jika negara tersebut merupakan negara maju dan tingkat pendapatan per kapita negara tersebut tinngi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Image

Apa sih itu Kebidanan? Apakah Bidan Berperan dalam Komsel kepada Pasien

Image

Bersama AFKSI, FK UMP Gelar Webinar Penanganan Stunting

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image