Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image shifa putri

Beredar Video AHY Bertemu Ganjar di Masjid, Demokrat: Jumatan Bareng Saja

Info Terkini | Tuesday, 28 Jun 2022, 03:08 WIB

Penulis : Shifa Putri Awaliyah (Mahasiswa S-1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Dosen Pengampu : Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd

Artikel Ilmiah ini saya buat untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pragmatik

Abstrak

Lokusi merupakan salah satu tindak tutur yang ada pada pragmatic. Pragmatic adalah cabang ilmu linguistic yang mempelajari antara konteks luar Bahasa dan maksut tuturan melalui penafsiran terhadap situasi penuturannya. Penlitian ini mengulas tentang teks berita melalui tindak tutur pragmatic. Penelitian ini guna mengembangkan pengetahuan kita terhadap pemahaman teks berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mengamati berita perkalimat yang dituturkan, lalu menentukan tks tersebut termasuk dalam tindak tutur yang mana. Sumber berita ini adalah teks berita online dan telaah materi pembelajaran.

Kata kunci : lokusi, tuturan.

Pendahuluan

Berita sebagai salah satu kita mendapat informasi, entah itu melalui media internet, TV, atau koran. Kita dapat mengetahui berita apa yang terjadi diluar hanya dengan membaca juga menonton melalui siaran. Karena itu peneliti sangat tertarik untuk mengkaji teks berita melalui tindak tutur lokusi.

Lokusi adalah tindakan mengatakan sesuatu. Tindakan lokusi terlihat saat penutur menuturkan sebuah tuturan atau pernyataan. Lebih jelasnya lokusi adalah tindak tutur yang berfungsi untuk menyatakan atau mengonfirmasi sesuatu. Yaitu mengucapkan sesuatu yang maknanya sesuai dengan apa yang dituturkan.

Penelitiann ini menganalisis berita melalui tindak tutur lokusi seperti "Jumatan bareng saja, enggak ada agenda lain," kata Herzaky. Dengan teks tersebut dapat kita Tarik pemahaman sebagai tindak tutur lokusi. karena dalam teks tersebut mempunyai makna yang sama seperti apa yang dituturkan.

Pembahasan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar sebuah video yang menggambarkan pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sebuah masjid. Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, video itu diambil saat AHY dan Ganjar menunaikan shalat jumat di Masjid Nurul Hidayah, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022). "Jumatan bareng saja, enggak ada agenda lain," kata Herzaky saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat. Malam Ini Herzaky juga menegaskan bahwa pertemuan itu tidak dirancang sebelumnya. "Kebetulan sama-sama jumatan di situ," ujar Herzaky. Dalam video yang beredar, AHY dan Ganjar tampak berbincang singkat saat ke luar area masjid. AHY mengenakan kemeja batik hitam bercorak cokelat dan masker hitam, sedangkan Ganjar mengenakan kemeja putih, peci hitam, masker merah-putih, dan menenteng sajadah. AHY: Itu Mengunci Satu Sama Lain Dalam perbincangan singkat yang terekam, keduanya sempat membicarakan Rapat Kerja Nasional PDI-P yang baru berakhir pada Kamis (23/6/2022) kemarin. "Kemarin lancar ya Rakernas?" kata AHY. "Alhamdulillah, alhamdulillah, nge-camp dulu kita," ujar Ganjar. Terlihat pula mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam video tersebut. Ia shalat Jumat di masjid yang sama. Adapun Ganjar yang merupakan kader PDI-P itu baru saja mengikuti Rakernas PDI-P yang berlangsung sejak Selasa (21/6/2022) hingga Kamis kemarin.

Membaca teks berita diatas kita fokuskan untuk mencari tindak tutur lokusi. dari teks tersebut banyak sekali teks yang merupakan tindak tutur lokusi.

"Jumatan bareng saja, enggak ada agenda lain," kata Herzaky

Dari teks ini merupakan tindak tutur lokusi, karena memiliki makna yang sesui dengan apa yang diucapkan. Dimana Herzaky mengucapkan kata tersebut tanpa maksut tersembunyi atau tersurat. Bahwa mereka bertemu hanya jum”atan bareng saja.

"Kemarin lancar ya Rakernas?" kata AHY

Teks ini juga mengandung makna yang sama dengan apa yang dituturkan. Yang mana AHY bertanya tentang rakernas, tanpa ada sindiran atau makna lainnya.

Jika mengambil keseluruhan teks berita yang telah diambil dari internet bisa kita simpulkan bahwa keseluruhan kaliamat yang ada merupakan tindak tutur lokusi, tanpa adanya maksut dan makna yang tersembunyi didalamnya.

Penutup

Penelitian dari teks berita diatas bisa kita simpulkan bahwa teks berita merupakan sebuah teks lokusi, yaitu makna apa yang terkandung dalam tuturan sama dengan apa yang dituturkan. Lokusi merupakan salah satu tindak tutur yang ada pada pragmatic sebagai salah satu cabang linguistic dalam mengkaji ilmu Bahasa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image