Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

CATAT! Ini Dia 3 Komponen Penting Dalam Manajemen Hubungan Pelanggan

Bisnis | Monday, 27 Jun 2022, 15:51 WIB

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management atau manajemen hubungan pelanggan. CRM sendiri terdiri dari 3 (tiga) kata yaitu customer, relationship, dan management. Customer yang berarti ‘pelanggan’, relationship yang berarti ‘hubungan’, dan management yang berarti “pengelolaan / manajemen”.

Tiga kata tersebut sangat tepat untuk menggambarkan 3 komponen penting dalam manajemen hubungan pelanggan. Tiga komponen inilah yang akan menjadi titik fokus utama dalam kegiatan optimalisasi manajemen hubungan pelanggan.

Manajemen Hubungan Pelanggan (Sumber: businessmodelanalyst.com

3 Komponen Penting Dalam Manajemen Hubungan Pelanggan

Berikut ini tiga komponen penting dari manajemen hubungan pelanggan yang wajib Anda tahu:

1. Pelanggan (Customer)

Komponen pertama dari CRM adalah pelanggan. Pelanggan adalah pusat dari alasan mengapa CRM ada dan dibutuhkan. Pelanggan disini meliputi calon pelanggan maupun pelanggan yang sudah ada. Tentang bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru dan tetap mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

2. Hubungan (Relationship)

Komponen dari CRM yang berikutnya adalah hubungan. Yang dimaksud ‘hubungan’ disini adalah tentang bagaimana memberikan pelayanan terbaik untuk menciptakan hubungan yang baik antar pelanggan dan perusahaan. Bagaimana memberikan solusi terbaik untuk setiap permasalahan dan kebutuhan mereka menggunakan produk Anda, sehingga pelanggan dapat terbantu dan Anda mendapatkan profit dari mereka.

3. Manajemen (Management)

Komponen dari CRM yang terakhir adalah management. Yang dimaksud dengan management disini adalah mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan interaksi dengan pelanggan, seperti Call Center, Team Sales, Team Marketing dan lain sebagainya. Dan juga tentang bagaimana strategi mereka dalam menjalankan management hubungan pelanggan yang baik dan tepat.

Dengan mengetahui tiga komponen penting dari manajemen hubungan pelanggan ini, akan membantu Anda dalam menentukan strategi dan sebagai mencari bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan mengoptimalkan manajemen hubungan pelanggan di perusahaan Anda.

Jadi, sudahkah bisnis Anda menerapkan 3 komponen manajemen hubungan pelanggan diatas?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image