Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azie ibrahim

Apa manfaat madu asli dan khasiatnya untuk kesehatan?

Eduaksi | Monday, 27 Jun 2022, 11:44 WIB

Sejak kurang lebih 10.000 tahun yang lalu, madu asli telah diakui kaya akan energi dan multi khasiat yang sangat dibutuhkan tubuh manusia, baik dalam bentuk makanan, minuman, obat-obatan maupun untuk kosmetik. Oleh karena itu sampai saat ini pun madu masih mendapat penghargaan tertinggi di seluruh dunia

Madu merupakan produk yang unik dari lebah yang mengandung karbohidrat (zat asam arang) yang tinggi, sedangkan protein dalam jumlah yang sangat kecil (bahkan boleh dikatakan tidak ada) dan praktis tidak ada lemak. Nilai gizi dari madu sangat tergantung dari kandungan gula-gula sederhana, fruktosa dan glukosa. Rasa dan aroma madu sangat dipengaruhi oleh jenis bunga, dimana nectar dikumpulkan

buat kamu yang belum paham apa itu nectar? Nectar adalah suatu senyawa kompleks yang dihasilkan oleh kelenjar “Necterifier” tanaman dalam bentuk larutan gula dengan konsentrasi yang bervariasi

nectar diproses oleh lebah menjadi levulosa (fruktosa) dan dekstrosa (glukosa), diikuti dengan evaporasi (penguapan) air yang berlebih dengan ventilasi dari sayap yang dihempas-hempaskan.

Perbedaan madu murni dan madu tidak murni?

Pada dasarnya madu yang murni adalah madu yang belum dicampuri dengan bahan-bahan kimia buatan, untuk detailnya sebagai berikut

Madu murni : Enzym diatasenya aktif, kadar H.M.F (hidhroxy Methyl Furfural) rendah, itu disebabkan madu tersebut belum melalui proses kukus dan campuran bahan-bahan kimia lainnya

Madu tidak murni: Enzym Diatasenya tidak aktif, kadar H.M.F tinggi, sebab telah melalui proses kukus dengan suhu tinggi dan telah dicampuri bahan-bahan kimia lainnya.

Kandungan dan manfaat madu asli?

Disamping kandungan gulanya yang tinggi, madu segar mengandung beberapa komponen lainnya seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan, disamping kandungan vitamin A, B1, B2 serta Antibiotik. Gula serta mineral-mineral yang terdapat pada madu dapat berfungsi sebagain tonikum jantung

Beberapa merek madu asli yang dijual di Indonesia?

Indonesia memiliki ragam flora dan fauna yang sangat kaya, tentunya menjadi rumah bagi lebah madu. Berikut beberapa merek madu yang sudah lama dipercaya oleh keluarga indonesia dalam menyajikan produk madu asli.

1. Madu Flora

Madu Flora adalah produk madu hutan asli yang dikemas dengan sangat baik dan bersih, kandungan Madu flora adalah Madu Hutan Asli yang berasal dari lebah hutan yang menghisap bunga nektar di hutan tropis Indonesia. Madu ini memiliki cita rasa yang tidak seragam ( rasa dan aroma madu bervariasi)

Madu Flora dikemas tanpa melalui proses pemanasan atau pengentalan yang dapat merusak kualitas madu dan hilang unsur-unsur enzim penting yang terdapat pada madu seperti enzim diastase, vitamin, dan propolis. Hasil uji lab dari BPOM madu Flora terbukti kaya akan Enzim yang baik untuk tubuh.

KHASIAT DAN MANFAAT :

Meningkatkan Sistem Immune Tubuh dari serangan virus

Menambah energi.

Mempercepat penyembuhan luka.

Mengurangi batuk.

Sangat baik sebagai pengganti gula rumahan

Untuk program DIET dan mengontrol berat badan

Sebagai kombinasi alami untuk masker

Menghilangkan bau mulut

Obat herbal yang sangat berkhasiat

Penambah nafsu makan untuk anak

Madu Flora memiliki 2 varian yaitu madu flora tropis dan madu flora sumbawa, yang membedakanya yaitu dari tempat lokasi pengambilan madu, untuk yang madu flora tropis madu yang di hasilkan tersebar diseluruh hutan tropis yang berada di Indonesia, namun untuk yang madu flora sumbawa yaitu madu yang dihasilkan khusus dari daerah sumbawa dengan ciri khas madu berwarna agak putih dan cita rasa yang khas.

2. Madu Multisari

Madu Multisari adalah Madu Ternak Asli dan madu yang dihasilkan asli tanpa melalui proses campuran zat lain. Madu dikemas dengan kualitas terbaik karena langsung dari peternak madu yang sudah berpengalaman dalam menangani proses ternak lebah. Tersebar dari berbagai peternak lebah di indonesia dilahan yang kaya akan nektar bunga. Panen secara berkala menjadikannya selalu fresh saat sampai ke tangan pembeli.

Madu Multisari dikemas tanpa melalui proses pemanasan atau pengentalan yang dapat merusak kualitas madu dan hilang unsur-unsur enzim penting yang terdapat pada madu seperti enzim diastase, vitamin, dan propolis. Hasil uji lab dari BPOM madu Multisari terbukti kaya akan Enzim yang baik untuk tubuh.

KHASIAT DAN MANFAAT :

Meningkatkan Sistem Immune Tubuh dari serangan virus

Menambah energi.

Mempercepat penyembuhan luka.

Mengurangi batuk.

Sangat baik sebagai pengganti gula rumahan

Untuk program DIET dan mengontrol berat badan

Sebagai kombinasi alami untuk masker

Menghilangkan bau mulut

Obat herbal yang sangat berkhasiat

Penambah nafsu makan untuk anak

Cara membedakan madu asli dan palsu?

Banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang bagaimana cara membedakan madu asli dengan madu palsu, salah satu mitosnya yaitu madu asli tidak dikerumuni semut, padahal pada dasarkan semut sangat suka dengan sesuatu yang manis. nah Sebagai konsumen, baiknya kita lebih jeli dan teliti lagi yang dalam menentukan pilihan madu yang asli dan baik untuk tubuh, berikut cara membedakan madu asli atau palsu yang bisa kalian coba:

1.Merebus Madu

Cara yang pertama adalah dengan merebus madu menggunakan sendok, Anda bisa merebus madu di atas sendok. Caranya cukup mudah, tuangkan madu ke dalam satu sendok, lalu panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api. Cara ini dapat melihat perbedaan dari madu asli dan palsu

Setelah dipanaskan apabila madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir tumpah dari sendok, bisa disimpulkan bahwa madu tersebut asli atau murni. Namun sebaliknya, jika madu hanya mengeluarkan sedikit busa, bisa dikatakan madu tersebut palsu atau telah dicampur dengan bahan lain di dalamnya.

2.Membekukan Madu

Cara yang kedua yaitu membekukan madu, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer. Jika madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, bisa dikatakan madu tersebut asli.

Madu tersebut dikatakan palsu atau telah ada campurannya jika membeku. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih madu yang tidak membeku selama di dalam freezer.

Kesimpulan

Madu merupakan sajian organic yang sangat baik untuk di konsumsi secara rutin untuk tubuh kandungan vitamin A, B1, B2 serta Antibiotik. Gula serta mineral-mineral yang terdapatnya didalamnya dapat memberikan manfaat yang luar biasa, Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi madu secara teratur dan menerapkan pola hidup sehat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image