Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salma Ayumi

Peran Kelembagaan sebagai Faktor Institusional yang Mempengaruhi Administrasi Pembangunan

Politik | Saturday, 25 Jun 2022, 22:48 WIB

Administrasi merupakan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu. Sedangkan pembangunan merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Jadi administrasi pembangunan merupakan proses yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bekerjasama dalam membangun sesuatu menjadi kearah yang lebih baik lagi. Tentunya dalam proses pembangunan ini terdapat beberapa tahap yang harus dilaksanakan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan.

pembangunan efektif

Pada tahap-tahap proses keberlangsungan pembangunan tersebut tentunya diperlukan faktor pendorong yang dapat membantu terlaksananya pembangunan sehingga pada pelaksanaan pembangunan tersebut berjalan dengan lancar. Salah satu faktor pendorong tersebut adalah faktor institusional. Faktor institusional atau kelembagaan sendiri merupakan faktor pendorong dalam berjalannya pembangunan di suatu negara. fungsi dari kelembagaan dalam pembangunan ini adalah untuk mendukung segala proses berjalannya pembangunan dan pembaharuan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan.

Dalam proses pembangunan suatu negara tentunya diperlukan pengawasan pada proses keberlangsungan pembangunan tersebut mulai dari pengawasan pasa perencanaan hingga pelaksanaanya agar dalam proses berjalannya pembangunan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang sudah dirancang sebelumnya. Contoh salah satu lembaga yang memiliki fungsi sebagai pengawas proses pembangunan adalah DPRD, DPRD ini akan mengawasi proses pembangunan daerah tersebut agar rencana hingga pelaksanaannya sesuai dengan tujuan. Tentunya rencana pembangunan tersebut harus sesuai dengan kondisi lingkungan daerahnya tersebut, seperti apa yang dibutuhkan masyarakat pada daerah tersebut sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya agar tercapainya kesejahteraan rakyat. Namun ada yang berpendapat bahwa lembaga DPRD ini tidak terlalu efektif sehingga perlu ditiadakan karena hanya memiliki fungsi mengawasi, yang dimana masyarakatpun juga berperan dalam tugas mengawasi setiap pembangunan yang dilaksanakan, namun pada berjalannya proses pembangunan dalam suatu negara pastinya memerlukan tenaga khusus yang dapat langsung mengawasi proses pembangunan tersebut yaitu lembaga khusus negara, yang tidak bisa disamakan dengan masyarakat.

Kemudian dalam proses berlangsungnya pembangunan juga diperlukannya lembaga yang secara langsung ikut serta dalam proses pembangunan agar proses pembangunan tersebut dapat berjalan dengan baik. Contoh lembaga pengawas di Indonesia yaitu Lembaga Administrasi Negara, dimana lembaga tersebut berperan dalam pembuatan peraturan-peraturan pada proses administrasi negara. Pada proses pembangunan tentunya memerlukan peraturan yang akan dijalani agar tidak melenceng dari rencana yang sudah ditentukan dan diharapkan dapat mencapai tujuan yang sudah direncakan dengan hasil yang juga sesuai dengan rencana.

Jadi pentingnya peran dari sebuah kelembagaan bagi proses administrasi pembangungan di suatu negara sangatlah berperan penting, karena dalam proses administrasi pembangunan tersebut tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak adanya peran kelembagaan khusus yang sesuai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image