Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurlian Arfa. S.Ag. M.A

Penggunaan Aplikasi berbasis Android Pada Materi Mengenal Asmaul Husna Kelas 2 SD

Eduaksi | Thursday, 23 Jun 2022, 11:01 WIB

Pembelajaran daring masih terus berlaku di Indonesia sejak Covid 19 tahun 2020 merebak. Meskipun sekolah-sekolah sudah banyak yang menerapkan model hybrid, namun WHO belum secara resmi menyatakan bahwa pandemi sudah berakhir. Pembelajaran model daring ini menuntut penguasaan teknologi oleh para guru untuk memperlancar proses belajar belajar mengajar saat ini.

Pembelajaran berbasis teknologi adalah ciri pembelajaran abad 21. Para ahli memberikan rekomendasi untuk lebih mengembangkan model pembelajaran ini. Posisi penggunaan media dalam pembelajaran dapat dilihat pada bagan yang dikembangkan oleh Dale (1964) . Menurut Dale dalam dalam proses belajar mengajar penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip kerucut pengalaman yang membutuhkan media visual non visual. Dari gambar, terlihat bahwa penggunaan seluruh indra akan memaksimalkan penyerapan materi pengajaran.

Azhar Arsyad (2011) , bahwa fungsi utama yang bisa didapatkan dengan penggunaan media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Dari defenisi ini, dapat ditarik satu kesimpulan bahwa penggunaan teknologi dalam media pembelajaran menciptakan suatu kondisi belajar yang efektif dan efisien turut dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kelas. Pendapat Azhar ini disokong oleh pendapat yang di dikemukakan oleh

Salah satu media pembelajaran yang dapat dipakai oleh guru PAI untuk mengajarkan materi asmaul husna dikelas dua Sekolah Dasar adalah menggunakan aplikasi Asmaul husna. Aplikasi ini tersedia di Play store dan bisa diunduh oleh para guru PAI untuk lebih mengajarkan materi asmaul husna dengan lebih interaktif dan menarik serta lebih memudahkan pemahaman siswa. Fitur yang ada pada aplikasi ini dantaranya yaitu :

Tampilan antar face halaman awal

Menu ini bisa dipakai guru untuk memperkenalkan 99 asmaul husna dengan menyuruh siswa melihat dan mempraktekan secara bergantian berulang-ulang dengan model repeating ini asmaul husna ini akan gampang diingat dengan mudah oleh siswa.

Yang kedua setelah itu kemudian masuk ke menu antarface dua yaitu quiz asmaul husna. Dibagian ini siswa akan diajak secara interaktif untuk mempraktekan apa yang sudah dihafal pada sesi satu dan apabila mereka salah menjawab maka akan muncul jawaban peringatan bahwa jawaban mereka salah sehingga harus diperbaiki.

Model antarface 3 verifikasi jawaban benar dan salah

Ketiga fitur diatas, terkesan sederhana namun membuat pembelajaran jadi menarik dan tidak membosankan. Siswa dan guru akan terlibat aktif dalam pembelajaran dan akan menghindari pelajaran satu arah yang didominasi oleh guru. Diharapkan, aplikasi asmaul husna ini meningkatkan pemahaman siswa kelas dua SD terhadap pemahaman materi Asmaul husna.

Daftar Pustaka

Arsyad. Azhar, Media Pembelajaran Cet. 14, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2011.

Dale, Edgar. Audio-visual methods in teaching. New York : Dryden Press. 1964

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image