Mengenal Lebih Jauh Sastra Propoganda pada Tahun 1942-1945

Image
Rufaida khairunnisa
Sastra | Thursday, 23 Jun 2022, 08:58 WIB

astra yang berpropaganda adalah sastra yang dikerjakan dengan sadar untuk mengabdi pada kepentingan tertentu, entah itu kepentingan individu (sastrawan itu sendiri atau orang lain) atau kepentingan kolektif, seperti yang sastra yang dimanifestasikan oleh sastrawan Lekra.

Karya sastra propaganda pada masa pendudukan Jepang di Jakarta 1942-1945 beserta reaksi masyarakat Jakarta atas penciptaan karya sastra propaganda tersebut. karya sastra dipilih sebagai salah satu media intensif untuk menanamkan propaganda di Jakarta. Propaganda tersebut tidak hanya diciptakan oleh pihak Jepang, tetapi juga tokoh nasionalis pribumi. Propaganda yang diciptakan oleh pihak Jepang lebih kepada cita-cita pembangunan Asia Timur Raya, sedangkan propaganda oleh tokoh nasionalis pribumi lebih kepada semangat nasinalisme untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Perbedaan pandangan tersebut secara tidak langsung mampu membentuk pola pikir masyarakat Jakarta pada masa itu. Reaksi positif ditunjukkan masyarakat Jakarta dalam bentuk keikutsertaan dalam berbagai sayembara kesastraan yang diadakan pemerintah.

Selain itu respon positif ditunjukkan pada setiap pertunjukan sandiwara oleh kelompok-kelompok sandiwara pemerintah. Sebagian besar masyarakat percaya atas berbagai propaganda pemerintah. Namun tidak sedikit pula yang meragukan berbagai janji dan propaganda yang disuarakan. Ketidakpercayan ini timbul akibat tidak adanya kesesuaian janji dengan kenyataan yang ada. Kondisi ini mendorong terciptanya karya sastra kontra propaganda sebagai ungkapan kekecewaan masyarakat atas ketidaksesuaian tersebut. Namun pada kenyataannya karya sastra kontra propaganda banyak terbit di akhir masa kekuasaan Jepang hingga masa-masa awal kemerdekaan Indonesia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image