Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Tengah Covid-19

Eduaksi | Wednesday, 27 Oct 2021, 12:30 WIB

Mengajak masyarakat Indonesia untuk mengamalkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di tengah-tengah wabah covid-19 ini, menyadarkan masyarakat Indonesia untuk selalu mengaplikasikan nilai Pancasila dimanapun berada, memberikan hal-hal baik untuk Negara Indonesia dan masyarakat Indonesia dengan mengamalkan dan mengaplikasikan Pancasila didalam kehidupan kita yang berada di tengah wabah Covid-19 ini.

Detik-detik ini berbagai konflik yang terjadi dibangsa kita, disebabkan karena efek dari pandemi Covid-19. Saat ini 215 Negara sedang berjuang untuk melewati masa pandemi ini termasuk Indonesia, tercatat sejak tanggal 1 Maret 2020 hingga saat ini Indonesia benar-benar tengah menangis, merintih, bahkan menjerit karena dari efek wabah Covid-19 yang tengah kita rasakan bersama. Bukankah Corona telah membawa kita kepedihan dan kesedihan, bukankah Corona telah memakan jiwa manusia menjadi korban, bukankah Corona telah menelan banyak harta dan menambah kemiskinan, bahkan Corona merubah peradaban dunia. Lalu timbul pertanyaan, apa yang harus kita lakukan sebagai insan elemen Bangsa untuk membantu melewati masa pandemi ini?

Sebagai jawabannya:

1. Pengimplementasian sila yang pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa

Dapat kita aplikasikan dengan cara Beribadah dirumah menjalankan kewajiban beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan kewajiban bagi setiap insan namun bukan perihal dimana kita beribadah namun tentang bagaimana hati dan niat kita sesuai dengan fatwa MUI.

2. Pengimplementasian sila yang kedua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab

Dimasa pandemi ini banyak sekali masyarakat di sekeliling kita yang membutuhkan uluran tangan kebaikan kita,oleh karena itu gotong royong, bahu membahu, saling berbagi, dapat membantu orang-orang disekitar kita untuk melewati masa krisis ekonomi mereka.

3. Pengimplementasian sila yang ketiga yaitu Persatuan Indonesia

Dengan bersatu kita pasti mampu,oleh karena itu Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh. Samakan langkah kita, satukan persepsi kita untuk mematuhi segala protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

4. Pengimplementasian sila yang keempar yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Setiap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah telah dipikirkan secara matang,oleh karena itu sebagai masyarakat yang baik mari kita bersama-sama mematuhi segalanya.

5. Pengimplementasian sila yang kelima yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban untuk itu bagaimana kita bisa menempatkan antara hak dan kewajiban itu, saat ini kewajiban setiap warga masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan seperti mengenakan masker saat keluar kemanapun dan dimanapun.

Kesimpulan

Kita dapat simpulkan untuk melewati pandemi Covid-19 ini dibutuhkan kebersamaan dan persatuan kerja sama dari kita, untuk itu sadarkan diri kita menjadi lebih baik menerapkan hidup sehat dan mematuhi segala protokol yang ditetapkan oleh pemerintah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image