Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Faisal

KEBIJAKAN EKONOMI DALAM PEMBANGUNAN

Politik | Wednesday, 22 Jun 2022, 12:34 WIB

AHMAD FAISAL, 20210110200007

ADMINISTRASI PEMBANGUNAN, FISIP UMJ

Perekonomian harus dikembangkan berlandaskan prinsip demokrasi ekonomi dan persaingan sehat dengan memperhatikan nilai-niai keadilan serta kepentingan nasional (Sumodiningrat 1999). Percepatan pembangunan dan pertumbuhan wilayah yang strategis dan cepat tumbuh didorong sehingga dapat mengembangkan wilayah-wilayah tertinggal di sekitarnya dalam suatu sistem wilayah pengembangan ekonomi yang sinergis.

Sektor keuangan juga perlu di kembangkan dan harus selalu dalam pengawasan karena di sektor keuangan ini memiliki kemampuan di dalam menjaga kestabilitas ekonomi di suatu pembangunan dan membiayai tujuan pertumbuhan ekonomi.

Investasi juga berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi pembangunan, semakin mudah proses investasi, maka akan semakin banyak pula investasi yang bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi. Investasi bisa memperbesar kapasitas produksi ekonomi dengan cara mengangkat stok modal. Sebagian ahli ekonomi memandang bahwa pembentukan investasi merupakan faktor penting yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi disuatu negara. Ketika seseorang pengusaha atau pemerintah melakukan investasi, maka sejumlah modal yang ditanam atau di keluarkan, sehingga menghasilkan barang dan jasa dimasa yang akan datang.

Pada masa Orde Lama, pemerintahan Soekarno kebijakan ekonomi pembangunan masih sangat fluktuatif, diganggu oleh isu-isu seperti tidak menumbuhkan gejolak politik dan sistem pemerintahan yang tidak memadai mempengaruhi proses pembuatan kebijakan.

Pada masa Orde Baru, pemerintah mampu menghadirkan stabilitas politik untuk mendukung stabilitas kebijakan ekonomi mereka diarahkan pada pertumbuhan ekonomi.

Pada masa Reformasi proses pembangunan nasional sudah demokratis dan telah mengambil alih fungsi pemerintah daerah untuk melaksanakan peran serta warga setempat. Seiring dengan potensi otonomi daerah, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat pembangunan negara dan telah menjamin sistem demokrasi kerakyatan.

ARAH KEBIJAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN

Pada masa yang akan datang ekonomi diarahkan pada pencapaian sasaran-sasaran pokok yang merupakan fondasi utama perekonomian bangsa. Pada sektor pangan dapat dipertahankan pada tingkat aman dan dalam kualitas gizi yang memadai serta tersedianya instrumen jaminan pangan untuk tingkat rumah.

Peningkatan efisiensi, modernisasi, dan nilai tambah kegiatan primer terutama sektor pertanian dalam arti luas dan pertambangan didorong agar mampu bersaing di pasar lokal dan internasional. Daya saing global perekonomian ditingkatkan dengan mengembangkan pola jaringan rumpun industri sebagai fondasinya, berdasarkan 3 prinsip dasar

· Pengembangan rantai nilai tambah dan inovasi yang utamanya adalah pilihan terhadap arah pola pengembangan yang ditetapkan.

· Penguatan struktur rumpun industri dengan membangun keterkaitan antarindustri dan antara industri dengan setiap aktivitas ekonomi terkait

· Pembangunan fondasi ekonomi mikro agar terwujud lingkungan usaha yang kondusif.

sumber:

https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/pertumbuhan-ekonomi-di-indonesia

https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/Al-tsaman/article/download/504/355

https://journal.trunojoyo.ac.id/mediatrend/article/download/1713/1413

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image