Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Della Mawardah

PELATIHAN JURNALIS KAMPUS DI ERA DIGITAL

Sastra | Tuesday, 21 Jun 2022, 11:08 WIB
Photo by Della mawardah

Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang (Sasindo Unpam) akan mengadakan pelatihan jurnalis kampus dengan judul “ Menjadi Jurnalis Kampus di Era Digital ” pada hari Rabu, 8 Juni 2022 Pukul 14.00 – 15.30 dengan tema “ Teknik dan praktik menulis reporatase ”. Kemudian pada hari Rabu, 15 Juni 2022 Pukul 14.00 – 15.30 dengan tema “ Teknik dan praktik menulis feature ”.

Pelatihan ini akan digelar di lantai 5 gedung Unpam Viktor Jl. Puspitek Raya No 10, Serpong, Tangerang Selatan. Kegiatan jurnalis kampus ini mempunya ketua pelaksana yaitu pengurus Hima Sasindo dengan pembina Deni Darmawan, Dwi Septiana dan Turnya, serta memiliki penasehat yaitu Misbah Priagung Nursalim. Acara pelatihan jurnalistik kampus tersebut diadakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang kepenulisan jurnalistik.

Kegiatan pelatihan jurnalis kampus yang diikuti oleh mahasiswa aktif, untuk setiap kelas wajib mengirimkan perwakilannya dan peserta dibatasi hanya 20 mahasiswa untuk keseluruhan, adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti kegiatan pelatihan harus mahasiswa aktif Prodi Sastra Indonesia, mempunyai minat tinggi terhadap jurnalistik, mengisi form pendaftaran terlebih dahulu, serta bersedia untuk mengikuti peatihan dari awal sampai akhir.

Acara pelatihan ini diawali dengan penyampaian nasehat dan arahan oleh Kaprodi Sastra Indonesia Bapak Misbah Priagung Nursalim kepada para mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan jurnalis kampus tersebut. Dilanjutkan penyampaian materi oleh Bapak Deni Darmawan terkait kegiatan jurnalis, mulai dari bagaimana cara memahami mencari, mengumpulkan, menulis, mengedit dan menyajikan berita untuk menjadi seorang jurnalis.

Kemudian Bapak Deni Darmawan melanjutkan mengaplikasikan teori jurnalistik yang sudah dipelajari sebelumnya dan menyampaikan teknik menulis reportase dan feature ketika meliput dilapangan. Bapak Deni darmawan juga menyampaikan tahap – tahap membuat reportase yaitu, jurnalis harus wawancara narasumber terlebih dahulu, kemudia observasi dan mengumpulkan riset data serta memberikan contoh meliput dan mengembangkan berita secara jelas, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada para peserta pelatihan jurnalis kampus.

Acara berikutnya setelah mendengarkan arahan dari dosen dan pembina, mahasiswa pun terjun langsung ke lapangan guna meliput kegiatan dan menerbitkannya di media massa, kemudian bagi mahasiswa pelatihan jurnalistik kampus yang sudah menerbitkan hasil liputannya ke media massa maka akan mendapatkan sertifikat yang akan diserahkan oleh Bapak Deni Darmawan, sebaliknya jika peserta yang tidak mengikuti kegiatan keseluruhan, maka dinyatakan gugur dan tidak mendapatkan sertifikat.

Kegiatan ini menjadi langkah kongkrit mahasiswa Sasindo agar bisa memahami kaidah jurnalistik sehingga langsung meliput ke lapangan dan menerbitkan ke berbagai media massa. Semakin banyak publikasi ke media massa maka akan semakin tahu kegiatan kampus dan terciptanya image positif dan opini yang baik kepada masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image