9 Objek Wisata Alam di Cirebon untuk Liburan Bareng Keluarga

Image
Ruqyah Kuningan
Wisata | Tuesday, 21 Jun 2022, 10:54 WIB

Retizen-Cirebon yang berada di Jawa Barat letaknya berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Julukan kota ini di antaranya adalah kota wali kota udang, dan juga kota petis. Selain terkenal memiliki wisata sejarah, Kota Cirebon juga memiliki potensi lain, yaitu wisata alam.

Nah, untuk kamu yang penasaran sama wisata alam di Cirebon, berikut ini tempat wisata alam di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi.

1. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong merupakan salah satu destinasi wisata alam di Cirebon yang memiliki pemandangan malam yang memesona. Tempat wisata ini adalah lokasi nongkrong yang populer di kalangan anak muda Cirebon dan sekitarnya.

Pengujung bisa menikmati indahnya pemandangan Cirebon di malam hari dari kawasan Bukit Gronggong. Mereka bisa duduk di bangku yang berada di ketinggian sambil menikmati minuman hangat ditemani sejuknya cuaca perbukitan.

Saat ini di Bukit Gronggong sudah banyak ditemui restoran dan penginapan yang menyajikan pemandangan perbukitan yang indah. Jadi, ketika pergi liburan dengan keluarga dan sahabat akan terasa semakin menyenangkan.

Untuk menikmati Bukit Gronggong di daerah Patapan, Beber dengan pemandangan malamnya, pengunjung akan dikenakan biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk mobil.

Alamat : Patapan, Beber, CirebonHTM : Rp5.000 per orang, biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan, Rp 3.000- Rp 5.000 untuk mobilJam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)Telepon: 0821-5189-36692.

2. Telaga Remis

Tempat wisata alam di Cirebon yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah Telaga Remis. Tempat ini menawarkan pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremai yang menyegarkan untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Telaga Remis yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Cirebon, yaitu di daerah Kaduela, Kuningan, konon dahulunya adalah tempat pertapaan Raja Siliwangi. Nama Dalam bahasa Sunda remis berarti embun asalnya dari cerita Prabu Siliwangi.

Saat bertapa, Prabu Siliwangi menjadikan air embut sebagai sumber air minumnya karena daerah ini dulu terkenal tandus. Kemudian Sang Prabu pun membuang sisa embun yang diminumnya sambil berdoa semoga daerah ini menjadi telaga yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Doa Prabu Siliwangi ternyata menjadi kenyataan. Sekarang ini, Telaga Remis sudah menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan selain menjadi sumber mata air bagi warga sekitar. Di kawasan yang mempunyai seluas sekitar 3 hektar ini, pengunjung bisa menjelajahi kawasan hutan.

Di hutan ini tumbuh ratusan jenis tumbuhan di antaranya pohon sonokeling, malaka, dan kosambi. Telaga Remis juga memiliki beberapa fasilitas penunjang di antaranya kamar mandi, camping ground, gazebo, warung, dan lahan parkir.

Alamat : Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa BaratHTM : Rp7.500Jam Buka : 09.00-16.00Telepon: (0232) 88813893.

3. Pantai Kejawanan

Jika ingin berlibur ke pantai di daerah Cirebon, salah satu pilihannya adalah Pantai Kejawanan. Objek wisata alam ini tempat yang direkomendasikan untuk berburu pemandangan matahari terbenam yang eksotis. Panorama alam di sekitar pantai ini cukup memukau membuat pengunjugn menjadi rileks.

Pantai Kejawanan memiliki latar Gunung Ciremai sehingga membuat momen liburan semakin berkesan. Pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayang yang sedang bersandar bila belum puas dengan jalan-jalan di sekitar bibir pantai. Tarif sewa perahunya cukup terjangkau.

Dengan naik perahu, pengunjung akan dibawa berkeliling pantai untuk menikmati sensasi liburan yang dan lebih menantang. Agar liburan di Cirebon semakin lengkap, jangan lewatkan untuk mengabadikan semua momen liburan ketika berada di Pantai Kejawanan.

4. Danau setupatok

Kaya akan wisata alam, Cirebon mempunyai beberapa tempat wisata yang memesona, seperti air terjun, danau, waduk atau situ, sampai situs bersejarah yang memiliki legenda. Adanya mitos atau legenda tersebut juga dipercayai oleh masyarakat Jawa Barat.

Danau Setu Patok merupakan satu destinasi wisata alam di Cirebon yang mengandung legenda. Karena mempunyai misteri yang dihubungkan dengan penunggu situ ini, Danau Setu Patok bahkan sempat terkenal dalam acara Dua Dunia. Konon katanya di tempat ini ada penunggu ber wujud seperti siluman.

Tak hanya legendanya saja, pemandangannya yang indah membuat para wisatawan berdatangan ke danau ini. Di danau ini terdapat beberapa fasilitas pendukung, seperti area parkir, kamar mandi, tempat beribadah, warung makan, homestay, guest house, camping area, outbound, dan penyewaan perahu.

Alamat : Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kota CirebonJam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

5. Situ Sedong

Situ Sedong adalah sebuah waduk buatan yang terletak di daerah Kecamatan Sedong. Kedalaman situ ini sekitar5 sampai 10 meter dan luasnya mencapai 150 hektar. Tujuan pembuatan waduk ini adalah untuk menampung air hujan dan sungai yang menjadi sumber pengairan daerah pertanian di sekitar Sedong.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai irigasi, penduduk setempat menggunakan waduk ini sebagai tempat untuk memancing dan mencari ikan di sekitar Setu Sedong. Selain mempunyai panorama alam yang memesona, tempat ini juga punya beberapa fasilitas, seperti area parkir, MCK, musala, dan penginapan

Alamat : Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten CirebonHTM : –Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

6. Telaga Nilam

Telaga ini merupakan salah satu objek wisata alam di Cirebon yang banyak disinggahi oleh para wisatawan saat liburan. Tak hanya memiliki suasana asri nan sejuk, Telaga Nilam juga mempunyai pemandangan bawah airnya yang memikat.

Memiliki air yang jernih dilengkapi dengan batu alami dan tanaman air yang tampak seperti terumbu karang serta rumput laut membuat banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke tempat ini. Tujuannya yaitu untuk menikmati kesegaran air dan menikmati pemandangan alamnya yang indah.

Di telaga ini pengunjung dapat berenang. Tersedia dua kolam yang bisa digunakan untuk berenang, ada kolam dalam dan kolam dangkal. Selain itu, tempat ini juga mempunyai fasilitas seperti area parkir, gazebo, warung makan, tempat beribadah dan 2 kolam yang bisa digunakan untuk berenang,

Alamat : Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa BaratHTM : Rp5.000Jam Buka : 08.00-17.007.

7. Wanawisata Ciwaringin

Jika ingin menyaksikan pemandangan hijau di kawasan Kota Cirebon, wisatawan bisa datang ke daerah Wanawisata Ciwaringin. Tempat ini merupakan oasis bagi warga perkotaan Cirebon menginginkan alam yang hijau. Wanawisata Ciwaringin memiliki pemandangan hutan yang hijau sekaligus danau.

Danau tersebut bisa juga dijadikan tempat untuk memancing. Yang turut menambah daya tarik bagi tempat wisata alam di Cirebon ini adalah pemandangan gunung kapur yang gagah. Untuk para pencinta tantangan, di kawasan Wanawisata Ciwaringin juga terdapat arena motor cross.

Untuk para pengunjung yang datang, tempat ini menyedikan beberapa fasilitas pendukung di antaranya, lahan parkir, kamar mandi, ruang ibadah, serta penginapan agar kegiatan wisata para pengunjung tetap bisa nyaman.

Alamat : Desa Ciwaringin, CirebonHTM : –Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

8. Hutan Plangon

Cirebon memiliki tempat wisata unik juga keramat untuk warga Cirebon dan sekitarnya yang bernama Hutan Plangon. Menurut kabar, hutan ini adalah tempat menyepi bagi dua pangeran dari keraton Cirebon. Ada juga yang mengatakan bahwa kedua pangeran dimakamkan di Hutan Plangon.

Maka tak heran jika para pengunjung yang berdatangan ke tempat ini juga bertujuan untuk berziarah ke makam kedua sesepuh Cirebon tersebut. Kawasan hutan ini hidup ratusan ekor kera serta aneka ragam flora. Letak kawasan hutan ini kira-kira 3 kilometer dari pusat kota ini.

Wisatawan yang berkunjung ke hutan ini bisa bercengkerama dengan kera-kera yang ada di sini atau bisa juga memberi makanan. Harap diingat kalau kebanyakan kera yang berada di Hutan Plangon agresif. Mereka kurang bersahabat pada para pengunjung yang datang.

Pastikan untuk tidak mengganggu para kera ini dan tetap berhati-hati. Lokasi Hutan Monyet Plangon berada di Jalan Bumi Babakan Indah, Cirebon. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat ini dari pusat kota sekitar 45 menit.

9. Desa Wisata Cikalahang

Desa wisata Cikalahang merupakan lokasi berlibur keluarga bagi warga Cirebon dan sekitarnya. Di sini terkenal sebagai spot untuk menikmati ikan bakar yang memiliki pemandangan alam khas pegunungan. Bahkan pengunjung bisa menikmati ikan tangkapannya sendiri dengan cara diolah jadi santapan lezat.

Walaupun tempat wisata alam di Cirebon dikenal sebagai tempat wisata kuliner dan memancing, Desa Wisata Cikalahang juga memiliki sejumlah daya tarik wisata untuk para pengunjung. Untuk menyemarakan liburan, tersedia pondokan, perahu wisata, serta kolam renang.

Alamat : Cikalahang, Dukupuntang, CirebonHTM : –Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)Telepon : (0231) 8344659

Jadi kalau berkunjung ke Cirebon, wisatawan, selain berburu kuliner khasnya serta berwisata religi, bisa juga menikmati keindahan alam. Wisata alam di Cirebon juga layak untuk dijadikan pilihan saat liburan.

Referensi : Tagar Berita

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Informasi Tempat Ruqyah di Kuningan Telp: 083120122062 Dedi Natadiningrat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image