Meravi CS Academy dibuka di Jogja, Sekolah Customer Service Online untuk Unicorn dan Decacorn

Image
syncore subandi
Bisnis | Saturday, 23 Oct 2021, 20:27 WIB

Lima tahun terakhir pertumbuhan start-up-start up teknologi di Indonesia mengalami lonjakan yang luar biasa. Perusahaan-perusahaan teknologi ini berlomba-lomba mencari pendanaan investor luar negeri untuk memperbesar dorongan melakukan ekspansi bisnis. Pasca mergernya Gojek dan Tokopedia pada akhir Mei 2021 lalu, tidak berapa lama kemudian lompatan perusahaan teknologi Indonesia lainnya juga menyusul. Bukalapak, perusahaan teknologi sekaligus marketplace yang didirikan Ahmad Dzaky beberapa tahun silam Agustus 2021 lalu mencatatkan diri untuk pertama kalinya di Bursa Efek Indonesia alias IPO (initial public offering). Kabar ini kemudian disusul Ajaib Sekuritas sebagai perusahaan teknologi yang berumur muda memperoleh pendanaan Seri B dari investor senilai 2,2 triliun. Perolehan ini sekaligus menempatkan Ajaib sebagai satu-satunya financial tehcnology terbesar di Asia Tenggara sekaligus unicorn ke-7 yang dimiliki Indonesia.

Pertumbuhan-pertumbuhan dan lompatan ini cukup menggembirakan dan memberikan trend baru bahwa dalam lima sampai dengan sepuluh tahun mendatang ekonomi Indonesia akan disumbang lebih banyak dari sektor industri digital dan teknologi digital. Pertumbuhan ini akan memberikan ruang-ruang ekonomi baru bagi masyarakat kelas menengah bawah untuk menjadi bagian dari ekosistem digital, serta membuka seluas-luasanya lapangan kerja serta kesempatan kerja di bidang digital atau online. Salah satu peluang kerja di ekosistem digital atau online yang masih belum disentuh dengan baik adalah customer service online. Tumbuhnya perusahaan teknologi akan membuka peluang naiknya permintaan customer service online yang mendukung perkembangan perusahaan. Perusahaan teknologi unicorn dan decacorn sendiri akan lebih memprioritaskan penggunaan CS Online ketimbang CS frontline fisik yang memerlukan tambahan ruang dan bangunan untuk bertemu dengan konsumen sehingga terkesan tidak efektif dan efesien. Dengan memaksimalkan penggunaan CS Online yang telah terlatih, handal dan mampu berkomunikasi dengan konsumen secara digital dan online, maka start-up teknologi berbentuk unicorn dan decacorn mampu memangkas pengeluaran, memaksimalkan investasi di bidang pelayanan konsumen serta memberikan layanan terbaik di hadapan konsumen secara lebih prima.

Sayangnya sekolah khusus CS Online ini belum ada sama sekali di Indonesia. Start-up unicorn dan decacorn seringkali merekrut sumber daya manusia baru, kemudian melakukan training dan upgrading kepada pegawai dengan memulainya dari nol sehingga akan memakan banyak waktu serta membuat perusahaan berinvestasi lebih banyak di sektor pelayanannya. Maka daripada itu, Meravi-Syncore Group perusahaan teknologi di Yogyakarta meluncurkan Meravi CS Academy sebagai satu-satunya sekolah CS Online pertama di Yogyakarta dan di Indonesia. Meravi CS Academy akan melatih SDM-SDM handal untuk dididik menjadi CS online yang mampu melayani konsumen dengan cepat, mengedepankan kepuasan pelanggan serta mampu berpikir analythical thinking secara efektif-efisien dalam memecahkan masalah pelanggan. "Kami percaya dalam beberapa tahun mendatang start-up teknologi unicorn dan decacorn akan membutuhkan lebih banyak lagi CS online-CS online yang handal," tegas Niza Wibyana Tito, Direktur Meravi-Syncore Group saat membuka acara.

Meravi CS Academy selain melatih dan membekali peserta dengan keterampilan dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri digital juga menerima pelatihan inhouse (upgrading) dari perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia. "Saat ini kami telah bekerjasama dengan perusahaan teknologi yang baru saja memperoleh pendanaan Seri B, bank digital, perbankan dan berkomitmen menyalurkan peserta-peserta Meravi CS Academy ke perusahaan teknologi rekanan kami," sambut Diana Arta, Direktur Operasional dan Kemitraan Meravi saat memberikan sambutan.

Pada tahap pertama, Meravi CS Academy membuka kesempatan pelatihan gratis bagi peserta-peserta terpilih untuk dididik dan dibina di Yogyakarta. Mereka akan mendapatkan pelatihan CS online terstruktur, mendapat sertifikat serta mendapat pendampingan dan penyaluran bekerja di perusahaan start-up teknologi unicorn dan decacorn. Bagi peserta yang berminat bisa mendaftar melalui: https://csacademy.bpo.meravi.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Generasi Milenial Melek Ziswaf: Bangkitkan Keterpurukkan dengan Industri Digital Syariah

Image

Pinjaman Online ; Sebuah Gaya Hidup Untuk Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan.

Image

Menyambung Hidup dari Pinjol ke Pinjol ; Realita dan Problematika.

Image

Millenial, Arsitek Masa Depan Ekonomi Syariah

Image

Waspadai Varian Omnicron, Sedia 'Payung Sebelum Hujan'

Image

Polisi Tangkap Buronan Kasus Mutilasi di Bekasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image