Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nilam sari

Prodi Sastra Sasindo Universitas Pamulang Gelar Pelatihan Jurnalis Kampus

Sastra | Saturday, 18 Jun 2022, 19:22 WIB

Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamukang (Sasindo Unpam) akan mengadakan pelatihan jurnalis kampus dengan judul "Jurnalis Kampus Mahasiswa Sasindo Angkatan Pertama" yang akan digelar di lantai 5 gedung Unpam Viktor Jl. Puspitek Raya No 10, Serpong, Tangerang Selatan pada bulan Juni 2022. Kegiatan ini menjadi langkah kongkrit mahasiswa Sasindo agar bisa memahami kaidah jurnalistik sehingga langsung meliput ke lapangan dan menerbitkan ke berbagai media massa.

Begitu banyak kegiatan di Universitas Pamulang, baik seminar, workshop, pelatihan dan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) belum dituliskan dengan menggunakan teknis reportase yang sesuai kaidah jurnalistik.

Deni Darmawan, dosen dan penulis buku terus berupaya untuk menginisiasi agar pelatihan ini bisa terwujud. Lahirnya kegiatan jurnalis kampus berawal dari keprihatinannya terhadap mahasiswa yang minim praktik tapi hanya dijejali teori. Kegiatan ini akan menjadi hal yang bermanfaat dan bekal mahasiswa ketika lulus nanti.

Dalam hal ini dibutuhkan jurnalis kampus yang mempunyai kemampuan dalam mencari data, mengumpulkan, menuliskan dan menyajikan berita dengan kaidah jurnalistik. Jika jurnalis kampus ini bisa diberdayakan dengan baik, maka akan menguntungkan semua pihak,

Dari kegiatan kampus, jika disajikan dengan reportase yang baik, tentu setiap berita akan mudah dan enak dibaca. Kegiatan mampu dikemas dengan sedemikian baik. Semua informasinya tentu akan meningkatkan akreditasi kampus juga.Namun kenyataannya, keberadaan jurnalis kampus masih jauh dari harapan. Setiap prodi belum mampu membentuk jurnalis kampus. Kerap sekali, yang menulis adalah mereka yang belum tahu, bagaimana teknik meliput dan menyajikan berita dengan baik.

Prodi Sastra Indonesia diharapkan menjadi garda terdepan dalam memberdayakan jurnalis kampus. Mahasiswa tidak cukup hanya dijejali teori dan konsep, tapi mereka harus diberikan wadah dan praktik untuk bisa terjun ke lapangan untuk meliput situasi dan kondisi yang sebenarnya.Dibutuhkan kolaborasi antara kaprodi, dosen, himpunan mahasiswa dan mahasiswa agar kegiatan jurnalis kampus ini bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image