Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Loker Pintar

Cara Membuat CV yang Menarik

Eduaksi | Saturday, 18 Jun 2022, 15:21 WIB

Bagi Anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan atau baru saja lulus kuliah, mungkin Anda bingung untuk membuat CV yang menarik. Sebelum anda membuat CV pastikan anda mengetahui pekerjaan apa yang ingin anda lamar, dengan mengetahui posisi dan posisi apa yang anda incar maka akan lebih mudah untuk membuat CV.

Selain itu, carilah informasi mengenai perusahaan yang Anda lamar, pahami visi dan misi perusahaan, sejarah perkembangan perusahaan, dan bagaimana pelaksanaan pekerjaan di perusahaan tersebut. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan CV yang akan kamu buat.

Anda bisa melihat contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate disini.

Dari poin-poin penting pembuatan CV, ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Data pribadi: Informasi yang harus ada dalam data pribadi Anda adalah nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, agama, nomor telepon, dan email Anda.

Riwayat pendidikan: Secara umum, perusahaan akan melihat riwayat pendidikan Anda mulai dari sekolah dasar hingga yang terbaru. Isi informasi di mana Anda bersekolah dan dari tahun berapa hingga tahun berapa.

Prestasi: Jika Anda adalah orang yang suka mengikuti kompetisi atau organisasi dan memiliki beberapa prestasi, Anda dapat mencantumkannya di CV Anda secara singkat dan jelas.

Keahlian: Penting bagi Anda untuk memberikan informasi tentang kemampuan Anda, yang akan menjadi pertimbangan HRD saat melihat CV Anda.

Riwayat pekerjaan: Salah satu hal yang menarik perhatian HRD untuk membaca CV Anda lebih jauh adalah pengalaman kerja yang Anda miliki, misalnya Anda adalah seorang PKL (Praktek Kerja Lapangan) selama masa sekolah Anda. Di departemen apa Anda bekerja dan berapa lama Anda bekerja.

Dari informasi di atas Anda dapat memilih template yang tepat sesuai dengan perusahaan yang Anda lamar. Anda bisa membuatnya dengan berbagai warna dan layout yang bisa membuat CV Anda terlihat menarik. Anda dapat melihat beberapa contoh CV yang menarik dan menerapkannya pada CV yang akan Anda buat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image