Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

5 Cara Merawat Kopling Motor Agar Selalu Awet

Eduaksi | Friday, 17 Jun 2022, 20:38 WIB

Motor kopling, tidak seperti motor otomatis, mungkin bukan tipe motor yang digunakan kebanyakan orang. Motor kopling lebih sering digunakan oleh para pecinta motor atau istilahnya “motorcycle boy”.

Namun, kebanyakan orang masih belum memahami cara merawat motor kopling yang benar. Perawatan motor kopling bisa menjadi sedikit rumit, tetapi sebaiknya berhati-hati dalam hal perawatan. yuk simak ulasan dari gpsku dibawah ini.

1. Ganti oli secara teratur

Ini mungkin persyaratan terpenting untuk menjaga motor kopling mesin dalam kondisi prima. Apalagi pada sepeda motor yang biasanya menempuh perjalanan jauh, oli di mesin menjadi semakin keruh dan kental, yang akhirnya menyebabkan kerusakan mesin. Idealnya, penggantian oli harus dilakukan setiap 2000 kilometer.

2. Selalu periksa kampas kopling

Lapisan kopling Pengguna wajib memeriksa kampas kopling. Layar bermasalah memang menyebabkan gangguan selama transmisi dan memengaruhi kecepatan motor. Jika aus atau terkikis, jangan ragu lagi dan segera ganti dengan kanvas baru.

3. Membersihkan kabel kopling secara menyeluruh

Jika kopling terasa berat, material di dalam kabel menyebabkan kabel kopling menjadi kering atau kotor. Untuk mengatasinya, oleskan pelumas atau penghilang karat lainnya ke motor di kabel. Isi cairan dari tuas di bagian penanganan kopling.

4. Jangan Malas Saat Memindahkan Gigi Saat Mengemudi

Karena kontrol manual, beberapa pengemudi mungkin sedikit malas saat memindahkan gigi, misalnya di lampu merah. Jika transmisi tidak turun saat berhenti, mesin mungkin membutuhkan lebih banyak energi saat Anda pertama kali membuka throttle. Kondisi ini dapat menyebabkan cowling mesin cepat aus.

5 Waspadalah terhadap bahan bakar

Saat memilih bahan bakar untuk motor kopling Anda, berhati-hatilah dalam memilih bahan bakar. Jenis sepeda motor tertentu biasanya membutuhkan bahan bakar tertentu. Penggunaan bahan bakar yang sembarangan berisiko membuat mesin menjadi cepat panas. Bahan bakar yang cocok untuk kendaraan roda dua dengan kopling adalah Pertamax Plus.

Sebenarnya beberapa tips di atas bisa dilakukan oleh pemilik motor kopling sendiri. Namun, jika Anda khawatir melakukan perawatan sendiri, bawalah sepeda Anda ke bengkel sebulan sekali dan tanyakan pada ahlinya. pasang juga gps motor agar motor anda selalu aman dan bisa dipantau secara realtime.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image