Mengenal Fintech: Pengertian, Landasan Hukum dan Berbagai jenisnya

Image
olivia florendra
Teknologi | Thursday, 21 Oct 2021, 22:05 WIB

Fintech merupakan inovasi dalam layanan keuangan yang memanfaatkan teknologi, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dikenal juga sebagai Fintech atau Financial Technology, inovasi di bidang jasa keuangan bermunculan seiring dengan berkembangnya dunia digital.

Produk Fintech biasanya berupa sistem yang dibangun untuk menerapkan mekanisme transaksi keuangan tertentu.

Pengertian Fintech sendiri semakin populer seiring dengan pesatnya perkembangan start-up dan start-up. Ada beberapa startup yang menawarkan layanan keuangan seperti LinkAja dan Flip.

Perkembangan dunia FinTech Indonesia menunjukkan tren positif. Pada tahun 2007, pengguna FinTech hanya menyumbang sekitar 7% dari semua layanan keuangan, menurut data Bank Dunia. Jumlah ini naik menjadi 78 persen setelah 10 tahun.

Bank Dunia menyebutkan ada sekitar 140 perusahaan fintech di Indonesia pada tahun 2017. Pada tahun yang sama, nilai transaksi FinTech diperkirakan mencapai Rp 202,77 triliun.

Pengaturan tentang Layanan FinTech diformalkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Peraturan tersebut menjelaskan bahwa FinTech dapat dianggap sebagai penyedia jasa keuangan jika memenuhi persyaratan dalam bentuk perseroan terbatas atau koperasi. Baik perseroan terbatas maupun koperasi harus memiliki modal disetor atau modal pribadi paling sedikit Rp1 miliar pada saat pendirian. Di sisi lain, saat mengajukan izin, Anda membutuhkan aset sebesar Rp2,5 miliar.

Dari modal tersebut, maksimal pinjaman ke FinTech adalah Rp 2 miliar. Fintech baru bisa memberikan modal pinjaman setelah pengurusan izin ke OJK selesai.

Untuk referensi, ada berbagai jenis dan produk FinTech. Produk yang paling dikenal secara umum adalah sistem pembayaran digital. Menyediakan layanan berupa pembayaran semua tagihan seperti kartu kredit, pembayaran ditangguhkan, kartu kredit dan token listrik PLN.

Contoh perusahaan fintech yang menangani sistem pembayaran digital ini adalah Payfazz yang berbasis keagenan yang sudah pernah dijelaskan oleh TutorBisnis.com, yang mendukung komunitas. Selain itu, ada penyedia layanan crowdfunding atau donasi keuangan, pinjaman P2P atau pinjaman tunai.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jika engkau ingin mengenal dunia, maka membacalah. Namun, jika engkau ingin dikenal oleh dunia, maka menulislah

Download Roblox Mod Apk

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mengenal Paylater dan Hukumnya dalam Pandangan Islam

Image

Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Image

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DENGAN KEPUASAN PELANGGAN TERTINGGI DI JAKARTA

Image

Ngeri, Penyakit Akibat Penyalahgunaan Napza Semuanya Mematikan

Image

Latih Jiwa Wirausaha, MTs Negeri 6 Bantul Jual Online Produk Matsanaba

Image

MAKNA MUAMALAT PADA MAKAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image