Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

5 Tips Simpel Membangun Rumah Minimalis Modern

Info Terkini | Friday, 17 Jun 2022, 15:44 WIB

Saat kalian coba untuk mecari inspirasi rumah minimalis di google yang banyak muncul adalah gambar rumah dengan dinding putih, lantai kayu, dan furnitur yang bergaya “scandinavian” yang apik. Hal tersebut membuat rumah terlihat sangat monoton dan pemilik rumah tidak dapat mengekspresikan bagaimana jati diri mereka lewat rumah yang dimiliki.

Estetika desain minimalis beda dengan gaya hidup minimalis, dimana kesederhanaan dirumah kalian bukan berarti kalian harus melupakan warna, meninggalkan style dari diri kalian, dan juga nelepaskan semua hal yang kalian sukai.

Tulisan ini akan membantu kalian untuk mempertimbangkan definisi rumah minimalis dimana ruangan yang terasa tepat untuk kalian dan keluarga. Tidak berantakan, tidak terlalu banyak barang yang tidak diperlukan dan juga warna serta furnitur yang masih dapat merepresentasikan diri kalian.

Peter Walsh seorang penulis dan profesional organizer pernah mengatakan bahwa “Rumah anda harus menjadi penangkal stres, bukan penyebabnya”. Dalam membangun rumah minimalis tidak ada aturan khusus yang perlu diikuti, namun yang perlu diperhatikan adalah di rumah minimalis memerlukan ruang yang cukup untuk bernafas dan juga ruang yang memberikan kenyamanan untuk keluarga.

Berikut 5 tips yang akan kami bagikan untuk menjadi bahan pertimbangan kalian dalam membangun rumah minimalis!

1. Perimbangkan barang apa saja yang diperlukan untuk disimpan dirumah.

Saat kalian merapihkan ruangan, pertimbangkan berapa banyak waktu, energi, dan uang untuk merawat arang-barang yang ada dirumah. Kemudian gunakan jawaban dari pertanyaan ini untuk menentukan berapa banyak dan barang apa saja yang akan kalian simpan.

Contohnya, saat ini kalian membutuhkan waktu 15 menit untuk membersihkan dan merapihkan mainan yang ada dirumah. Jika mainan ini ditambah hal ini akan berdampak pada waktu saya. Ini adalah aturan sederhana yang nantinya akan membuat hidup kalian lebih mudah karena tidak terlalu banyak menyimpan barang dan mengetahui batasan hal yang diperlukan.

2. Memperhatikan ruang kosong

Seperti yang kita ketahui, banyak dari kita malahan ingin mengisi spot kosong yang ada dirumah. Tetapi dalam minimalsm cobalah untuk merasakan bagaimana perasaan yang terasa sangat ringan jika berada diruangan yang cukup luas, bersih, tidak berantakan, dan juga tidak banyak barang.

3. Singkirkan barang yang tidak terpakai dirumah

Tidak perlu menyortir banyak barang sekaligus, sebaiknya kalian memulai dengan barang-barang yang dirasa tidak pernahdigunakan terlebih dahulu.

4. Cobalah dekorasi rumah dengan rapi

Gaya rumah minimalis tidak selalu harus netral, kalian perlu mendekorasi rumah dengan gaya kalian sendiri namun tetap harus rapi. Seperti mengecat dinding dengan warna pilihan kalian, mengganti lampu dengan lampu yang kalian sukai, mengganti tirai, memajang bunga atau buah buahan yang segar. (Ingat, apapun yang kalian gunakan harus terasa nyaman dan tidak berantakan!)

5. Pertimbangkan barang yang kalian beli berdasarkan pikiran “berjaga-jaga”!

Hal ini adalah hal yang paling perlu diperhatikan. Membeli barang atas dasar berjaga-jaga sebenarnya bukan hal yang salah karena memang mungkin tidak ada yang tahu kedepannya barang itu akan kalian butuhkan. Namun dalam memutuskan hal itu kaian perlu mempertimbangkan dua hal:

- Untuk apa saya menggunakan ini? Jika jawaban dari pertanyaan ini tidak dapat menjelaskan secara spesifik mengapa kalian membutuhkan barang tersebut, kemungkinan besar kalian dapat hidup tanpanya.

- Saya akan menyimpan barang ini dimana? Jika kalian tahu tujuannya, seharusnya kalian akan mudah menemukan ruang yang tepat untuk barang tersebut. Misalnya kalian membeli pita cadangan untuk kerajinan anak-anak, seharusnya pita tersebut memiliki ruang dan bertempat di storage kerajinan, buka di laci atau storage acak yang berisikan benda lain.

Diatas adalah 5 tips yang sangat mudah diikuti dalam menciptakan rumah dengan kesan minimalis. Sudah ada gambaran untuk pertimbangan bagaimana memulai rumah bergaya minimalis?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image