Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Xerpihan

Cara Mudah Menghindari Plagiarisme dengan Aplikasi Parafrase

Teknologi | Thursday, 16 Jun 2022, 08:56 WIB

Dalam KBBI, plagiarisme diartikan sebagai penjiplakan atau peniruan yang melanggar hak cipta. Plagiarisme adalah tindakan pencurian gagasan atau ide orang lain yang diakui seakan-akan ide tersebut milik sendiri. Plagiarisme termasuk ke dalam tindakan kejahatan yang tidak boleh dilakukan. Bagi siapapun yang ketahuan melakukan tindakan plagiarisme, dapat dikenai sanksi, mulai dari sanksi administratif hingga sanksi pidana. Maka dari itu, sebisa mungkin kita harus menghindari tindakan plagiarisme saat membuat suatu karya tulis. Terutama untuk karya tulis yang ingin dipublikasikan, seperti jurnal ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri jika suatu karya tulis ilmiah, seperti skripsi dan jurnal, memerlukan teori pendukung untuk menguatkan hasil penelitiannya. Teori pendukung tersebut biasanya berasal dari gagasan atau pernyataan orang lain yang sudah pernah dipublikasikan dan diyakini kebenarannya oleh orang banyak.

Supaya terhindar dari tindakan plagiarisme, kita perlu mencantumkan sumber saat mengutip ide atau gagasan orang lain. Selain itu, kita juga perlu melakukan parafrase saat mengutip gagasan atau kalimat yang pernah dipublikasikan oleh orang lain. Parafrase adalah menguraikan kembali ide atau gagasan orang lain dengan menggunakan susunan kata atau kalimat baru. Perlu dicatat bahwa susunan kata yang baru tersebut tidak boleh merubah makna dari kalimat aslinya. Jadi ide atau gagasan yang ingin dikutip tidak ditulis sama persis dengan kalimat aslinya, melainkan ditulis ulang menggunakan susunan kata yang berbeda tanpa merubah maknanya.

Kabar baiknya, sekarang ini sudah ada aplikasi parafrase yang dapat membantu kita dalam membuat parafrase secara otomatis. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kita bisa membuat parafrase untuk teks yang cukup panjang dalam waktu singkat. Sebab, hanya dengan menyalin teks ke dalam aplikasi parafrase, teks tersebut akan langsung diparafrase dalam waktu singkat. Jadi, dengan menggunakan aplikasi tersebut tentunya akan membantu kita menghemat waktu dan tenaga.

Link Download: Aplikasi Parafrase Online Bahasa Indonesia

Cara menggunakan aplikasi parafrase online terbilang cukup mudah. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menekan link download di atas untuk dapat membuka aplikasi parafrase online. Namun sebelum membuka link tersebut, pastikan dahulu jika laptop atau hpmu dalam keadaan online atau tersambung internet. Setelah aplikasinya terbuka, atur bahasa yang digunakan ke dalam bahasa Indonesia atau ke dalam bahasa lainnya sesuai kebutuhanmu. Setelah itu, copy paste teks yang akan diparafrase ke dalam boks atau kotak yang telah disediakan dan tekan tombol untuk memulai proses parafrase. Tunggu beberapa menit hingga proses parafrase selesai, baru kita bisa mengunduh hasilnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image