Cara Mudah Dan Murah Traveling ke Raja Ampat

Image
Rendi Saputra
Wisata | Tuesday, 19 Oct 2021, 12:37 WIB

Raja Ampat adalah destinasi wisata Indonesia yang telah terkenal hingga ke manca negara. Para traveler sejati tentu mengidam-idamkan bisa bersantai di tempat yang eksotis ini. Tempat wisata yang terletak di Papua Barat ini adalah surga bagi traveler terutama yang menyukai diving maupun snorkeling.

Traveling ke Raja Ampat Ala Backpaker

Hampir semua orang pecinta destinasi alam ingin berkunjung ke Raja Ampat. Namun, sayangnya banyak yang mengeluhkan jika biaya Paket Tour Raja Ampat yang Sangat Mahal. Sebagian orang bahkan menganggap jika liburan ke sana jauh lebih mahal daripada liburan ke negara tetangga. Sebenarnya, ada cara jitu untuk menghemat pengeluaran saat berlibur ke pulau yang indah ini.

Caranya adalah dengan menekan biaya sehingga total pengeluaran yang dikeluarkan lebih murah. Dengan sedikit trik dan perencanaan yang matang, traveler bisa berlibur ke Raja Ampat dengan budget yang minim. Berikut ini ada beberapa tips murah untuk bisa traveling ke Papua.

1. Berburu Tiket Promo

Salah satu hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari adalah memesan penerbangan. Harga tiket penerbangan dari Jawa ke Sorong, Papua bisa dikatakan cukup mahal. Harga normal Jakarta-Sorong untuk sekali jalan bisa menghabiskan 2 juta- hingga 5 jutaan untuk sekali terbang.

Saat memesan tiket, pilihlah di luar hari weekend dan musim liburan. Sebab, harganya akan jauh lebih mahal daripada di luar hari libur. Untuk mendapatkan tiket murah, sering-seringlah memantau harga tiket via internet. Lakukan hal ini sekitar 5 bulan sebelum keberangkatan agar mendapat harga promo. Jika beruntung, tiket seharga 1,6 juta rupiah bisa didapatkan untuk sekali penerbangan. Sekalian saja membeli tiket pulang-pergi agar perjalanan lebih nyaman.

2. Pilih Penginapan Murah

Selain memesan penerbangan pulang-pergi ke Raja Ampat, biaya yang harus dihemat adalah biaya penginapan. Saat menginginkan tempat bermalam yang murah, kesampingkan untuk mendapatkan fasilitas yang mewah karena ada harga ada kualitas. Pilihlah yang nyaman dan bersih.

Harga normal penginapan di Sorong untuk permalam yaitu 400-600 ribu dengan fasilitas standar. Cara murah dan praktis adalah langsung menginap di kawasan Raja Ampat. Ada beberapa homestay yang menawarkan harga Rp 250.000 per malamnya. Homestay ini letaknya di pinggir laut, jadi setelah bangun pagi bisa langsung snorkeling di pantai.

Jika memiliki kerabat atau teman yang ada di daerah Raja Ampat, maka bisa menumpang menginap semalam dua malam. Ada lagi cara ekstrim untuk menghemat pengeluaran penginapan yaitu dengan memasang tenda di pantai.

Transportasi di wisata ini cukup menguras uang karena jarak dari tempat transportasi umum dengan wisata cukup jauh. Anda harus naik taksi atau menaiki kapal kayu yang ongkosnya tidak murah. Cara hematnya adalah berangkat ke sini bersama rombongan. Datang berlima tentu akan jauh lebih murah karena ongkos kendaraan bisa dipukul rata.

3. Hemat Pengeluaran

Berlibur ala backpacker harus memperhitungkan sesuatunya secara hemat. Belilah hal-hal yang diperlukan. Jangan menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang berguna. Seperti pengeluaran untuk makan, sebaiknya jangan terlalu boros. Pilih makanan yang mengenyangkan dan makanlah saat lapar. Kalau memungkinkan pilihlah penginapan yang ada free meals. Jika terpaksa membeli, maka tanyakan harga makanan sebelum memutuskan untuk membeli agar bisa mengira-ngira berapa dana yang harus dikeluarkan. Ini sepele tapi akan menghemat pengeluaran.

Harga penyewaan peralatan maupun transportasi di sana tidak murah. Semisal untuk sekali diving saja harga yang ditawarkan mulai Rp 550.000 hingga jutaan. Akan tetapi pemandangan laut yang akan didapat sangatlah indah. Para traveler bisa melihat keindahan terumbu karang dan spesies biota laut Raja Ampat yang elok dan indah.

4. Ikut Rombongan Lain

Jika pergi bersama rombongan, Anda mungkin akan langsung menyewa kapal untuk bisa sampai ke pulau-pulau kecil di Raja Ampat seperti Manta Point. Namun, bagi yang berlibur berdua atau solo backpacker menyewa kapal akan sangat menguras kantong karena harga sewa satu kapal sangat mahal. Jangan berkecil hati. Sebab terkadang ada penginapan yang mengadakan tur ke wisata-wisata alam di Raja Ampat. Jangan malu untuk bertanya pada pihak penginapan mengenai hal ini.

5. Bersosialisasi dengan Warga Sekitar

Beramah-tamah dengan penduduk lokal itu sangat penting. Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai Raja Ampat yang tidak didapatkan dari buku panduan maupun internet. Jika cukup beruntung, bisa saja Anda diajak menginap atau makan bersama mereka. Ini akan membuat pengeluaran lebih irit, bukan?

Saat berada di Raja Ampat, jangan lupa untuk menyisakan uang sekitar Rp.500.000 untuk membayar daerah saat memasuki kawasan ini. Harga tersebut berlaku untuk turis domestic sedangkan untuk manca negara Rp.1000.000. Perkiraan dana yang dihabiskan untuk traveling ke Raja Ampat bisa menghabiskan 6-7 juta rupiah. Sebenarnya harga tersebut bisa ditekan jika Anda menginap di tempat kerabat atau teman. Umumnya, harga normal berlibur ke Raja Ampat bisa menghabiskan belasan hingga puluhan juta. Nah, cara ini tentu jauh lebih murah, bukan?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Blogger Indonesia

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image