Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Puskeswan Pandeglang Giatkan Pelayanan Kesehatan Hewan Keliling

Eduaksi | Monday, 18 Oct 2021, 14:45 WIB

Dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat, khususnya pemilik hewan ternak kerbau dan domba di Kabupaten Pandeglang, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang menggiatkan pelayanan kesehatan hewan keliling.

Kegiatan Puskeswan keliling dilaksanakan oleh dokter hewan setiap hari Selasa dengan mengunjungi kecamatan atau desa dengan populasi ternak padat.

Baca juga : Distan Banten Monitoring Pelayanan Kesehatan Hewan di Puskeswan Pandeglang

Medik veteriner drh. Hj. Ade Nurhasanah memberikan tindakan suntik kepada domba milik warga Kadutela Desa Sinarjaya Kecamatan Mandalawangi, Selasa 12 Oktober 2021

Kami sudah menjadwalkan pada setiap hari selasa dokter hewan Puskeswan akan mendatangi pemilik hewan ternak untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan sekaligus memberikan edukasi bagaimana memelihara ternak dan menjaga kesehatan hewan ternak, ujar Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Ade Setiawan, usai melakukan Puskeswan keliling di Kampung Kadutela Desa Sinarjaya Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang, Selasa (12/10/2021)

Ade mengungkapkan, langkah yang dilakukan pihaknya dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan pemeriksaan kerbau dan domba atau kambing, yang menurutnya masih harus ditingkatkan.

Selama ini pelayanan terbanyak yang datang ke Puskeswan adalah hewan kesayangan kucing, sedangkan untuk pelayanan kesehatan hewan ternak kami berinisiatif dengan memberikan pelayanan aktif mengunjungi peternak, ungkapnya.

Dia berharap bagi peternak agar dapat memanfaatkan CallCenter Puskeswan Pandeglang untuk dikunjungi dokter hewan.

Silahkan menghubungi WhatsApp 0877-7335-7422 untuk mendapatkan pelayanan dokter hewan, tandasnya.

Berita terkait : Puskeswan Pandeglang Door To Door Giatkan Pelayanan Kesehatan Hewan

Paramedik veteriner Muhaeminah, A.Md memberikan obat cacing kepada domba milik warga Kadutela Desa Sinarjaya Kecamatan Mandalawangi, Selasa 12 Oktober 2021

Dokter Hewan Puskeswan Pandeglang drh. Hj. Ade Nurhasanah mengatakan pelayanan kesehatan hewan saat Puskeswan keliling diantaranya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, penyuntikan antibiotic, pemberian vitamin dan obat cacing.

Kami juga memberikan konsultasi kesehatan hewan secara langsung saat pelayanan, terutama bagaimana cara menjaga kesehatan hewan ternak, katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi mengatakan, Puskeswan sebagai ujung tombak strategis pelayanan kesehatan hewan perlu diperkuat kinerjanya dalam rangka mendukung Program Bidang Peternakan di Kabupaten Pandeglang.

Insya Allah tahun depan (2022) dokter hewan Puskeswan akan ditambah termasuk juga akan ditingkatkan prasarana dan sarana Gedung Puskeswan Pandeglang supaya tertata lebih baik dan mudah diakses masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan hewan, baik hewan kesayangan maupun hewan ternak, katanya.

Ditambahkan, jumlah SDM kesehatan hewan di Puskeswan Pandeglang saat ini sebanyak 2 orang dokter dan 2 orang paramadis. Jumlah tersebut dinilainya masih kurang jika dibandingkan dengan luas wilayah Kabupaten Pandeglang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image