Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Bangga, MRO Milik PT MMF Jadi Perawatan Pesawat Militer Negara Luar

Info Terkini | Tuesday, 14 Jun 2022, 05:58 WIB

Industri pertahanan kita sudah mulai memperlihatkan kemajuan baik. Sudah banyak melirik negara hasil dari industri dalam negeri ini.

So ini menjadi suatu kebanggaan buat kami sebagai warga negara. Membuktikan bahwa industri pertahanan dalam negeri sudah memperlihatkan karya anak bangsa.

Terbaru Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melakukan sertifikasi terhadap sejumlah fasilitas maintenance, repair dan overhoul (MRO) milik PT Merpati Maintenance Facility (MMF) di Sidoarjo, Jawa Timur, menjelang pelaksanaan perawatan pesawat milik militer Filipina di fasilitas tersebut.

Wow bangga banget. Semoga lancar dan terus maju industri pertahanan dalam negeri ya.

Dikutip dari Antara Kepala Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan Marsekal Pertama TNI Mohammad Yani Rudiansyah dikonfirmasi di Sidoarjo, Senin, mengatakan pihaknya harus terlebih dahulu melakukan sertifikasi fasilitas MRO karena pihak yang memesan perbaikan adalah militer.

Ia mengatakan dalam perawatan pesawat milik pemerintah Filipina ini perlu ada kelaikan dari Kemhan mengingat Puslaik Kemhan memiliki wewenang untuk menyetujui semua fasilitas MRO di Indonesia yang secara khusus untuk kepentingan militer.

Saat ini fasilitas MMF belum lengkap setelah dilakukan pemeriksaan maka pemberian sertifikasi akan ditunda hingga seluruh fasilitas sudah lengkap sesuai standar penerbangan internasional.

Direktur Utama MMF Rowin H. Mangkoesoebroto mengatakan kegiatan verifikasi ini merupakan bagian dari upaya MMF untuk bisa melayani perbaikan pesawat-pesawat militer, khususnya untuk negara-negara sahabat.

"MMF sudah cukup lama membantu perbaikan TNI AL dan TNI AD, kalau untuk AU melaksanakan perawatan dan perbaikan sendiri. MMF juga sudah belasan tahun menangani perawatan pesawat Filipina, Papua Nugini, dan dalam waktu dekat Malaysia juga memercayakan perawatan pesawat ke kami,” ujarnya.

Ia mengatakan MMF juga diminta oleh mitra perawatan pesawat di Morowali serta mengelola hangar milik Flybest Flight Academy di Batam. Kepercayaan itu membuat MMF menjadi satu-satunya MRO yang mencakup 100 persen wilayah udara di Indonesia.

Rowin mengatakan kepercayaan negara-negara sahabat ke MMF makin kuat, kental dan langgeng sebab MMF memiliki kelebihan sebagai MRO, yakni merupakan satu-satunya MRO yang memiliki hangar di Surabaya, Manado dan Biak.

MMF, tambah Rowin, juga telah memiliki lima rukun MRO, yakni fasilitas seperti hangar, workshop, tangga-tangga khusus dan special tools, disusul SDM yang bersertifikasi sesuai tipe pesawat yang akan dirawat, dokumentasi manual sesuai dengan tipe pesawat, training program sesuai tipe pesawat guna menjaga keamanan.

Sumber: Antaranews.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image