Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ummul Habibah

Tak Ingin Dilabeli Kaum Rebahan, HIMATEKA FT UMJ Bercengkrama Dengan Masyarakat Pesisir

Eduaksi | Sunday, 17 Oct 2021, 21:52 WIB

Jika saat ini sebagian anak muda merasa nyaman dengan aktivitas yang dilabeli rebahan, disisi lain di lembaga kampus yang berada di Jl.Cempaka Putih Tengah No 27 Jakarta Pusat, mahasiswa-mahasiswi aktif dan kreatif yang berada di bawah Organisasi Mahasiswa HIMATEKA FT UMJ bergerak memberdayakan masyarakat desa. Obyek masyarkat desa yang dibersamai adalah Masyarakat Desa Harapan Jaya Muara Gembong Bekasi.

Kegiatan Bina Desa ini bukan untuk yang pertama kali dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Kimia FT UMJ, namun tahun ini secara spesial mereka berhasil mendapatkan Hibah Pendanaan Bina Desa melalui Program Bergengsi Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D) Kemendikbud RI tahun 2021. Mengapa menjadi spesial, bukan hanya karena ini keberhasilan yang pertama diraih oleh HIMATEKA FT UMJ, namun juga yang pertama bagi Institusi UMJ. Selain HIMATEKA, UMJ juga berhasil meloloskan Orma HIMAKOM FISIP. Hal ini tentu hal yang membanggakan dan membuat haru, dikarenakan dimasa pandemi yang serba tidak pasti ini, anak-anak muda ini bergerak aktif untuk membangun masyarakat desa dengan modal ilmu yang mereka dapatkan diinternal kampus.

Himateka FT UMJ saat ini diketuai oleh mahasiswa tahun ke 3 yang sangat aktif dan akrab disapa Kak Bayu Romadhon Putra, Kak Bayu mendelegasikan kegiatan ini kepada Annisa Setiawan selaku ketua dari PHP2D Himateka FT UMJ. Tidak hanya Bayu dan Annisa, namun ada 13 orang mahasiswa lainnya yang bergandengan tangan memberdayakan masyarakat Desa Harapan Jaya Muara Gembong Bekasi.

Lalu apa yang diusung oleh Himateka sehingga berhasil lolos setelah menyisihkan ribuan kompetitornya? Hal ini menurut Dosen Pendamping yang juga selaku pembina HIMATEKA FT UMJ ibu Ummul Habibah Hasyim.,ST.,M.Eng, adalah kejelian mahasiswa dalam melihat persoalan yang dihadapi masyarakat desa, dibarengi dengan metode pendekatan yang diberikan. Sebagaimana diketahui, Desa Harapan Jaya Muara Gembong Bekasi adalah Desa sentra rumput laut yang juga menjadi salah satu penghasil rumput laut terbesar di Indonesia. Namun jika kita berjalan ke Desa Harapan Jaya, masyarakatnya masih berada pada garis level kemajuan ekonomi dan pendidikan yang minim. Masyarakat hanya memahami atau fokus pada keterampilan sebagai petani rumput laut, ibu-ibu rumah tangga hanya menjadi kelompok masyarakat non produktif yang minim keterampilan. Atas dasar inilah Himateka FT UMJ memberdayakan masyarakat salah satunya dengan program Pengolahan limbah rumput laut menjadi pupuk organik cair (POC) yang saat ini telah sampai tahap pelatihan pengemasan dan pemasaran produk. Selain itu ibu-ibu rumah tangga diberi keterampilan hidroponik dengan harapan dapat membantu dalam kemandirian pangan sebagaimana yang digalakkan pemerintah belakangan ini.

Aktivitas mahasiswa ini menjadi hal yang sepatutnya dicontoh dan diapresiasi, dimana mereka tidak hanya sekedar sibuk dengan media sosialnya saja, namun sibuk pada media masyrakat yang sebenarnya. Harapannya, Desa Harapan Jaya Muara Gembong Bekasi dapat dikenal luas oleh masyarakat sleuruh indonesia dengan berbagai produk olahan rumput lautnya, dan masyarakat mampu berdaya saing dengan keterampilan-keterampilan yang dimiliki.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image