Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TeknoRobot

Google Maps Vs Waze, Bagus Mana

Teknologi | Saturday, 11 Jun 2022, 09:42 WIB
Aplikasi Waze vs Google Maps. Persoalan mana yang lebih baik antara kedua aplikasi ini kerap menjadi debat kusir antar penggunanya. (Sumber: Ridester)

"Malu bertanya sesat di jalan", ungkapan yang sering digunakan sebelum dua aplikasi ini hadir di smartphone. Menjadi opsi utama dalam mencari arah tujuan, dua aplikasi ini boleh dibilang aplikasi navigasi "wajib ada" di setiap smartphone.Tidak sedikit perdebatan diantara pengguna keduanya dalam menentukan mana yang lebih baik dan akurat.Padahal, kedua aplikasi navigasi ini keduanya memiliki akurasi yang tinggi dan terbukti bekerja dengan baik. Yuk kita simak keunggulan dari Google Maps dan Waze.

Google Maps

Google Maps. Aplikasi Google Maps. (Sumber: Pixabay)

Aplikasi yang default akan terpasang di HP android ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Peta jalan, navigasi untuk pejalan kaki, sepeda, dan mobil. Aplikasi ini juga menampilkan banyak tempat publik dan informasi mengenai kemacetan di Jalan.

Baca Juga: Google Translate: Bermodal Kamera Hp Bisa Terjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Mudah

Google Maps cukup memiliki tampilan yang standar dan simpel, aplikasi ini mengutamakan kemudahan bagi pengguna secara umum. Konsumsi data yang sedikit selama penggunaannya juga bisa bantu Kamu irit kuota lho.

Waze

Aplikasi Waze. Aplikasi Navigasi Waze. (Sumber: waze.com)

Lain halnya dengan Google Maps, informasi yang terdapat di aplikasi terseebut lebih condong ke "community-based navigation". Hal ini berarti setiap pengguna bisa berbagi informasi lalu lintas terbaru yang pastinya akan membantu pengguna jalan lainnya.

Waze selalu mempertahankan interface minimalisnya. Aplikasi ini menampilkan detail dengan grafis 3D yang lebih digemari generasi milenial. Satu hal lagi yang digemari pengguna dari generasi milenial adalah fitur Spotify yang memungkinkan penggunanya bisa melihat navigasi sambil mendengarkan lagu.

Dari sisi penggunaan data penggunaan aplikasi ini ditentukan beberapa faktor. Di antaranya durasi akses dan jarak perjalanan. Dilansir dari Reddit, seorang pengguna mengaku menghabiskan 0,5 MB untuk durasi 1 jam perjalanan.

Baca Juga: Input KK dan KTP di Aplikasi Cek Bansos Bisa Dapat PKH dan BPNT

Pemilihan Rute

Untuk penggunaan dalam kota, Waze handal dalam menemukan rute alternatif yang bebas kecelakaan dan kemacetan. Fitur peringatan untuk penggunanya terkait kecelakaan dan kemacetan juga sangat membantu lho. Namun sayang, aplikasi ini juga terkadang mengarahkan penggunanya ke jallur-jalur yang sempit.

Untuk pemilihan rute, Google Maps tidak kalah bagusnya. Fitur peringatan kemacetan dan kecelakaan juga tersedia untuk penggunanya. Walaupun peringatan tersebut terkadang tidak seinformatif Waze. Kelebihannya adalah tampilan navigasi yang lebih besar yang mampu menunjukkan rute dengan lebih jelas.

Selengkapnya...Memilih Aplikasi Navigasi Terbaik

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image