Mengerjakan Soal Esai dan Pilihan Ganda untuk Sukses di Ujian Akhir

Image
Loker Pintar
Eduaksi | Saturday, 11 Jun 2022, 05:57 WIB

Sebentar lagi kamu akan menghadapi ujian akhir. Nah, artikel di bawah ini bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Secara umum ada dua jenis soal ujian, yaitu: soal pilihan ganda dan soal esai. Setiap jenis pertanyaan memiliki karakteristik dan kekuatan serta kelemahannya masing-masing. Artikel ini akan membahas soal pilihan ganda dan esai. Dimana soal pilihan ganda merupakan soal yang membutuhkan ketelitian kita dalam membaca dan memahami soal, sedangkan soal esai merupakan soal uraian yang tentunya lebih kompleks dari soal pilihan ganda.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara menjawab soal esai dan pilihan ganda dengan baik dan benar? Agar hasil ujianmu bisa maksimal, yuk simak tips ampuh menjawab soal essay dan pilihan ganda berikut ini.

I. Soal Pilihan Ganda

Ujian pilihan ganda saat ini sangat populer di kalangan pendidik. Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam waktu singkat. Artikel ini bertujuan agar Sahabat Y.A.I dapat menyelesaikan soal-soal pilihan ganda sehingga dapat memperoleh nilai yang baik. Beberapa cara antara lain menganalisis pertanyaan, menjawab pertanyaan secara efektif dengan bekerja secara strategis. Jangan lupa kamu juga harus mempersiapkan diri agar bisa mengerjakan ujian dengan baik dan mendapat nilai tinggi. Berikut adalah beberapa cara agar Anda berhasil dalam mengerjakan soal pilihan ganda:

A. Analisis Pertanyaan

Baca dan ikuti instruksi dari pertanyaan. Ada dua macam cara untuk melakukan jawabannya. Yang pertama menjawab langsung pertanyaannya, dan yang kedua menjawab di lembar tersendiri. Bacalah pertanyaan dengan perlahan dan hati-hati, jika perlu, bacalah pertanyaan lebih dari satu kali untuk memastikan Anda memahami maksud dari pertanyaan tersebut. Anda harus menganalisis pertanyaan dengan kata-kata dan instruksi yang meminta banyak jawaban, seperti “Pilih jawaban yang paling tepat” atau “Pilih dua dari empat pilihan.” Bacalah soal secara perlahan dan hati-hati, jangan terburu-buru. Anda juga perlu membaca ulang pertanyaan untuk memastikan Anda memahami maksud pertanyaan tersebut. Pada kalimat tanya yang mengandung “pilih jawaban yang tidak termasuk ” maka artinya “pilihlah jawaban yang paling tepat”.

B. Jawab Pertanyaan Secara Efektif

Review, lihat kembali kemungkinan jawaban. Perhatikan pilihan yang diberikan, untuk pilihan ganda biasanya ada empat sampai enam kemungkinan. Untuk beberapa kemungkinan, Anda hanya diberikan dua pilihan. Luangkan waktu Anda, dan baca ulang setiap jawaban yang mungkin. Jangan lewatkan setiap kemungkinan jawaban. Ini untuk memastikan Anda menjawab dengan benar untuk setiap pertanyaan. Centang jawaban yang mungkin tidak benar. Jika Anda mengalami kesulitan dengan satu pertanyaan, coba lakukan secara perlahan dan jika tidak bisa, Anda kembali ke pertanyaan itu setelah menyelesaikan pertanyaan lainnya. Jika Anda tidak dapat melakukannya, jangan biarkan kosong, coba saja untuk menjawabnya!

C. Persiapkan dirimu

Perbanyak latihan soal pilihan ganda, banyak belajar dan membaca dengan baik. Karena pilihan ganda membutuhkan pengetahuan yang luas. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup. Karena jika Anda terlalu banyak belajar, hal ini akan membuat Anda lelah saat ujian dan tidak fokus dalam menjawab soal.

II. Pertanyaan esai

Pertanyaan esai adalah pertanyaan deskripsi yang lebih kompleks daripada pertanyaan pilihan ganda. Dalam menjawab pertanyaan esai, Anda harus fokus pada pertanyaan yang diajukan dan menjawab secara singkat dan padat serta sistematis. Jangan melebar dan tidak nyambung dengan pertanyaan yang diajukan. Nah, artikel ini akan membahas bagaimana caranya agar kamu bisa menjawab soal essay dengan baik dan benar. Ada beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda ikuti, antara lain:

A. Perhatikan dan gunakan kata kunci

Perhatikan pertanyaan yang diberikan oleh dosen, jika sudah menemukan kata kuncinya, saat menjawab pertanyaan, Anda menggarisbawahi kata kunci tersebut. Hal ini untuk memudahkan dosen membaca jawaban saudara, apakah jawaban tersebut berhubungan dengan pertanyaan yang diberikan atau tidak. Apakah jawaban Anda terfokus pada pertanyaan, dan juga untuk melihat apakah Anda menjawab secara konsisten atau tidak dan memahami apa maksud pertanyaan tersebut. Karena jika tidak menemukan kata kunci dari pertanyaan yang diberikan oleh dosen, maka jawaban Anda akan melebar dan tidak fokus pada apa yang ditanyakan oleh pertanyaan tersebut. Sekarang ini mengakibatkan jawaban Anda salah dan Anda hanya mendapatkan nilai tulisan.

B. Tulislah jawabannya dengan kalimat versimu sendiri

Cobalah untuk menulis jawaban menggunakan kalimat Anda sendiri karena ini dapat menambah nilai bagi Anda. Artinya dosen menilai Anda memahami teori dari buku yang Anda pelajari, bukan sekedar menghafal isi buku. Dan keuntungan lainnya adalah jawabannya menggunakan bahasa asli pikiran Anda. Apalagi jika pertanyaan tersebut mengandung kata-kata yang meminta pendapat Anda. Namun untuk beberapa pertanyaan, jika pertanyaannya tentang teori seorang ahli, maka mau tidak mau Anda harus menjawab sesuai teorinya. Seperti definisi teori tertentu, membandingkan satu teori dengan teori lainnya. Jadi untuk kasus seperti ini harus hafal dan uraikan menurut para ahlinya.

C. Tulis Jawaban Padat Dan Sistematis

Cobalah dan biasakan menulis jawaban yang terfokus pada pertanyaan yang diberikan. Tulislah jawaban secara berurutan, sistematis, dan tidak acak, misalnya dengan menggunakan sub poin. Hal seperti ini memudahkan dosen untuk mengecek jawaban anda dan juga mudah untuk dibaca. Jangan menulis jawaban lebar-lebar atas pertanyaan yang diberikan, selain itu hasil jawaban Anda tidak nyambung dan membuat waktu Anda habis.

D. Jangan biarkan jawaban kosong

Cobalah untuk tidak mengosongkan jawaban meskipun Anda tidak tahu. Jika Anda membiarkan jawaban kosong, maka Anda akan kehilangan poin yang sangat berpengaruh pada skor keseluruhan. Coba gunakan logika Anda, kembangkan jawaban Anda tetapi sebisa mungkin tetap hubungkan dengan benang merah pertanyaan. Setidaknya dosen bisa menilai bahwa Anda menggunakan logika Anda, dan tidak hanya menjawab.

E. Manajemen Waktu

Dalam ujian Anda memiliki waktu yang terbatas, oleh karena itu Anda harus membagi waktu Anda dengan baik. Mulailah dengan menjawab pertanyaan mudah yang Anda kuasai terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengerjakan masalah kompleks yang membutuhkan pemikiran lebih dalam. Prioritaskan masalah dengan pertanyaan 'sebutkan' daripada pertanyaan yang meminta penjelasan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, tulislah jawaban secara padat, sistematis dan teratur, sehingga dapat menghemat waktu. Karena jawaban yang terlalu lebar menyebabkan dosen bosan membacanya dan anda juga kehilangan banyak waktu.

Itulah beberapa tips mengerjakan soal baik dalam bentuk pilihan ganda maupun dalam bentuk esai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat Y.A.I. Gunakan waktumu dengan baik, belajar dan jangan lupa istirahat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

7 Cara Menghadapi Interview Kerja

4 Cara Negosiasi Gaji Untuk Fresh Graduate

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image