Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wahyuni Sinka

7 Metode untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

Gaya Hidup | Saturday, 11 Jun 2022, 02:28 WIB

Apakah benar-benar mungkin untuk meningkatkan daya ingat Anda? Jika Anda pernah menemukan diri Anda lupa di mana Anda meninggalkan kunci atau mengosongkan informasi tentang tes penting, maka Anda mungkin berharap memori Anda sedikit lebih baik. Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda .

Jelas, memanfaatkan semacam sistem pengingat dapat membantu. Menyiapkan kalender online yang mengirimkan pengingat ke telepon Anda membantu Anda melacak semua janji dan rapat tersebut.

Dirangkum Dari Regionalpos.com Membuat daftar tugas harian dapat memastikan Anda tidak melupakan tugas penting yang harus diselesaikan.

Tapi bagaimana dengan semua informasi penting yang Anda butuhkan untuk benar-benar merekatkan ke dalam memori jangka panjang Anda ? Ini akan membutuhkan beberapa upaya dan bahkan melibatkan penyesuaian atau perubahan dramatis dalam rutinitas belajar normal Anda, tetapi ada sejumlah strategi yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak dari ingatan Anda.

Sebelum ujian besar Anda berikutnya, pastikan untuk memeriksa beberapa teknik yang telah dicoba dan diuji ini untuk meningkatkan daya ingat. 11 strategi yang terbukti penelitian ini dapat secara efektif meningkatkan memori, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan retensi informasi.

1. Fokuskan Perhatian Anda

Perhatian adalah salah satu komponen utama dari memori. Agar informasi berpindah dari memori jangka pendek Anda ke memori jangka panjang Anda, Anda perlu secara aktif memperhatikan informasi ini. Cobalah untuk belajar di tempat yang bebas dari gangguan seperti televisi, musik, dan hiburan lainnya.

Menyingkirkan gangguan mungkin merupakan tantangan, terutama jika Anda dikelilingi oleh teman sekamar yang riuh atau anak-anak yang berisik.

Mintalah teman sekamar Anda untuk memberi Anda sedikit ruang atau minta pasangan Anda untuk membawa anak-anak selama satu jam agar Anda bisa fokus pada pekerjaan Anda .

2. Hindari menjejalkan

Mempelajari materi selama beberapa sesi memberi Anda waktu yang Anda butuhkan untuk memproses informasi secara memadai. Penelitian terus menerus menunjukkan bahwa siswa yang belajar secara teratur mengingat materi jauh lebih baik daripada mereka yang melakukan semua pelajarannya dalam satu sesi maraton.

3. Struktur dan Organisasi

Para peneliti telah menemukan bahwa informasi diatur dalam memori dalam kelompok terkait. 2 Anda dapat memanfaatkan ini dengan menyusun dan mengatur materi yang Anda pelajari. Cobalah mengelompokkan konsep dan istilah yang serupa bersama-sama, atau buat garis besar catatan dan bacaan buku teks Anda untuk membantu mengelompokkan konsep terkait.

4. Memanfaatkan Perangkat Mnemonic

Perangkat mnemonic adalah teknik yang sering digunakan oleh siswa untuk membantu mengingat. Sebuah mnemonic hanyalah cara untuk mengingat informasi. Misalnya, Anda mungkin mengaitkan istilah yang perlu Anda ingat dengan item umum yang sangat Anda kenal. Mnemonik terbaik adalah yang memanfaatkan citra positif, humor, atau kebaruan.

5. Elaborasi dan Latih

Untuk mengingat informasi, Anda perlu mengkodekan apa yang Anda pelajari ke dalam memori jangka panjang. Salah satu teknik pengkodean yang paling efektif dikenal sebagai latihan elaboratif.

Contoh teknik ini adalah membaca definisi istilah kunci, mempelajari definisi istilah itu, dan kemudian membaca deskripsi yang lebih rinci tentang arti istilah itu. Setelah mengulangi proses ini beberapa kali, Anda mungkin akan menyadari bahwa mengingat informasi jauh lebih mudah.

6. Visualisasikan Konsep

Banyak orang mendapat manfaat besar dari memvisualisasikan informasi yang mereka pelajari. Perhatikan foto, bagan, dan grafik lainnya di buku teks Anda. Jika Anda tidak memiliki petunjuk visual untuk membantu, coba buat sendiri. Gambarlah bagan atau gambar di margin catatan Anda atau gunakan stabilo atau pena dengan warna berbeda untuk mengelompokkan ide-ide terkait dalam bahan pelajaran tertulis Anda.

7. Kaitkan Informasi Baru dengan Hal-Hal yang Sudah Anda Ketahui

Saat Anda mempelajari materi yang tidak Anda kenal, luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana informasi ini berhubungan dengan apa yang sudah Anda ketahui. Dengan membangun hubungan antara ide-ide baru dan ingatan yang sudah ada sebelumnya , Anda dapat secara dramatis meningkatkan kemungkinan mengingat informasi yang baru dipelajari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image