Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bunga Nirwana

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER MEMBANGUN KUALITAS DAN DAYA SAING BANGSA

Eduaksi | Friday, 10 Jun 2022, 11:25 WIB

Kondisi pendidikan karakter di Indonesia saat ini terdapat banyak persoalaan yang harus diselesaikan. Lunturnya moral perlahan-lahan pada generasi muda penerus bangsa menjadi keterpurukan dalam dunia Pendidikan karakter. Keterpurukan Pendidikan karakter dapat dilihat dari banyaknya beredar video porno yang diperankan oleh pelajar, penyalahgunaan narkoba yang banyak terjadi dikalangan remaja atau mahasiswa serta maraknya perkelahian antar pelajar yang dijadikan ajang untuk memamerkan keberanian. Dari persoalan yang beredar banyak kalangan yang memiliki pendapat bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi krisis yang sangat membutuhkan penangan dan pengobatan yang tepat, serta diperlukan untuk memberikan pendidikan karakter di semua jenjang Pendidikan (Mulyasaa 2007: 17). Pendidikan karakter merupakan upaya yang digunakan untuk membangun karakter seseorang dengan membentuk moral dan teladan yang baik.

Secara filosofis, pendidikan karakter adalah suatu sistem yang menanamkan karakter yang mengandung nilai- nilai yang beromral baik atau teladan. Secara aksi, pendidikan karakter adalah kunci yang sangat penting untuk membentuk kepribadian seseorang. Secara umum, pendidikan karakter dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi pengalaman kehidupan dinamis yang selalu berubah-ubah sehingga mampu membentuk pribadi yang kokoh dari setiap orang. pendidikan karakter dapat membentuk sikap yang dapat membawa kearah kemajuan tanpa harus bertentangan dengan norma yang berlaku (Kusuma, 2007:5).

Rendahnya Pendidikan karakter di Indonesia dijadikan sorotan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. presiden dan wakil presiden memliki program prioritas yaitu Penguatan karakter bangsa, selaras dengan pemerintah yang akan melakukan revolusi karakter bangsa. Pada tahun 2016 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melaksanakan pembinaan karakter penerus bangsa melalui Gerakan Pendidikan Penguatan Kepribadian (PPK). Dalam pengembangan gerakan PPK terdapat priotitas 5 nilai-nilai karakter utama yaitu;

1. Nilai religious

2. Nilai nasionalisme

3. Nilai integritas

4. Nilai kemandirian

5. Nilai kegotongroyongan

Pendidikan karakter memiliki hubungan dengan daya saing bangsa karena Pendidikan karakter merupakan pendorong untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu bersaing dengan negara lain. Selaras dengan fungsi diatas Pendidikan karakter dinyatakan mampu mendongkrak daya saing bangsa. Semakin kuat jati diri bangsa maka semakin meningkat kualitas daya saing suatu bangsa.

Saat ini mutlak dibutuhkan pendidikan karakter di segala kalangan untuk meningkatkan pemahan karakter dan rasa cinta pada bangsa harus selalu dilkasanakan karena hal tersebut dapat melahirkan sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia yang unggul dapat bersaing di kancah internasional serta dapat mengejar ketertinggalan negara Indonesia dengan negara lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image