Nilai Praktis dan Manfaat Media Pembelajaran
Eduaksi | 2021-10-12 11:02:38Secara sederhana kehadiran media dalam suatu kegiatan pembelajaran memiliki
nilai-nilai praktis sebagai berikut.
a. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki para siswa.
b. Media yang disajikan dapat melampaui batas ruang kelas.
c. Media pembelajran memungkinkan adanya interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya.
d. Media yang disajikan dapat menghasilkan keseragaman pengamatan siswa.
e. Secara potensial, media yang disajikan secara tepat dapat menanamkan konsep dasar yang konkret, benar, dan berpijak pada realitas.
f. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru.
g. Media mampu membangkitkan motivasi dan merangsang peserta didik intuk belajar.
h. Media mampu memberikan belajar secara integral dan menyeluruh dari yang konkret ke yang abstrak, dari sederhana ke rumit.
Azhar (2011: 26-27), memaparkan penggunaan media pembelajaran yakni yang efektif,
a. Media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian siswa dan memunculkan motivasi dalam belajar,
b. Media pembelajaran kiranya memberi arah yang jelas tentang penyampaian pesan dan informasi untuk kelancaran pembelajaran,
c. Media pembelajaran hendaknya menyamakan pemahaman dan pengalaman peserta didik tentang materi yang dipelajari sehingga interaksi dapat berlangsung, dan
d. Media pembelajaran dapat memberi solusi keterbatasan indera, waktu dan ruang.
Menurut Dina Indriana (2011: 48) manfaat media pembelajaran yakni,
a. Memperjelas kosnsep dan abtrak yang sulit dipahami secara langsung kepada peserta didik,
b. Memberi informasi tentang gambar objek yang sukar didapat dilingkungan belajar,
c. Dapat meneri tampilan objek yang terlalu kecil dan besar sesuai kebutuhan pembelajaran, dan
d. Dapat memperjelas tampilan gerakan yang terlalu lambat dan cepat dengan menggunakan media pembelajaran.
Secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah:
a. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
b. Dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara siswa dimanapun berada.
c. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untukmenciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidakmembosankan.
d. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Dengan media akan terjadinya komunikasi dua arah secara aktif, sedangkantanpa media guru cenderung bicara satu arah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa manfaat media pembelajaran adalah sebagai saluran untuk menyampaikan informasi atau materi pembelajaran secara verbalistis (ceramah) serta merangsang perhatian dan mengaktifkan siswa. Penyampaian materi secara verbalistis dapat membuat siswa cepat bosan, hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan setiap topik secara monoton. Selain itu membuat siswa cenderung pasif, interaksi guru dan siswa hanya dilakukan satu arah.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.