PERAN GURU: Wujudkan Kepemimpinan Murid

Image
Darma Wati
Curhat | Wednesday, 08 Jun 2022, 14:52 WIB
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Guru Penggrak memiliki beberapa peran, salah satunya adalah mewujudkan kepemimpinan murid. Alasan mendasar pentingnya mewujudkan kepemimpinan murid adalah mengingat kehidupan ini akan terus berdinamika, bergerak, sehingga ada evolusi dan ada revolusi dalam kehidupan manusia.

Guru yang baik akan menyadari bahwa dirinya tak selamanya dapat mengembang amanah dalam mengisi pembangunan bangsa ini. Dalam usia tertentu akan mengalami masa di mana mereka tak akan lagi mampu berbuat banyak atau berbuat yang lebih. Misalnya saja, karena masa kerja atau masa pengabdian telah berakhir, gangguan kesehatan, usia, dll.

Olehnya itu, sewajarnya sudah mempersiapkan calon pemimpin dari murid atau siswanya. Aksi nyata yang berkaitan dengan hal ini dapat dilakukan di dalam kelas, maupun di luar kelas. Dalam kelas dapat berupa upaya membangun jiwa kepemimpinan murid, misal sebagai pemimpin diskusi, menjadi bagian dari struktur kelas, yakni, ketua kelas, wakil ketua, sekretaris, bendahara, menduduki tugas dalam 5K dll.

Di luar kelas pun siswa dapat dilatih menjadi pemimpin. Misalnya, sebagai pemimpin dalam upacara bendera setiap hari Senin, pemimpin dalam latihan baris berbaris. pemimpin dalam suatu grup olahraga, dan pemimpin dalam kegiatan ekstra maupun intra kurikuler.

Guru yang bijak akan senantiasa mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kepemimpinan murid ini. Pemberian latihan yang intensif, pembekalan yang maksimal, pemberian kesempatan, dan menghargai upaya siswa adalah hal yang sangat penting dilakukan guru. Jika hal ini dilakukan dan menjadi gerakan yang ditumbuhkan secara berkesinambungan, maka ke depan kita akan memiliki calon pemimpin masa depan yang hebat dan tangguh. Ide seperti ini telah disajikan melalui program pendidikan guru penggerak. Selanjutnya implementasi akan terletak di tangan guru. Olehnya itu,mari kita mulai membuka diri melakukan yang terbaik untuk masa depan siswa yang akan menjadi penentu bagi masa depan bangsa ini..

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang guru. Menulis adalah salah satu hobi saya, dan Belajar sepanjang hayat adalah prinsip hidup saya.

SELENDANG PERKASA

Bentuk Karakter Anak Melalui Puasa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Temanggung adakan FUN GAME untuk Seluruh Pegawai Memperingati HUT RI dan HDKD 2022

Image

Perkuat Tusi Kehumasan, Pengelola Humas Jepara Ikuti Penguatan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham

Image

Jurnal ku hari ini

Image

Rupbasan Surakarta ikuti Penguatan Kehumasan oleh Sekretaris Jenderal

Image

Resmikan Eco Bee Park, Menteri LHK Dorong UMKM Semakin Maju Manfaatkan Madu dan Kelor

Image

Jelang Upacara HUT RI dan HDKD Ke-77 Tahun 2022, LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Rap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image