Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Darma Wati

PERAN GURU: Wujudkan Kepemimpinan Murid

Curhat | Wednesday, 08 Jun 2022, 14:52 WIB
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Guru Penggrak memiliki beberapa peran, salah satunya adalah mewujudkan kepemimpinan murid. Alasan mendasar pentingnya mewujudkan kepemimpinan murid adalah mengingat kehidupan ini akan terus berdinamika, bergerak, sehingga ada evolusi dan ada revolusi dalam kehidupan manusia.

Guru yang baik akan menyadari bahwa dirinya tak selamanya dapat mengembang amanah dalam mengisi pembangunan bangsa ini. Dalam usia tertentu akan mengalami masa di mana mereka tak akan lagi mampu berbuat banyak atau berbuat yang lebih. Misalnya saja, karena masa kerja atau masa pengabdian telah berakhir, gangguan kesehatan, usia, dll.

Olehnya itu, sewajarnya sudah mempersiapkan calon pemimpin dari murid atau siswanya. Aksi nyata yang berkaitan dengan hal ini dapat dilakukan di dalam kelas, maupun di luar kelas. Dalam kelas dapat berupa upaya membangun jiwa kepemimpinan murid, misal sebagai pemimpin diskusi, menjadi bagian dari struktur kelas, yakni, ketua kelas, wakil ketua, sekretaris, bendahara, menduduki tugas dalam 5K dll.

Di luar kelas pun siswa dapat dilatih menjadi pemimpin. Misalnya, sebagai pemimpin dalam upacara bendera setiap hari Senin, pemimpin dalam latihan baris berbaris. pemimpin dalam suatu grup olahraga, dan pemimpin dalam kegiatan ekstra maupun intra kurikuler.

Guru yang bijak akan senantiasa mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kepemimpinan murid ini. Pemberian latihan yang intensif, pembekalan yang maksimal, pemberian kesempatan, dan menghargai upaya siswa adalah hal yang sangat penting dilakukan guru. Jika hal ini dilakukan dan menjadi gerakan yang ditumbuhkan secara berkesinambungan, maka ke depan kita akan memiliki calon pemimpin masa depan yang hebat dan tangguh. Ide seperti ini telah disajikan melalui program pendidikan guru penggerak. Selanjutnya implementasi akan terletak di tangan guru. Olehnya itu,mari kita mulai membuka diri melakukan yang terbaik untuk masa depan siswa yang akan menjadi penentu bagi masa depan bangsa ini..

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image