Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yohansen Octavianto

Beberapa Manfaat dan Khasiat Terapi Bekam Bagi Kesehatan Tubuh

Eduaksi | Tuesday, 07 Jun 2022, 12:09 WIB

Bekam atau hijammah (bahasa Arab) merupakan salah satu metode pengobatan tradisional yang termasuk dalam sunnah Nabi Muhammad SAW selain Al Fashdu.

Terapi bekam memiliki beberapa manfaat dan khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit serta menjaga kesehatan. Metode pengobatan bekam dilakukan dengan cara menyedot darah kotor dari dalam tubuh untuk dibuang.

Agar mendapatkan manfaat dari terapi bekam, pengambilan darah dilakukan di beberapa titik. Mulai dari kepala, wajah, punggung, dan beberapa titik lainnya sesuai dengan keluhan pasien.

Bagi anda yang belum pernah mencoba metode pengobatan tradisional ini, mungkin akan terdengar agak ekstrim karena terdapat darah yang dikeluarkan. Namun sebenarnya, bekam sendiri terbagi menjadi 2 yaitu bekam basah (mengeluarkan darah kotor) dan juga bekam kering (tidak mengeluarkan darah kotor).

Mulanya, teknik yang digunakan untuk mengeluarkan darah adalah dengan menyayat menggunakan pisau kemudian menyedotnya menggunakan alat bekam. Namun belakangan ini, pengobatan ini tidak mengharuskan untuk menyayatnya menggunakan pisau tetapi bisa menggunakan jarum berukuran kecil.

Hal tersebut tentu saja mengurangi rasa sakit akibat sayatan jika menggunakan pisau. Selain itu, luka yang diakibatkan dari sayatan pisau akan lebih lama kering ketimbang menggunakan jarum kecil. Itulah mengapa teknik sayatan menggunakan pisau semakin ditinggalkan.

Manfaat Dari Terapi Bekam Bagi Kesehatan TubuhM

Manfaat Bekam

1. Manfaat Terapi Bekam di Wajah

Bagi anda yang ingin selalu tampil cantik, anda bisa memanfaatkan metode pengobatan tradisional ini di area wajah. Teknik yang digunakan adalah melakukan penyedotan darah kotor di sekitar wajah. Dengan melakukan bekam wajah, anda akan mendapatkan beberapa manfaat seperti:

- Membersihkan pori-pori.

- Mencegah penuaan dini (regenerasi sel-sel mati).

- Detoksifikasi wajah dengan mengeluarkan racun-racun yang mengendap.

- Menghilangkan noda/flek hitam.

- Memperbaiki sirkulasi darah sehingga wajah lebih cerah dan segar.

- Meningkatkan kolagen dan mengencangkan kulit.

- Mengurangi kerutan wajah.

Bila anda memiliki keluhan di area wajah, anda bisa mencoba metode pengobatan tradisional ini. Nantinya, anda akan merasakan khasiat secara langsung meskipun baru pertama kali melakukan bekam.

2. Manfaat Terapi Bekam di Kepala

Selanjutnya ada metode bekam di area kepala. Untuk metode pengobatan tradisional ini biasanya dilakukan di area kepala bagian tengah dan belakang.

Bekam kepala ini memiliki beberapa khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Manfaat tersebut antara lain:

- Mengeluarkan racun dari tubuh.

- Melancarkan peredaran darah.

- Mengatasi migrain dan sakit kepala.

- Menghilangkan jerawat.

Dengan teknik mengeluarkan darah kotor, tentunya segala keluhan yang ada di sekitar kepala akan teratasi.

3. Manfaat Bekam Punggung

Siapa sangka jika pada bagian belakang dan punggung menjadi titik yang disunnahkan untuk dilakukan bekam. Di dalam hadits diriwayatkan bahwa bagian belakang mulai dari leher hingga punggung adalah titik yang dianjurkan sebagai tempat bekam dan memiliki manfaat serta khasiat dalam mengatasi berbagai penyakit.

Adapun manfaat dan khasiat yang bisa anda dapatkan dari melakukan terapi bekam di punggung adalah:

- Menurunkan kolesterol.

- Meningkatkan imunitas tubuh.

- Memperlancar peredaran darah.

- Mengurangi rasa lelah.

- Menurunkan demam.

- Mengatasi penyakit rematik.

- Mengobati wasir.

- Mengatasi masuk angin.

- Menurunkan kadar gula dalam darah.

- Mengobati infeksi paru-paru.

Khasiat dan Manfaat Dari Terapi Bekam Kering

Sesuai namanya, bekam kering ini adalah metode pengobatan bekam yang dilakukan tanpa harus mengeluarkan darah layaknya bekam basah.

Alat-alat yang digunakan untuk terapi bekam kering sama seperti bekam basah. Yang membedakan hanyalah teknik pelaksanaannya saja. Salah satu manfaat dan khasiat dari bekam kering adalah mengatasi masuk angin dan kembung.

Bila dibandingkan dengan kerokan, metode pengobatan tradisional ini lebih baik dalam mengatasi masuk angin dan kembung. Selain itu, manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari terapi bekam kering adalah mengembalikan kebugaran tubuh.

Sebelum anda melakukan bekam kering, sebaiknya melumuri badan menggunakan minyak urut atau minyak lainnya yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Dari sisi manfaatnya, bekam kering masih kurang efektif dalam mengatasi berbagai keluhan penyakit. Bila anda mengalami keluhan yang kompleks, alangkah baiknya anda menggunakan terapi bekam basah.

Efek Samping Dari Terapi Bekam

Meskipun tetapi bekam memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi tubuh, bukan berarti metode pengobatan tradisional ini tidak memiliki efek samping.

Terdapat beberapa efek samping dari metode pengobatan bekam yaitu:

- Peradangan pada kulit sehingga kulit menjadi kehitaman dan gatal.

- Menyebabkan terasa nyeri pada titik bekam.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan singkat mengenai manfaat dan khasiat dari terapi bekam bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Terima kasih.

Catatan: Pastikan anda melakukan bekam dengan terapis yang berpengalaman di bidangnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image