Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nebitha Ananda

Ayo Menjadi Sosok Keren Sebagai Guardian Of Value di Masyarakat

Eduaksi | Monday, 06 Jun 2022, 17:44 WIB

Apa sih Guardian of Value itu?

Guardian of value adalah peran mahasiswa dalam mengemban tugas sebagai pihak yang mampu berpikir kritis dan mampu mencari solusi di tengah sebuah konflik serta selalu melihat segala hal berdasarkan fakta sehingga mahasiswa mampu berpikir rasional guna memberikan literasi kepada masyarakat terkait segala sesuatu agar tidak mengambil jalan yang salah dan berakibat menimbulkan konflik.

Hal ini tidak luput dari peran mahasiswa dalam mengamalkan sifat dan sikap integritas yang tinggi, memiliki jiwa nasionalisme, jujur, gotong royong, toleransi dan sikap simpati dan empati.

Ancaman-ancaman yang berasal dari dalam maupun luar tersebut bisa muncul sewaktu-waktu maka kita harus mensiasati dengan selalu protektif dalam memilah segala sesuatu yang baru serta tidak mudah menilai segala hal dengan buruk.

Oleh karena itu mahasiswa yang memiliki pengetahuan dengan tekad yang lebih serta semangat muda yang tinggi mampu menjadi pihak penengah di antara masyarakat dengan melakukan pendekatan dan pengabdian terhadap masyarakat.

Jika mahasiswa telah berhasil menanamkan sikap tersebut dalam diri, akan mudah untuk melakukan sosialisasi dan menyebarkan nilai-nilai baik berdasarkan ideologi Pancasila.

Sebagai generasi yang nantinya akan berperan memimpin bangsa diperlukan moral yang mulia untuk menjaga keseimbangan di masyarakat dengan menjadi kontrol jika masyarakat melakukan pelanggaran dan penyimpangan terhadap norma yang berlaku, sehingga mahasiswa akan melakukan perubahan, perbaikan dan pengertian terhadap masyarakat sesuai dengan cita-cita bangsa.

Oleh karena itu mahasiswa harus mempunyai akhlak yang mulia sehingga dapat memberikan contoh kepada masyarakat dan dapat menjaga moral di lingkungan sosial agar dapat melakukan perubahan dari kebiasaan masyarakat yang buruk ke arah yang lebih baik.

Guardian of Value ternyata keren banget ya, kita menjadi garda terdepan untuk menjadikan Indonesia lebih maju dan berwawasan luas.

Ayo jadi Guardian of value!!!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image