Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukaromah_MTsN 3 Bantul

Bina Calon Siswa Generasi Qur'ani, Seleksi BTAQ Menjadi Barometer Masuk MTsN 3 Bantul

Olahraga | Monday, 06 Jun 2022, 10:18 WIB

Bantul (MTsN 3 Bantul). Baca Tulis Al Qur'an (BTAQ) merupakan prasyarat masuk MTsN 3 Bantul. Oleh karenanya, menjadi salah satu seleksi masuk bagi calon siswa MTsN 3 Bantul. Mata pelajaran madrasah dibawah naungan Kemenag memang memiliki banyak muatan agama, sehingga siswa diharuskan dapat mengikuti pelajaran tersebut dengan baik agar memiliki mutu yang berkualitas. Oleh sebab itu, MTsN 3 Bantul menggelar PPDB dengan seleksi BTAQ untuk menemukan bibit-bibit potensial siswa pada Kamis (02/06).

Hj. Bidayah, S.Pd selaku viewer/penguji seleksi BTAQ menyampaikan bahwa BTAQ merupakan proses pertama dalam membina siswa yang unggul dalam hal keagamaan, agar siswa dapat mengikuti pelajaran agama di madrasah dengan baik. "Kalau siswa memiliki kemampuan yang baik dalam baca-tulis Al Qur'an, maka akan mudah dalam memahami pelajaran agama yang lain", terang Bidayah.

Hal ini diaminkan oleh Sugeng Muhari, S.Pd.Si selaku Kepala Madrasah MTsN 3 Bantul. Sugeng mengapresiasi penuh adanya seleksi BTAQ ini, karena BTAQ menjadi barometer dan acuan siswa dalam memahami Al Qur'an. "Disamping calon siswa digembleng dengan tahfidz dan memiliki kepribadian yang baik serta pengetahuan umum, calon siswa juga diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam baca tulis Al Qur'an dengan baik, sehingga memiliki pengetahuan kaffah/menyeluruh dalam belajar Al Qur'an", pungkas orang nomor satu di MTsN 3 tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image