Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Viga Anggreani Sakinah

MELAUT: Komunitas Generasi Milenial Untuk Perhubungan Laut

Eduaksi | Saturday, 04 Jun 2022, 16:48 WIB
https://www.instagram.com/officialmelaut/

Millennial of Maritime Ultimate Team atau disingkat dengan sebutan MELAUT, telah resmi di kukuhkan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi pada Minggu 27 Mei 2022. MELAUT menjadi salah satu trobosan baru dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut dengan membentuk komunitas yang menggait para generasi milenial dari berbagai latar belakang dan profesi dalam melakukan kegiatan publikasi dan explorasi dunia maritim di Indonesia. Tujuan utama dari di bentuknya MELAUT adalah untuk mendukung sektor maritim Indonesia dengan memberikan wawasan kemaritiman di Indonesia kepada masyarakat luas, meng-influnce para generasi muda Indonesia mengenal peran transportasi laut di Indonesia dan menjadi wadah aspirasi para milenial dalam pengembangan transportasi laut di Indonesia.( https://www.instagram.com/djplkemenhub151/)

Trobosan ini menjadi salah satu wajah baru Direktorat Jendral Perhubungan Laut dengan memanfaatkan potensi kaum muda atau milenial dalam ikut serta melakukan pengembangaan kemaritiman Indonesia. Diketahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki 17.499 pulau dengan luas total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta km2. Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif. Hanya sekitar 2,01 juta km2 yang berupa daratan (Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, 2020). (Pratama, 2020). Indonesia memiliki potensi kemaritiman yang besar dilihat dari luas wilayah lautan Indonesia mencapai 3,25 juta km2.

https://www.instagram.com/officialmelaut/

Potensi kemaritiman di Indonesia yang besar sejalan dengan dibentuknya MELAUT dalam mendukung potensi dunia maritim di Indonesia. Memanfaatkan potensi generasi milenial dalam bagian MELAUT menjadi sarana yang tepat dalam melakukan kegiatan publikasi dan eksplorasi pengambangan dunia maritim di Indonesia. Generasi Milenial akrab dikenal dengan penguasaan teknologi digital dan karakteristik generasi milenial juga dikenal dengan generasai yang kreatif, informatif memiliki passion dan produktif yang cenderung tanggap dalam permasalahan sekitar sehingga memiliki kesempatan luas dalam berinovasi. (KPPPA & BPS 2018)

https://www.instagram.com/officialmelaut/
https://www.instagram.com/officialmelaut/

Pemanfatan sosial media dipilih oleh komunitas MELAUT dalam melakukan kegiatan publikasi. Melalui akun resmi Instagram @officialmelaut, mereka membagikan konten yang bersifat edukatif mengenai kemaritiman Indonesia kepada masyarakat. Pemanfaatan sosial media dalam melakukan penyebaran informasi dan raising awareness tentang perhubungan laut juga sangat efektif karena produksi konten yang dilakukan secara terus menerus, masyarakat dapat menerima penyebaran informasi dengan mudah.

MELAUT diharapka dapat melahirkan ide baru dalam pengembangan perhubungan laut melalui publikasi dan explorasi dan tetap konsisten dalam melakukan upaya tersebut.

Referensi :

1) Pratama, Oki. Konservasi Perairan Sebagai Upaya menjaga Potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia

2) KPPPA, BPS. 2018. Statistik Gender Tematik, Profil Generasi Milenial Indonesia

3) https://www.instagram.com/officialmelaut/

4) https://www.instagram.com/djplkemenhub151/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image