Bullying : Perundungan Kim Garam, Sang Idol Korea Selatan

Image
enggar erkis
Info Terkini | Saturday, 04 Jun 2022, 08:45 WIB
Kim Garam (Instagram/@garam_lesserafim)

“Bullying” kalian pasti tidak asing dengan kata-kata ini. Ya betul sekali. Menurut Wardhana (2015) Bullying merupakan semua bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan secara sadar oleh oknum yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain yang bertujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Tindakan bullying dapat menyebabkan psikis seseorang terganggu dan menyebabkan korban trauma.

Macam-macam bullying dapat dikelompokkan sebagai berikut;

1. Bullying verbal : tindakan yang dilakukan dengan kata-kata yang tidak baik seperti cemooh, fitnal, body shaming dll yang ditujukan untuk menyakiti orang lain.

2. Bullying fisik : tindakan berupa kekerasan yang dilakukan menggunakan fisik seperti memukul, menendang, menampar maupun meludahi.

3. Bullying relasional : tindakan mengasingkan seseorang dari lingkungannya yang berupa pengabaian, pengucilan, cibiran dan masih banyak lagi.

4. Cyber bullying : semua bentuk tindakan yang dapat menyakiti orang lain melalui media sosial seperti pengancaman, pencemaran nama baik, komentar negatif dan masih banyak lagi.

Di era digital seperti sekarang ini banyak orang yang menghabiskan waktunya dimedia sosial entah itu untuk membaca berita atau hanya sekedar membuka aplikasi yang tidak terlalu penting. Oleh karena itu banyak sekali kasus cyber bullying yang terjadi, mereka kadang-kadang meninggalkan komentar buruk di platform media sosial orang yang bahkan didunia nyata tidak kenal itu siapa, bahkan tidak jarang yang melakukan pengancaman lewat media sosial ini.

Seperti kasus yang baru-baru ini terjadi dan viral di media sosial tentang kasus pembullyan yang dilakukan oleh Kim Garam, ia merupakan member dari Le Sserafim, girlgroup yang berasal dari Korea Selatan. Ia diduga melakukan cyber bullying di platform media sosial facebook dengan cara mengirim pesan yang ditujukan kepada junior di sekolahnya yang berisi kata-kata makian dan menggunakan bahasa yang kasar untuk mengancam seseorang yang tidak menjawab telepon darinya. Tidak hanya itu, ada juga seorang siswa yang pingsan dan harus dibawa ke ruang gawat darurat yang diduga juga merupakan ulah Kim Garam.

Akibat dari ulah Kim Garam pada tahun 2018 tersebut akhirnya pihak Source Music selaku agensi dari Le Sserafim pada tanggal 20 Mei 2022 memberi pengumuman resmi bahwa semua kegiatan dan jadwal dari Le Sserafim telah dibatalkan.

Oleh sebab itu kita harus berhati-hati dalam melakukan sesuatu dan bijaklah ketika menggunakan media sosial. Dan janganlah kita menyakiti orang lain karena kita merasa lebih kuat dan berkuasa, boleh jadi tindakan kita dapat menyakiti mereka dan membuat psikisnya terganggu yang pada akhirnya membuat merekan ingin mengakhiri hidup.

Ditulis oleh :

Enggar Erkis Eliandi, mahasiswa Universitas Airlangga, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Prodi Teknologi hasil perikanan, NIM 142111233039.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

2 Santri Mts Alif Laam Miim Surabaya Menorehkan Prestasi Di Bidang Coding Pada Ajang Lomba Al-Azhar

Image

Mengamankan 'Pasang Surut' Keimanan

Image

Formasi Baru, Kamad MTsN 6 Bantul Lantik Pengurus OSIM

Image

Ikuti Wisuda Full-Luring, Inilah Pelbagai Wejangan Nasihat bagi Wisudawan UM Metro Tahun 2022

Image

HUT KORPRI Ke-51 di Lapas Pagar Alam

Image

UMPR Resmi Yudisium 653 Mahasiswa

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image