Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taris budi rahmadi

What Blind People See?

Eduaksi | Friday, 03 Jun 2022, 22:19 WIB

Para penyandang tunanetra atau yang biasanya disebut dengan buta ini ternyata tidak melihat warna hitam. Ada beberapa jenis kebutaan yang dialami oleh manusia, dan tiap jenis berbeda pula hal yang "dilihat" oleh tunanetra, khususnya untuk mereka yang mengalami kebutaan sejak lahir. Analoginya seperti ini: coba tutup mata kananmu, lalu fokuskan mata kirimu untuk melihat suatu benda. Lantas apa yang dilihat oleh mata kananmu? tidak ada.

Berbeda dengan orang yang kehilangan kemampuan untuk melihat. Kata mereka ada banyak pendapat mengenai hal diatas, ada yang mendeskripsikan seperti pandangan kalian sesaat ketika setelah mati listrik dan matamu belum menyesuaikan dengan kegelapan. Ada juga yang mendeskripsikan seperti melihat seberkas bayangan yang mungkin bekas 'peninggalan' dari kemampuan indera penglihatan mereka dulu

Apakah Orang Buta Dapat Melihat dalam Mimpi?

Seseorang yang dari awal sudah terlahir buta bisa bermimpi tetapi mimpi tersebut tidak berupa gambar atau visual. Mimpi mereka di analogikan seperti mencakup suara, informasi taktil, bau, rasa, dan perasaan. Jelas berbeda dengan mereka yang kehilangan pengelihatan.

Kehilangan pandangan mungkin memang sebuah tantangan, tetapi tetap ingat yang Stevie Wonder pernah katakan, "Just Because A Man Loses His Eyes, It Doesn't Mean He Loses His Vision."

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Visual_impairment

Journal of Visual Impairment & Blindness.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image