Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bety Kristianto

Muslim Life Fair Yogyakarta 2022, Bangkitkan UMKM Produk Halal di Daerah

Info Terkini | Thursday, 02 Jun 2022, 23:41 WIB
Sumber foto: Dokumen pribadi

Setelah vakum cukup lama, Muslim Life Fair 2022 akhirnya digelar di Yogyakarta, menyusul acara serupa yang lebih dulu dihelat di Jakarta pada Maret lalu. Di kota pelajar ini, Muslim Life Fair 2022 resmi dibuka hari ini, Jumat 3 Juni 2022, di Jogja Expo Center (JEC), oleh Plt. Kepala Biro Ekonomi sekaligus Kepala Biro Ekonomi Setda Provinsi DIY, Ibu Yuni Pancawati. Pameran akbar yang digawangi oleh Lima Events dan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) ini akan berlangsung hingga 5 Juni mendatang.

Muslim Life Fair Yogyakarta 2022 merupakan bagian dari rangkaian acara puncak menuju Indonesia Muslim Life Fest yang akan digelar pada 26-28 Agustus 2022 mendatang di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD). Pameran ini menjadi Muslim Life Fair pertama yang digelar di luar Jakarta sekaligus di Yogyakarta, dan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Didukung oleh Bank Muamalat, BPKH, dan Wardah, Kahf, Tokopedia, Wigro Indonesia, dan AGB Ciganea, Muslim Life Fair Yogyakarta bertujuan untuk menggairahkan pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu juga untuk mendorong pelaku UMKM lokal agar mampu bersaing di pasar global.

Ada 185 ekshibitor pelaku UMKM produk halal dan ekonomi syariah, baik dari Yogyakarta maupun daerah lain yang turut memeriahkan ajang pameran ini. Mulai dari busana muslim, pendidikan Islam, hobi dan komunitas, buku dan penerbit islami, wisata halal, thibbun nabawi herbal, produk kecantikan dan farmasi, hingga ragam kuliner lokal halal dan kekinian.

Tercatat ada sejumlah brand kenamaan seperti Amily Hijab, Pelangi Hijab, Khadijah Indonesia dan lainnya yang memeriahkan stand fesyen muslimah. Untuk area kuliner, ada Tengkleng Hohah, Ayam Geprek dan Susu (Preksu), Bakso Pa’Jero dan masih banyak lagi. Semuanya menyediakan beragam makanan halal dan sehat yang akan memanjakan lidah pengunjung sembari mencari beragam barang kebutuhan.

Ajang Muslim Life Fair kali ini juga bisa menjadi salah satu wahana liburan keluarga yang menyenangkan sekaligus edukatif. Ada Ask TarraJr yang menyajikan beragam kegiatan seperti workshop parenting, membuat kerajinan, storytelling, dan aktivitas kreatif lainnya yang bisa diikuti oleh pengunjung bersama keluarga. Di area kid's town anak-anak bisa ikut kegiatan melukis pot dari KaktusQulucu, atau belajar mengenal huruf hijaiyah dengan cara menyenangkan dari Hizia Kids.

Tersedia pula area job fair bagi para pengunjung yang tengah mencari lowongan pekerjaan. Posisi yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari desainer grafis, staf keuangan, staf bagian pengadaan umum, pekerja restoran, guru, bagian periklanan, kreator konten, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, bagi masyarakat yang ingin mencari informasi seputar dunia pendidikan islami juga bisa mengunjungi beragam booth dari berbagai pesantren dan kampus-kampus Islam. Di antaranya ada Universitas Islam Indonesia (UII), Pesantren Imam Syafi’I Brebes, dan Pesantren Ibnu Abbas Assalafy.

Beragam produk dan acara dalam gelaran acara Muslim Life Fair 2022 ini diharapkan mampu menarik animo berbagai kalangan masyarakat, dan menjadi momentum yang baik bagi bangkitnya UMKM halal lokal khususnya di Yogyakarta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image